Susu dan Cow


Dari awal kehamilan, gue ama Fatimeh sepakat kalo masa menyusui adalah masa terbaik untuk bayi mendapatkan gizi. Dan gizi itu ga jauh dan mahal dicari. ASI adalah yang terbaik. ASI itu artinya air susu ibu, bukan ASA ya. Kalo ASA kan artinya Air Susu Ayah dan elo musti tau dan yakin benar kalo ayah gak bakalan bisa menyusui (menyusu sih bisa, hehe).

Dan emang kita udah sepakat bulat (sebulat perut Fatimeh saat itu) kalo selama minimal 6 bulan pasca kelahiran, bayi kita mesti dapet ASI eksklusif. Nyang artinya Cuma asi doank yang bisa masuk ke mulut anak gue. Laennya no....Yang pasti asi ini halalan tayyiban, sehat dan ga perlu beli.

Gue dan Fatimeh pun banyak-banyak belajar dan mengumpulkan informasi gimana caranya ngasih ASI ekslusif ke anak. Tentunya supaya bisa sesuatu kita kudu belajar kan? Bahkan selama di Batam, Fatimeh udah ikutan perawatan bayi dan menyusui di sebuah kursus Rumah Sakit Budi Kemuliaan tentang hal ini.

Katanya (dokter Utami), pemberian asi eksklusif diberikan sejak sejam setelah kelahiran, sampe bayi berumur 6 bulan. Dan yang gue tau, ntar setelah 6 bulan, asinya bukan diberhentiin total tapi bisa diganti dengan susu formula dan makanan tambahan laennya.

Nah, sejak persiapan terakhir menjelang persalinan yang kelewat seminggu itu sebenernya Fatimeh udah bener-bener nyiapin diri biar pas brojol anaknya, asi siap diberikan. Cuma masalahnya, asinya ga juga keluar-keluar. Padahal udah dipaksa-paksa dipijet-pijet pake aer anget....plus tangan halus babenya...hehe

Padahal denger-denger beberapa hari sebelum persalinan harusnya asi udah keluar dengan sendirinya. Apa gara-gara ngelahirinnya caesar ya?

Makanya pas anaknya keluar dari persembunyiannya (hehe), gue ama Fatimeh bingung banget ngeliat kenyataan kalo asinya belom keluar... setelah konsultasi ke dokter, katanya gapapa, emang ga semua ibu asinya bisa langsung keluar. Kebanyakan nunggu sampe beberapa hari setelah persalinan. Di beberapa kasus bahkan ga keluar sampe berbulan-bulan. Hiyy...ngeri deh...kasian bayinya..

Denger swmua itu tentunya kite jadi berharap-harap cemas, moga asinya keluar secepatnya. Dan juga bersabar dulu bayi kite dikasih susu formula untuk sementara.

Tapi tetep aja hati ini ga rela ngeliat bayi yang segitu imutnya dikasih susu formula...selama 3 hari lagi!

Ingatan bahan susu formula itu berasal dari susu sapi+ganggang laut+ikan salmon+telur+minyak nabati dan beberapa bahan kimia, membuat gue dan fatimeh teriris-iris... anak gue kan anak manusia, masak dikasih minuman dari susu sapi.ntar dia lebih miripan sapi daripada ortunya lagi...atau sifat sapinya kebawa gimana coba?

Sapa coba nama sapinya, jenis sapi mana, dia ada kudis ato ga? Kita ga kenal kan? Coba kalo sebelum dikasih susunya, kita dikenalin dulu sama sapinya, ya minimal di kasih kartu namanya gitu...

Makanya selama 4 hari di rumah sakit itu, gue berdoa mulu setiap abis solat ama baca quran, semoga susu istri gue diberkahi susu yang melimpah...hehe

Dan alhamdulillah hari keempat itu setetes demi setetes asi keluar...dan makin lancar seiring seringnya pancingan dari ade bayinya..

Makanya gue bilang sama Fatimeh, “Sukur ya Meh, susu elo udah keluar...”
“Idih abang nih, parno, pan susu aye udah keluar dari dulunye....” Fatimeh malah becanda...
“Duile, ibu mude, nyang dimaksud bukan nyang itu, nyang ini-nih...asinye...ngerti kagak?”
“Ya, ngerti Bang, kan Cuma becande...emang kudu disukurin asinya akhirnya keluar....karena doa abang juga kali ye...”
“Semuanye kembali kepada Yang di Atas meh, kuasanya maha Besar.. untung kita bersabar..kalo aja pas lagi ga keluar kemaren, kita ngedumel aje, bisa jadi sampe sekarang asinya masih ditahan...”
“Emang penjahat ye bang, pake ditahan segala?”
“Yaelah elu, Meh, udah makin tua makin aneh aje pemikirinnye...udah noh sana bayinya dikasih makan...”

Babe, Lope U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA