Mang Golput VS Mang Contreng2

Sesaat sebelum rombongan pawai kampanye berlalu, Mang Golput dan Mang contreng melihat beberapa anak kecil nimbrung disana. Sebagian malah balita yang dibawa oleh orang tua mereka. Sambil nyeruput kopinya, pembicaraan kembali berlangsung.

Mang Golput (MG) : “Eleh-eleh tuh anak-anak kecil dibawa juga kampanye...pan udah dilarang sama KPU..”
Mang Contreng (MC) : “Sebenernya, kang. Saya kurang setuju, kalo anak kecil dilarang ikutan kampanye...sapa tau di rumah ga ada yang ngurus...kan mendingan dibawa ke tempat acara... pan bisa keurus sama ortunya...”

MG: “Itu mah udah resiko atuh, yang pawai ya pawai aja...anak mah dititipin. Masak semua orang di rumah ikutan kampanye...apa mau pindah sekalian?
MC: “Yee...kan sambil menyelam minum aer kang, kalo sambil berdemokrasi sambil ngurus anak kan bagus..itu juga sabagai bukti kalo dengan ikut memeriahkan pemilu, kita ga melupakan tanggungan kita...”

MG: “Emang niatan KPU ngelarang anak kecil ikut kampanye teh kitu? Pan larangan itu karena ditakutkan anak-anak itu dimanfaatkan oleh partai...padahal anak kecil kan ga ikutan nyoblos...lagian kasian, capek panas-panas gini diajak...”
MC: “Saya setujunya anak-anak tetap dibawa serta..pan bisa sambil ngajarin mereka tentang arti dari demokrasi..tentang persatuan...tentang tanggungjawab pada negara...pan kalo diajar sejak kecil gampang masuknya kang, ntar kalo udah gede mereka pada ngerti demokrasi... kayak itu tuh pepatah, belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas pasir...”

MG: “Justru itu yang akang takutkan...ya kalo dari kampanye mereka dapetin hal yang baek-baek tentang demokrasi....bukankah dalam kampanye demokrasi di indonesia ini banyak hal buruk yang terjadi yang bisa berdampak tak baik bagi mereka..”
MC: ah, akang ini gimana...hal buruk gimana coba?

MG: bukankah mereka bisa melihat buruknya perseteruan antara satu partai dengan partai yang lain...sodara satu sama yang laen jadi sinis-sinisan gara-gara beda partai...apa itu baik untuk anak-anak?..adanya keributan antar simpatisan gara-gara rebutan kaos dan makanan....ntar mereka juga liat janji-janji bohong dan palsu daripada caleg yang kampanye...bisa-bisa mereka belajar boongnya, bukan demokrasinya...trus ditambah lagi tontonan dewasa..dangdutan pake artis-artis yang goyangnya aneh-aneh...itu pan ga baek buat anak-anak...”


Babe, Lope U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA