Mang Golput VS Mang Contreng


Suatu hari mang golput dan mang contreng duduk dipinggir jalan. Kebetulan mereka tetanggaan. Lagi asyik-asyiknya nongkrong dan konkow sambil minum kopi, tiba-tiba keributan datang..serombongan orang menggunakan kendaraan sambil mengenakan atribut partai tertentu lewat...

Mang Golput (MG): “Mang Contreng, tuh liat orang-orang itu Cuma bisa bikin polusi suara dan udara aja...”
Mang Contreng (MC): “Emang kudu begitu atuh...namanya juga pesta demokrasi..mestinya memang rame.. harus dirayakan..”

MG: “Rame-sih rame, bikin bising aja. Emang juga pemilu eta lebaran kudu dirayakan kitu? Kan kasian kalo ada bayi yang mo tiduran atawa kakek yang lagi sakit gigi. Pan istirahatnya terganggu gitu..”
MC: “Yah, namanya acara setaon sekali atuh akang. Harus bisa dimaklumi...Cuma beberapa hari aja...ntar juga selesai...pan lewat sini juga Cuma sebentar...”

MG: “Setaon ini udah banyak polusi di jalanan, nah ditambah beginian coba? Lagian emang lewat sininya sebentar aja, ntar disana bikin ribut daerah laen. Kalo Mamang sih, ga maulah ikut-ikutan begitu...merugikan orang lain...merugikan diri sendiri juga...”
MC: “Kok bisa merugikan orang lain dan diri sendiri atuh akang? Kan mereka berpawai dengan cara yang baik dan santun...uangpawai juga hasil mereka sendiri..”

MG: “Alah mana ada uangnya sendiri, itu mah uang partai, uang partai ngambil dari uangnya rakyat..kan namanya merugikan orang lain...santun juga enggak, tuh knalpot dibunyikan keras-keras...bising, mana pada teriak-teriak...berisik pisan...”
MC: “Ye akang mah bagaimana, kan mereka dapet dari partai yang bersih, berusaha dari hasil keringat sendiri. Kan anggota partainya bekerja untuk menghasilkan uang?”

MG: “Berusahanya dengan cara apa coba? Korupsi kan? Uang rakyat diambilin...pajak dikumpulin bukan buat kemakmuran negara ama rakyat, tapi kemakmuran partai ama pengurus-pengurusnya...”

To be continue

Babe, Lope U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA