Ratapan Penulis Amatir

Mungkin semuanya sudah kenal dengan Dika si Kambing Jantan
Atau Mas Pidi Baiq dengan seri Drunkennya yang nggilani dan di luar nalar
Atau Mas Iwoq Abqory dengan banyak seri novel kocaknya: Batman Saroong, Suster Nengok, Tikil...
Atau Mas Bhai (Benny Ramadhani) dengan kecintaannya pada dunia anak...
Atau Mas Mbot dengan keluguan kantorannya...
Atau Arham Kendari dengan kekonyolan dan keanehan dirinya serta bukunya JUK (Jakarta Underkompor) http://arhamkendari.multiply.com/
Atau si Narsis kribo yang selalu postingin hal-hal aneh dan di luar kebiasaan http://aguskribo.multiply.com/

Dan sedikit banget yang kenal dengan gue
Dan mungkin akan trus begitu (kecuali gue jadi presiden)
Kecuali satu dua hal yang mengantrol nama gue untuk dikenal
Diamati dan dipanggil-panggilin, hehe

Setelah dua buku gue terbit di Mizan, “Eniwei its Cairo Uncensored” dan “Fatimeh Goes to Cairo” dan 1 buku di LPPH FLP “Laskar Syuhada” tetep aja orang tak kenal dengan daku...hik-hik (jadi mirip ratapan penulis amatir ya?)

Katanya kalo udah punya karya/buku, inbox e-mail kita akan selalu menumpuk, HP kita kan selalu berdering, surat dari fans akan mengalir, blog kita akan di’pentelengi’ para pembaca, tapi ternyata ga tuh ama gue...hehe

Lalu suudzon pun muncul, buku-buku gue ga laku karena ga menarik...

Suudzon pun muncul, para pembaca yang kebetulan beli buku gue, rugi karena ternyata bukunya ga bermutu dan Cuma bisa dipake buat bungkus gorengan...

Dan ditambah kata Mas Bhai, gue kurang sosialisasi, penyuluhan, pameran, hehe
Padahal lebih karena gue mo low profile aje, ceile

Tapi gue ga nangis dunk, secara gue emang bukan sapa-sapa
Gue ga seluar nalarnya mas Pidi Baiq
Gue ga sekonyol mas Arham Kendari
Gue bukan penulis handal seperti Mas Bhai
Gue ga senarsis si kribo
Tulisan gue ga selucu si Dhika
Cerita gue ga seaneh ceritanya mas Iwoq Aqory

Yang gue tulis di dua buku terbitan Mizan itu hanya murni kisah dan cerita gue yang terjadi selama kuliah di Mesir...dan itu apa adanya...tak ada yang istimewa, tak ada yang luar biasa...

Dan yang gue nulis di Laskar Syuhada hanyalah sebuah biografi seorang tokoh yang mungkin semua orang sudah kenal....Syekh Abdullah Azzam

Dan ketiga buku itu pun terbit secara tidak sengaja, 2 buku mizan adalah murni keisengan mas Bhai yang buka-buka blog gue dan katanya tertarik melihat kegokilan tulisan gue..but whats the meaning of gokil juga gue ga tau, hehe...

“Bagus tuh Rif kalo dijadiin buku..” kata Mas Bhai suatu ketika...

Dalam hati gue bilang, “Bagus tuh mas, kalo bisa menghasilkan uang, hehe...”

Dan tentu aja ajakan mas Bhai gue sambut dengan hangat..sapa sih yang ga mau ketiban rejeki...Allah yang ngatur..

Kalo diliat belakang, gue nulis, emang rada sedeng kalo diliat bacakground gue mahasiswa AL Azhar...harusnya gue nulis kayak Kang Abik di ayat-ayat cintanya, bukan ngikutin Dhika Kambing Jantan..hehe

Yang pasti selama ni gue nulis Cuma buat penyaluran hasrat jiwa, gue ga bisa diem orangnya, dan tulisan2 gue (awal-awalnya) lebih untuk diri gue sendiri bukan buat orang lain...

Selama di kairo gue bikin bulettin sendiri yang dari Pemred, anggota dan pemphotocopi adalah gue semua (narsis banget ya), namanya bulettin Suara Gami...

Bulettin itu udah mengisi kekosongan tulisan yang ringan namun tetap berisi di Kairo...karena bulettin dan majalah yang ada di Kairo saat itu terkesan berat dan mengerutkan kening...juga uneg2 gue ngeliat sekitar..termasuk hal-hal tabu yang jarang diangkat oleh media massa Kairo.

Itu gue lakuin selama 5 taon...pas udah banyak gue bikin edisi bundel..gue bukuin..dan alhamdulillah udah jadi 4 buah selama di Kairo..bisa diliat di PMIK (perpusnya mahasiswa Kairo)

Dan dalam hati gue sebodo amat, ga dibaca orang tuh tulisan..karena bagi gue selaku penulis...ga berhak nuntut orang buat baca dan hargai apa yang kita tulis..lebih baik bagi gue untuk nuntut diri gue nulis sebanyak2nya dan sebaik2nya untuk orang lain...

Dan emang terbukti dari bulettin yang Cuma selembar itu tiap seminggu sekali, gue dipilih orang jadi pemred Prestasi (bulettinnya mahasiswa Jawa Tengah) dan tulisan-tulisan gue dimintain sama pemred2 bulettin laen seperti Informatika, Terobosan, Wihdah, FLP Mesir...yang notabene udah tinggi jam terbangnya...

Dan sapa sangka kalo gue sekarang bisa nerbitin buku di penerbit Mizan bandung?

Jadi kalo gue sekarang blom dapetin apa-apa (serta ketenaran, hehe) ya gapapa...karena gue ga mau semua itu (anggeplah itu bonus ajah)...yang gue mau Cuma nulis...nulis ....dan nulis...

Karena sebenarnya itulah pekerjaan gue!

Thanks Banget buat Mas Bhai (http://kelasajaib.multiply.com/)...pembuka jalan dan mata hatiku...ceile..
Smoga Allah selalu memudahkan jalanmu...

Komentar

Agung Nugroho mengatakan…
ah siapa bilang penulis pasti inboxnya penuh... inbox gue penuhnya cuma sama junkmail kok, hehehe... tetap semangat nulis ya!

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA