Siapa Namamu, Babe


Dari sejak bulan awal kehamilan, gue dan Fatimeh istri gue udah sibuk nyariin nama yang pas buat babe, bayi kami. Kata orang, nama adalah doa yang terhatur pada anak kita. Atau harapan dari Hanura (hati nurani orang tua) yang paling dalem. Kata Shakespeare apalah arti sebuah nama.

Gue dan istri tentu percaya ama yang pertama. Sapa juga sih Shakespeare? Hehe...secara dia ga buatin gue ama Fatimeh sebuah drama yang indah. Misalnya, Achoer and Fatimeh...lawannya Romeo and Juliet.

Tapi dari ribuan nama yang ada dan kita kumpulkan serta sortir (sebelum dikirim ke tukang loak) ga juga dapet nama yang pas kayak salonpas.
Kayaknya selalu ada aja yang kurang; kurang enak di denger, kurang mantep artinya, kurang gaul, kurang mewakili doa kami, sampe kurang kerjaan. Misalnya kurang kerjaan adalah Siti Migrofah artinya, Siti si Gayung...:)

Kreteria kita sih ga muluk-muluk. Kata Fatimeh, “yang penting kudu islami, Bang..”
Kata gue, “yang bisa diabsen paling belakangan di kelas...hehe.”
Tapi suatu hari ntar berubah, Fatimeh bilang, “nginggris-nginggris dikit Bang, biar keren...”
Gue pun bilang, “John Lennon kayaknya keren tuh?”

Kadang gue kepengen nama anak gue dicomot dari nama pemaen bola terkenal, secara gue pengen jadi pemaen bola Cuma ga kesampean. Kan keren kalo anak gue ntar jadi pemaen bola profesional. Ga perlu susah gue nyariin makannya, die bisa cari sendiri. Misalnya, Ahmad Maradona, atau Ronaldo Rijal. Namun kayaknya ga pantes banget didengernya.

Awalnya tentu kita ngumpulin nama laki ama perempuan, secara kita blom tau apa jenis kelaminnya. Tentu aja lebih bingung karena banyak. Firasat gue dulu bilang kalo anak gue adalah perempuan, tapi Fatimeh milih laki-laki.
Kalo lewat toko mainan, gue bilang, “Meh, liatin maenannya, apa yang Cayang suka? Kata psikolog kalo ibu suka maenan tertentu mencirikan jenis kelamin anaknya...” gue pun berharap Fatimeh nunjuk boneka atau maenan cewek. Tapi Fatimeh selalu bilang, “kayaknya pistol-pistolan keren, Bang..”

Akhirnya emang di bulan ke 6 setelah periksa ke dokter firasat Fatimeh yang bener. Gue salah. Anak kita laki-laki!

Maka nama-nama yang perempuan disimpen dulu. Nama cowok kembali digeber. Sulitnya nyatu-nyatuin antara keinginan gue ama Fatimeh. Apalagi banyak sodara dan temen yang bantu ngusulin nama.

Padahal biasanya gue yang ngasih sodara, tetangga gue nama.dan anehnya tiap nama yang gue kasih ke mereka langsung diterima dan emang bagus-bagus. Eh pas nyari buat anak sendiri malah bingung.

Makanya kemaren di MP gue bikin sayembara nama dengan hadiah buku gue ‘Eniwei Its Cairo Uncensored’ banyak yang nyaranin nama dan gue makin bingung.
Tapi makin kesini, gue dapet nama yang pas. Fatimeh juga setuju sama nama itu....terima kasih buat yang udah ngusulin nama itu. Ternyata setelah ditambah dikit jadi enak didenger juga...

“Meh, kayaknya nama ini bagus juga ya?” kata gue pas nunjuin nama itu sama Fatimeh. Saat itu malam lagi gelap dan listrik mati. Ya iyalah.

Fatimeh yang ngeliat nama yang gue sodorin memandang nama itu dengan mata berbinar karena terkena sinar lilin.

“Kayaknya bagus juga tuh, Bang.. enak juga diucapkan dan didengerin..”
“Yang pasti masih langka, Meh... kalo nama pasaran kan ga keren.”
Gue gantian megangin lilin, biar dia bisa melihat nama itu dengan lebih seksama.

“Ya, Bang. Tapi gimana kalo kita tambahin dikit biar lebih lengkap dan sempurna...”
Gue manggut-manggut.
“Tapi asal jangan kepanjangan aja ya. Ntar kasian gurunya yang absen...”
“Hooh...ini deh, Fatimeh usul...”
“Ya, ni Abang juga tambah dikit...”

Nama itu kami lengkapin. Hingga malam semakin gelap karena lilin kami matikan. Dan yang ada tinggal kehangatan dan kebahagiaan.
Gue dan Fatimeh sih berharap nama ini jadi doa kami buat anak, juga harapan untuk kebaikan si anak di masa depannya. Lebih lanjut kami berdoa moga anak ini jadi anak yang sholeh, taat sama orang tua dan bisa banggain keluarga...amiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA