Fat Is Gendut


Kontroversi mengenai penyedap makanan, alias vetsin atau monosudium glutamat-MSG (Makin Seksi kalo Gemuk) seolah tidak pernah usai. Terutama di negara industri maju, glutamat kini dituding sebagai penyebab kegemukan, apa benar?

Di negara maju terdapat trend, makin banyak anak-anak yang kelewat gemuk (gemuk kok jadi trend ya?). Julukan kerennya obesitas. Beratnya sekitar 100 KG, kalo berjalan bumi bergoyan-goyang tak karuan. Hehe. Nah, penyedap masakan atau MSG langsung dituding menjadi penyebabnya. Padahal tanpa bukti yang jelas dan valid, kaya nuding teroris aja, yang penting Islam dan berjenggot ditangkep deh!

Oh ya, sedikit informasi makanan yang dibubuhi MSG, emang bisa ngebuat volume saluran pencernaan memuai, dan orang yang makan serasa tidak pernah kenyang. Makan mulu tapi perutnya tetet aja laper. Dikit-dikit makan, dikit-dikit makan. Makan kok dikit-dikit? Hehe...

Harus diakui emang, MSG atau penyedap makanan, sering digunakan secara berlebihan untuk merangsang nafsu makan anak-anak. Terutama oleh perusahaan-perusahaan besar (internasional lagi) pada makanan cepat saji, snack dan makanan ringan lainnya. Banyak yang emang sengaja dibubuhi penyedap makanan. Tujuannya, tentu saja buat ngebikin aroma makanan yang menarik dan menimbulkan selera. Dengan begitu, makanan cepat saji atau makanan ringan seperti kripik kentang, menjadi digemari dan laku di pasaran dunia.

Akan tetapi, yang dipertanyakan, apakah memang MSG biang keladi yang ngebikin gemuk?! Atau sebabnya adalah berubahnya cara hidup, yang membuat anak-anak semakin tambun? Atau terlalu banyak uang dan kurang olah raga? Ataukah kebanyakan tidur? Tentunya kesemuanya memiliki kaitan sebab akibat yang amat erat.

Makanan cepat saji atau kripik kentang sendiri pada dasarnya merupakan makanan kalori tinggi. Dengan rasa yang pas di lidah anak-anak, mereka cenderung mengkonsumsi makanan cepat saji atau kripik kentang dalam jumlah banyak. Apalagi kalo lagi banyak uang and abis makan terus tidur seharian ampe lupa sholat, hayoooo.. bener kan!!!

Sebab pertama ngubah perut jadi endut adalah perubahan gaya hidup
Gaya hidup anak-anak terutama anak remaja (kita masuk lho) udah berubah drastis dibanding beberapa dekade lalu. Kini, mereka lebih malas bergerak. Kebanyakan anak-anak lebih suka duduk di depan televisi (nonton pilem ama bola), komputer (chat, e-mailan, buka-bukaan?) atau konsole mainan (PS, nintendo, mainan apa aja dech..).

Parahnya pas nonton TV atau main game atau chat, selalu ditemani makanan ringan kayak kripik kentang, yang rasanya pas dan muantep bagi lidah. Ato makan hamburger, pizza atau makanan cepat saji lainnya, yang banyak dibubuhi MSG. Walah.

Gaya hidup yang buruk emang ngaruh banget ama kesehatan. Kalo di rumah mulu kan kurang bergerak, paling Cuma muter-muter kamar tidur-kamar mandi-ruang makan. Pastinya juga kurang kena sinar matahari tuh. Kurang vitamin D-nya tau. Kalopun keluar rumah, anak sekarang doyannya Cuma ke mall, cafe, bioskop ama sekolahnya.

Perginya juga naek kendaraan. Ga pernah kan ke mall jalan kaki? Kecuali rumahnya Cuma 5 meter dari sono. Kalo orang dulu kemana-mana jalan kaki ato naek sepeda. Kalopun naek kendaraan, tetap aja ada jalan kakinya. Karena banyak jalan yang belom kena aspal. Bahkan mungkin masih hutan belantara.

Sebab kedua bikin elo endut adalah jarang olahraga
Yup, kebanyakan anak sekarang males banget untuk olahraga. Jangankan olahraga yang berat macam angkat barbel. Angkat piring untuk dicuci aja ogah. Olahraga jalan pagi atau jalan sore yang sebenarnya gampang dan ringan bangetpun luput dari ingatan. Ceile. Trus kalo udah gitu lemak yang makin menumpuk so pasti ga ilang.

Padahal dengan olahraga (apalagi yang rutin), elo bisa membakar lemak trus hilang deh lemaknya. Selain itu dengan berolahraga bikin badan kita sehat, seksi dan berisi (bukan isi lemak) tapi jadi padat. Hingga enak untuk dilihat orang lain. Pasti suka lebih suka liat badan Ade Rai yang besar itu daripada badan kurus kering Aming Extravaganza kan?

Sebab ketiga elo endut adalah banyak makan
Sebab yang amat tegas, makanan atau minuman apapun, yang dikonsumsi secara BERLEBIHAN, akan membuat manusia sakit. Allah berfirman, ”makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan”. Jadi jelas kan kalo gemuk itu penyebab paling utamanya adalah kebanyakan makan (berlebihan). Kalo makannya dibatas kewajaran, Insya Allah ga ngebikin gemuk deh, percayalah.

Tak percaya... Gimana ya? Terserah deh! Emang sih ada juga orang yang suka makan banyak tapi gak gemuk-gemuk, kalo itu kayaknya makannya gak baca doa terlebih dahulu, atau ada yang konslet daleman-nya. Mungkin ususnya bocor... Hehe

Tapi yang mo kita tekenin disini adalah elo bisa gendut atau kurus, tidak jadi masalah. Gendut tetep oke, kurus juga ok. Kalau pun elo gemuk atau gendut, mustinya elo bangga jadi seperti itu karena orang laen tidak bisa. Kalo elo kurus it’s ok too, kenapa harus dipermasalahkan?

Ada yang mati-matian buat kurus, ada juga mati-matian bikin kurus. Takutnya kan ntar elo malah mati beneran. Mati konyol tuh. Allah SWT buat manusia beda-beda kok. Satupun di dunia ini nggak sama. Coba cari kalo ada, sekalipun dia kembar nggak ada yang sama plek! Juga bisa diliat dari sidik jari, kerutannya nggak ada yang sama. Allah memang maha Kuasa. Tul kan?

Elo juga nggak bisa nyalahin ortu, walau kata orang, gendut itu bisa berasal dari keturunan. Memang bisa begitu, tapi kemudian menyalahkan ortu? Naudzubillah ya, kita harap elo nggak gitu. Ortu nggak salah sama sekali melahirkanmu dengan porsi begitu. Ada juga ortu yang ndut, anaknya langsing kayak gangsing. Itu berkah lho!

Gendut juga nggak bikin elo jadi jelek, trus nggak disukai sama orang, nggak dicintai, nggak disayang. Siapa bilang? Itu kan Cuma pikiran negatif elo aja. Buktinya selalu ada saja pasangan gendut yang akhirnya ntar ngelahirin anak yang juga ndut, hehe...

Ada yang punya badan nggak utuh lho! Ada yang cacat kaki dan tangannya. Elo masih mendingan Cuma punya berlebihan lemak aja. Hehe. Pokoknya nyante aja, jangan diet kimia atau puasa setiap hari. Selain nggak nyunnah, itu malah nyiksa elo, Allah berfirman, “la taqtulu angfusakum”, janganlah membunuh dirimu sendiri, dosa lagi. Karena banyak kejadian orang diet akhirnya malah sakit dan dihinggapi penyakit.

Mending puasa senin kamis dengan makan-minum tak berlebihan. Sambil terus berolahraga secara rutin dan berkala. Kalo tetep nggak juga kurus, angkat tangan ke atas (bukan gaya menyerah lho) dan bilang, “ya Allah, terima kasih telah memberiku kenikmatan tubuh yang utuh dan penuh, mudahkanlah diriku untuk mensyukurinya. Ya Rabb.... Kaulah yang tahu yang terbaik bagi hamba-Mu...”

Komentar

day... mengatakan…
nah, ada foto si gendut, gendutnya bukan main. aku langsung baca deh tu...

entah benar atau salah, menurutku orang Indonesia sudah termakan dengan negative thinking. semuanya dianggap negatif. gendut pun dianggap negatif, hingga mati-matian untuk kurus. mati beneran deh tu... hehe

dari yang tertulis di atas, aku menangkap dua masalah, yaitu banyak uang dan kurang olah raga. berarti, menurut logika semestinya sedikitkan uang dan perbanyaklah olahraga.

ayo olahraga!
hehe..kalo soal duit tetepin banyaknya, kan bisa buat bayar jadi member gym..hehe
olahraaga trus ya?

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA