Shubuhan di Kairo

Sebenernya enggan banget bangun jam segini, masih sangat malem. Masih jam setengah empat pagi. Mana ini masih musim dingin. Dinginnya serasa menusuk tulang. Tapi demi asa dan cita-cita untuk naek ke tingkat kedua Universitas Al Azhar, aku kuatkan jiwa dan raga. Ceilee..

Bener masih dingin banget, abis buka selimut langsung gemeretek gigi ini. Lha biasanya anget-anget di Indonesia ini mah dingin abis. Bagai mandi di air es krim. Cuacanya mungkin sampe 10 derajat celcius. Atau lebih dingin. Who knows?

Abang kelasku masih tergolek pulas di sampingku. Jangan pikir ngeres karena keterbatasan dana dan tempat, kita emang (terpaksa dan aku ga rela) tidur seranjang. Tapi ga ngapa-ngapain lho. Cuma tidur, lagian dia laki-laki. Tega sekali kalo sampe aku menodainya.

Namanya Bang Alex, dia orang lampung juga. Udah lama di Mesir mungkin 7 taon, karena belajarnya juga emang nyante. Katanya belajar harus perlahan. Jadi satu taon kuliah harus ditempuh 2 tahun biar pelajarannya hapal luar kepala. Cuma aku ga percaya. Makanya aku ga mau ketularan salahnya. Aku harus giat belajar dan cepet lulus dari Azhar. Karena kalo lama-lama aku bisa karatan.

Pelan-pelan aku bangun, biar ga bangunin dia. Kali aja dia capek abis lembur (inget jangen pikir macam-macam) mungkin karena belajar atau kerja di organisasi. Yang jelas, biasanya Bang Alex emang tidur telat. Bisa sampe lewat tengah malam. Sedangkan aku karena kena kebiasaan di pondok yang tidur di jam 10 malam. Udah sukses mendengkur jam 10/11 malam. Ngencesan pula.

Bener masih susah banget ngilangin kebiasaan-kebiasaan selama di pondok. Terang aja, aku di pondok 6 taon. Jadi soal kapan tidur, kapan bangun aku tepat waktu. Insya Allah. Soalnya kalo ga tepat waktu, pas dipondok dulu bisa langsung kena iqob alias hukuman. Tentu kita jadi bener-bener jaga waktu baek-baek kalo sayang tangan atau kaki ga kena sabet senior yang jaga keamanan dan ketertiban pondok.

Rencananya abis bangun ni mo sholat tahajud dulu. Subuh masih jam setengah lima nanti. Lumayan bisa sholat beberapa rakaat. Tapi brrrr... aernya kayak es beneran. Mana ditaruh di ember. Kan keendap jadi tambah dingin. Aku coba ngidupin pemanas aer yang pake korek. Di Mesir ada dua jenis pemanas aer. Ada yang pake listrik tinggal pencet stop kontak, dan ada yang ngidupinnya harus dinyalain pake korek dulu. Dan yang kedua itu yang ada di rumahku. Mau beli yang pertama kagak ada ongkos. Lagian listriknya bakalan mahal. Nasib anak kosan di Mesir, hik2

Sialnya, dinyalain koreknya beberapa kali itu pemanas yang entah udah dari taon berapa ga juga idup-idup. Tanganku jadi tambah gemeteran, kayaknya mending tetep pake yang dari ember. Dipaksa-paksa akhirnya selese juga wudhu ma pipisnya (baca: pipisnya dulu baru wudhu). Ups untuk pipisnya, aku jadi kasian ama ama ade langsung mengkerut kena aer dingin. Hehe.

Abis sholat, ngaji bentar juz 1 buat diapalin sekalian. Kalo pagi gini gampang dan mudah banget ngapalin qur’an kayaknya tuh langsung masuk ke otak yang paling dasar. Kalo udah siang, weh lemot banget tuh hapalannya. Trus liat Bang Alex yang ngulek-ngulek, aku pikir mo bangun juga dan sholat, eh taunya Cuma pindah posisi tidur.

Karena udah adzan, aku langsung siap sholat. Tadinya mo wudhu lagi karena agak kurang yakin masih suci ato gak, maklum bagian belakang suka kentut ga ngasih aba-aba dulu. Cuma berhubung dinginnya cuaca, aku pikir ya Allah pasti tau kalo aku blom kentut. Dan kalopun kentut, Alah pasti Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.J

Tantangan juga nih sholat subuh gini, jalanan sini agak gelap, aku tinggal di kairo yang agak ndeso. Udah perkampungan masuk lebih ke dalam lagi. Dulu kata senior, dibelakang rumah itu langsung berbatasan dengan Israel. Emang sih di belakang ada bukit-bukit dan beberapa tower jaga. Ngeri banget pertama dengernya. Gawat banget kan kalo tiba-tiba diserang Israel. Mana aku belom nikah (loh?). Untungnya, para senior Cuma boong. Di belakang itu Cuma ada bukit dan abis bukit itu ada tower jaga, dan abis tower jaga ada bukit, dan abis bukit ada tower jaga. Begitu seterusnya, pokoknya masih juga wilayah Mesirlah.

Tantangan juga karena daerah sini banyak anjing liar. Karena orang sini ga suka meliara anjing juga ga hobi bunuhin anjing, jadi anjing dibiarkan berkeliaran kesono kemari. Nah, biasanya sama orang asing kayak aku mereka jadi liar dan galak. Mungkin ga rela kalo ada orang ganteng dateng kemari. Kemaren, buktinya aku dikejer rame-rame...huff.. untung ada orang yang nyelametin. Kalo ga mungkin aku tinggal nama ‘arif orang ganteng pernah tinggal di sini’ di tembok. Laen kali lah aku ceritanya, aku sholat subuh dulu yah...

NB: kepada Bang Alex dimana ente kini, miss u? (inget baca ini jangan sampe ngeres!)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA