Mayamah Kapau Part II

Engkong Pi’in memberi isyarat mata (idih Engkong-engkong genit) pada Maryamah Kapau, kalo seorang pembeli datang (oh..kirain..). Ceritanya tak jadi dilanjutkan. Kalopun si Engkong jadi cerita masa lalunya yang panjang dan bertele-tele, tulisan ini berjudul Engkong Pi’in bukannya Maryamah Kapau. Hehe.

Dengan cekatan, Maryamah Kapau menyiapkan makanan. Nasi dalam termos besar dipindahkan dalam piring. Nasi yang selalu hangat itu dibulatkan besar-besar dengan mangkok, tidak seperti mangkok cuci tangan, yang ini lebih besar 2 kali lipat. Di rumah makan ini Cuma nasi saja yang disiapkan, sementara lauk-pauk bebas dipilih dan diambil oleh para pembeli. Mungkin ini satu-satunya rumah makan padang yang prasmanan.

Sistem prasmanan diambil Maryamah Kapau dari gaya penyajian makanan Jawa dan Sunda. Karena persaingan rumah makan sudah begitu dahsyatnya harus ada inovasi-inovasi baru yang lebih berani. Selain itu rumah makan kapau ini juga membebaskan pelanggan untuk menambah nasi sekali gratis. Kata Engkong Pi’in, “kalo nambah sekali boleh, mungkin masih laper. Tapi kalo tambahnya dua kali itu rakus!”

Engkong Pi’in memberikan piring berisi nasi kepada pembeli dan menyuruhnya untuk mengambil sendiri lauk yang dimau, berikut kuahnya. Sudah jadi rahasia umum kalo rumah makan padang terkesan pelit dengan kuah sayur. Maka oleh Engkong Pi’in pembeli dipersilakan ngambil semaunya pembeli. Sengaja kuah dibikin berlebih. Kalau masih kurang, pembeli bisa mengambil kuah lewat mesin kuah. Ini memodifikasi mesin softdrink. Tinggal masukin koin dan pencet tombol kuah mana yang disukai.

“Pakabar Uni Imah, lamo indak bajumpo? Eh Engkong Pi’in. Masih idup aja sampe sekarang, hehe..” tanya si pembeli yang ternyata udah sering datang dan diam-diam mengagumi semur jengkol, eh Maryamah Kapau.

“Baik, Pak Joko. Sehat. Mendingan Pak Joko pake bahasa Jawa saja, Pak Joko kan orang Jawa.” Kata Maryamah Kapau sambil tersenyum. Dia sudah biasa digodain pembeli. Kalopun terlalu digodain, Maryamah Kapau gak pernah marah, paling Cuma ngelempar termos nasi ke arah si penggoda.

“Elu ni Jok, nyumpahin gue? Yang namenye mati ye, kagak ada pilih-pilih umur. Kali aja, pas makan nanti elu keselek tulang ayam trus mati, ya ga Mah?” Engkong Pi’in kagak terima diejek. Joko langsung tersenyum kecut.

“Panggil aja saya Mas Joko, Mah. Saya kan masih muda. Masih jomblo.” Joko masih berani dikit-dikit menyebarkan rayuannya. Maryamah Cuma tersenyum sambil nyari-nyari upil. Buat mengalihkan perhatian. Siapa tau dapet upil yang lebih ganteng dari Joko.

“Jok, Jok. Elu tuh bukannya jomblo. Tapi emang kagak laku aje! Lagian elu juga udah kagak lagi mude. Elu kan udah 33 taon. Hehe. Udah deh Mah, kagak usah digubris orang beginian. Bisa rugi kalo elu kesambet die... kagak ade untungnye...”

“Engkong ini bisa aja. Mas Joko ini kan orang baik. Pelanggan kita lagi. Harus diperlakukan sebagai raja. Iya tho mas...” Maryamah Kapau emang paling bisa bikin orang keder. Mana lagi atas penguasaannya atas beberapa bahasa daerah.

“Betul-betul itu Mah, waduh masmu ini jadi melambung. Jadi raja ya, kamu mau jadi ratunya mah?” Joko terbang sedikit aja dipuji Maryamah Kapau. Gombalannya tambah berani. Berani malu!

“Raja mane yang suka utang melulu, Mah. Inget elu bulan ini udah berapa kali kagak bayar utang elu. Orang miskin begini kagak ade pantes-pantesnye jadi raja. Kalo die mau paling tinggi jabatannya sebagai tukang kebonnya raja. Haha!”

Engkong Pi’in tertawa ngakak. Dia keliatan puas banget bisa ngata-ngatain Joko yang Cuma OB di perkantoran sebelah itu. Joko pun menuju ke meja dengan bermuram dosa eh durja.

“Tuh kan Mah, daripada elu digoain ama orang macem gituan, mending elu segera cari pasangan elu sendiri. Apa mau gue cariin?” engkong Pi’in kembali serius, walo tampangnya kagak ada serius-seriusnya sama sekali.

“Banyak kenalannya engkong, elu tinggal minta yang kayak gimane kriterianye. Nyang tinggi, nyang putih, nyang kaye raye.... terserah elu. Engkong yakin kagak ada yang menolak elu. Kecuali Ari Wibowo dan Anjas mara. Haha...”

Maryamah Kapau menarik napas dalem-dalem. Udah agak lega, upilnya udah bersih dari lubang idungnya.

“Gimane ye Kong. Bukannye aye kagak mau. Cuma kalo aye nikah berarti aye ninggalin Engkong sendirian di mari.”

“Meh, gue tuh bentar lagi koit. Kagak usah ditungguin. Lagian ga musti elu pergi, elu masih bisa kerja di mari. Bawa aja suami elu. Sapa tau kita kekuarangan daging buat direndang. Suami elu bisa dipotong. Hehe...” tuh kan si Engkong udah ga serius lagi. Ade aje banyolannya.

“Yeee... Engkong neh. Tapi Kong, kan kasian kalo Engkong kagak ada yang nemenin lagi. Mana anak-anak engkong kagak ade yang di rumah.”

“Gue tau Mah, anak-anak gue tuh emang kurang ajar, pada mau enaknya doank. Kalo ada perlu, butuh duit aja ke mari. Udah gitu gue ditinggalin lagi. Anak-anak sekarang banyek durhakanya. Padahal Engkong nih dulu sayang banget ama babe. Babe pas udah tua, kalo berak aja gue yang nyebokin. Duh...”

Engkong Pi’in nampak kecewa terhadap anak-anaknya dan rindu akan masa lalunya yang bahagia semua itu terlihat dengan senyumannya. Loh?

Sementara Maryamah Kapau juga terlihat sedih, jadi inget dengan orang tuanya. Tentang masa lalunya, tentang tanah kelahirannya. Tentang.... besok lagi aja yeee...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA