Mi Ayam Penyet

Udah deket isya, aku siap-siap ke masjid. Nyium jidat istri dan berangkat jalan kaki. Agak sakit jalannya, soalnya perut ini kerasa kenyang benget (hehe apa hubungannya ya?), tadi abis magrib sempet makan ayam penyet. Makanan favorit sebagian besar warga Batam. Di Batam orang kalo keluar cari makan pasti seringnya nyari ayam penyet atau ayam bakar. Sebagian yang lain makan makanan seafood karena seafood di Batam berlimpah, maklum pulau yang dikelilingi laut kan?

Karena disini mayoritas warganya adalah pekerja jadi mereka jarang berkesempatan memasak sendiri di rumah. Apalagi yang masih jomblo-jomblo kebawanya pasti males. Kerja pagi pulang sore, udah keburu capek duluan. Tenaga abis tidak karuan. Walhasil hang out makan di luar terus jadi buruan. Hehe.

Makanya pedagang makanan di Batam kayak ketiban pulung. Yang aku amati 4 bulanan ini, kayaknya kagak ada warung makan yang kagak laku. Walopun mungkin rasa makanannya biasa-biasa aja tapi yang beli tetep ada aja. Apalagi kalo warungnya emang punya citra rasa tinggi (ceile) bisa ruame buanget! Dan kadang sampe kasian aku ngeliatnya karena yang jualin sampe cuape banget ngelayanin pesanan makanan. Sementara di warung lainnya, walo ga begitu rame tetep aja ada yang dateng.

Kembali ke aku (dan aku bukan makanan), karena udah kenyang aku pengen nanti pas pulang dari masjid langsung bobo aja atau nulis-nulis. Eh ga taunya, sesampainya di masjid rejeki datang. Baru masuk beberapa langkah langsung disamperin sama pak haji Sulaiman, tetuanya kampung Bengkong Permai tempat aku tinggal. Dia bilang kalo aku terundang sebagai tamu pas perayaan 7 bulanan di sebelah rumahnya abis isya ini. Rumah Pak Hamdi kalo ga salah.

Ya, mo gmn lagi yang namanya undangan kudu didatengin dunk, apalagi ada makanannya, hehe. Padahal udah kenyang. Dasar ini perut bisa aja diuji ketangguhannya. Jadinya pas sholat langsung kebayang ntar makanannya apa ya? Hehe.

Abis sholat seperti biasa ngaji bentaran. Pas selesai dan noleh2 ke belakang dan kesamping ternyata masjid udah sepi. Aduh, padahal pengen barengan ama jamaah yang lain secara aku ga tau dimana rumah bapak Hamdi. Aku pun berjalan cepat-cepat siapa tau ketemu seseorang yang bisa nunjuin dimana rumah bapak hamdi berada. Tapi disisi jalan, orang-orang (yang td sejamaah ada yang ketemu) malah menuju ke acara 4 bulanan ninggalnya seseorang. Rame juga keliatannya. Tapi karena aku ga diundang disana dan setauku disana bukan rumah Bapak Hamdi aku menuju arah lain.

Di tengah jalan (arah lain tadi) aku ketemu dg bapak RT 3 dan pak Ahmad yang lagi ngobrol. Kayaknya serius, dan ketika aku ingin tanya eh bahasa mereka diubah jadi bahasa jawa. Maksudnya mungkin mereka ga pengen obrolan mereka aku dengerin. Mungkin penting, secret atau mungkin mereka CIA yang lagi nyamar. Tapi kenapa mereka pake bahasa Jawa? Padahal aku kan orang jawa. Gmn toh, akhirnya aku ga jadi nanyain dan mutusin langsung pulang ke rumah.

Ndilalah belom masuk rumah ada ibu2 dengan wajah kecapean lari2 (termasuk keluarga Pak Hamdi) nyuruh aku ke rumah bapak hamdi dan dia nunjuin arahnya. Dan aku paham. Sukur, ada aja jalan menuju makan gratis. Hehe. Btw 4 bulanan ini aku memang belom banyak hapal nama para tetangga. Kalo anak gadisnya mungkin sih, hehe.

Sampe disana baru ada beberapa orang termasuk Pak Sulaiman. Lalu berurutan masuk Pak RT dan pak Ahmad. Ealah tu dua orang kesini juga tho? Setelah cukup beberapa orang kami langsung membaca quran persurat yang dibagikan pak Haji Sulaiman. Aku sih ga tau sebenernya ini acara apa. Ada budaya 1-3 hari, seminggu, sebulan, 4 bulan. Pasti ini ada orang ninggal da ini bulan ke 7nya. Biasanya yasinan kok, ini bukan yasin aja yang dibaca. Aneh. Banyak acara2 keagamaan di sini yang ada tapi di Mesir sekalipun ga ada. Yah mungkin orang Indo lebih pinter,hehe.

Abis baca suratku (surat lukman) dg tiba-tiba bin ujug2 pak sulaiman nyuruh aku mimpin doa. Karena aku pikir ini doa 7 bulanan orang ninggal ya aku doain arwah yang ninggal. Ya Allah berilah ia tempat terbaik disisimu, Berilah ia surgamu, Berilah ia sungai firdausmu, Berilah ketabahan terhadap yang ditinggalkan, dst...

Eh abis aku tutup dg hamdallah pak sulaiman doa lagi, tapi doa yang ini kayak2nya diperuntukan buat nasib seorang bayi yang mo dilahirkan. Ya Allah berilah ia kecakapan, kebaikan, kesholehan para nabi, jadikanlah ia anak sholeh dan berguna dst... dalam hati sambil ngaminin doa aku bingung. Ini nih 7 bulanan orang ninggal atau 7 bulanan orang hamil ya? Cilaka kalo salah.

Pas udah selesai doanya dan siap mo makan, aku nanya orang disebelahku..”Pak ini nih acara 7 bulanan orang ninggal atau kehamilan sih..”

Dia jawab, “7 bulan kehamilan pak, itu tuh si Selvi hamil, emang kenapa?”

Aku Cuma terdiam dan menggumam, “cilaka orang belom lahir udah aku doain mati!”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA