Beda Idul Adha Indonesia-Mesir

Sebenernya ga jauh beda perayaan Idul Adha antara nyang terjadi di Mesir sama di Indonesia. Sama-sama ada sholat Ied dan potong qurbannya. Hehe. Pastilah. Nyang beda paling kalo di Mesir nyang merayakan Idul Adha orang Mesir, sedangkan di Indonesia ya orang Indonesia. Gt aja kok repot. Hehe

Yang bikin beda kentara adalah pelaksanaan qurbannya. Di Mesir sangat merugi apabila yang memotong qurban diserahkan kepada orang lain. Pemotong qurban adalah si bapak yang mengeluarkan qurban. Jadi dipotongnya sendiri. Kalo bapaknya ga ada baru ke anak dst. Tapi diusahakan agar berkah bukan malah jatuh ke orang lain. Lebih afdhal gt kalo nyembelih sendiri, pikirnya, “lha wonk yang beli kita kok yg motong orang lain?”

Nah, penyembelihannya sendiri ga jauh-jauh dari rumah mereka masing-masing. Padahal tau kan kalo di Mesir apalagi di Kairo rumahnya susun atau kerennya apartemen. Kalo ga memungkinkan mereka akan menyembelih di bawah rumah susunnya. Bias dibayangkan banyak rumah susun yang akhirnya berlumuran darah.
Kalo lagi jalan2 di sepanjang kota Mesir pas lebaran idul adha, seperti melihat kota bagdad pas kedatangan pasukan Mongol. Darah-darah hewan dimana-mana. Di jalan, selokan, dinding-dinding, pohon, bahkan sampe di mobil-mobil. Ya, sebagian orang membasuh darah hasil sembelihan ke dinding rumah mereka dan mobilnya. Katanya biar banyak berkah. Sebagian kecil lainnya malah membasuh darahnya ke tubuh dan baju mereka sebagai bukti, “gue udah qurban loh..”

Biasanya pas nyembelih disaksikan keluarga besar yang motong. Karena aturannya satu qurban cukup untuk satu keluarga, jadi pas nyembelih satu itu sodara-sodara ngumpul dan melihat proses-penyembelihan rame-rame. Tua-muda, anak-anak, ibu-ibu pada ngelihat. Yang unik yang ibu-ibu dan nini-nini akan melihat dari atas jendela mereka (jendelanya dibuka), karena pamali berbaur dengan para pria di satu tempat (di Mesir) sementara yang anak-anaknya, gadis di bawah umur atau agak gedean sedikit boleh bergabung dan melihat dari dekat bersama para prianya.

Nanti kalo sang ayah udah berhasil memotong qurban, para ibu-ibu akan teriak-teriak “hululululu” kayak pas perayaaan pernikahan mereka. Khas banget. Seru banget. Bagi aku dan temen-temen tentu jadi pemandangan yang menyenangkan. Dan lucu. Hehe.

Idul Adha menjadi momen yang paling ditunggu2 anak-anak Indonesia di Mesir, terutama yang cowok. Salah satunya karena seperti pas lebaran idul fitri, para cewek Mesir baru pada keluar dan keliatan batang idungnya pas sholat ied di lapangan atau Masjid. Maklum sangat langka sekali melihat gadis2 kece Mesir pada hari-hari biasa. Di Mesir tidak umum bila wanita sholat di masjid pada sholat 5 waktu. Mereka baru muncul ketika sholat jumat (beda banget kan sama Indonesia) sholat tarawih bulan ramadhan, sama sholat ied. Nah di ketiga waktu itulah kita (cowo2) bisa ngecengin cewe2 Mesir yang cantiknya Naudzibillah itu, hehe.

Walo kadang susah juga bisa melihat kecantikan mereka secara menyeluruh karena banyak dari mereka yang mengenakan cadar. Jadi Cuma bisa liat (yah minimal) mata indah mereka yang kadang coklat atau biru. Yah lumayanlah, buat tombo ngantuk. Makanya kesempatan solat Ied dikejer banget sama mahasiswa kita disana.
Keistimewaan kedua saat idul adha adalah kesempatan mendapat hasil qurban yang begitu terbuka lebar. Yh, paling tidak dg trik2 tertentu kita bisa dapet daging qurban melimpah. 1. Banyak2 punya kenalan orang Mesir. Terutama bapak 2 di Mesjid dan dilingkungan sekitar kita. Atau sekedar temen2 mahasiswa asal mesir. Karena mereka lebih punya akses yang lebih dari kita. 2. Tongkrongin tempat2 penyembelhan hewan qurban sambil menampilkan wajah memelas. 3. Sering2 cari info masjid2 mana aja yg bagi2in hewan qurban.

Kalopun tidak kita bisa berharap duduk dirumah aja, dan tiba2 ada yng ngetuk pintu rumah dan tiba2 bawa daging untuk kita. Pengalaman kemaren terakir kali idul adha disana, aku dapet dari masjid untukku sendiri, trus dapet dari ketua apartemen, dapet dari temen pulau Komoros, dapet dari Nil (klo ga salah mas banu dan try) dan terkahir karena si nunu motong sendiri di depan apartemen. Maka bisa dilihat betapa banyaknya daging kurban di kulkas kita. Bener2 mules deh makan daging terus semingguan...
Aku dan temen2 jadi bau kambing, ada juga yg bau sapi...dan kerbau..hehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA