Gambatte, Risa!

Hari-hari ini istriku, Fatimeh berlaku aneh. Gue jadi khawatir ada apa-apa. Dan gue lebih khawatir lagi kalo keanehan Fatimeh berdampak pada janin yang dikandungnya. Fatimeh sekarang sering gelisah dan nampak was-was. Kalo gue gak ada di rumah bentar aja pasti langsung ditanya dan disuruh balik. Di rumah aja, gue diminta selalu deketin dia. Gak boleh jauh ato pergi kemana-mana. Sampe mau ke kamar mandi juga gitu. Sebel juga kan? Karena udah gak sabar, gue nanya ke dia.

“Kenapa sih, hari belakangan ini cayang jadi aneh gitu?”

Dia gak segera jawab. Malah merangkulku erat.

“Kenapa, Meh? Ada masalah ya ama Abang?” Tanyaku lagi. Tentu aja gue jadi malah takut. Kenapa Fatimeh malah pake acara meluk-meluk gini. Jangan-jangan dia lagi napsu berat.

“Abang...Abang janji ya ama Aye...”

“Abang mau ya janji...”

Janji? Janji apaan?

“Janji kalo gak bakal meninggalkan Aye...”

Oh gitu..

“Pastilah Yang, Abang gak bakal ninggalin cayang, Abang kan udah cinta abis ama dikau...”

“Bener ya? Gak boong?”

“Iyalah, gini deh meh. Coba lepasin pelukan Fatimeh dulu. Abang jadi sesek napas neh. Kuat amat meluknya...”

Fatimeh melepas pelukannya perlahan. Lalu menatap mataku sendu. Kayaknya dia pengen nangis. Hal ini gak bisa dibiarkan. Gue harus tau penyebabnya.

“Nah gitu, sekarang Fatimeh duduk, lalu ceritain ke Abang, sebenarnya apa yang sedang dan telah terjadi?”

“Inget gak ada rahasia di antara kita. Jangan bikin Abang buat kesimpulan sendiri kalo cayang udah agak gila dan perlu dibawa ke RSJ.”

“Abaaaang....” Fatimeh bisa tersenyum. Napasnya mulai teratur. Tadi sih napasnya turun naek gitu. Gue tunggu biar dia agak tenang dulu. Biar dia bisa cerita.

“Gimana udah enakan, apa perlu Abang kipasin ato pijetin dulu?” Gue deketin kipas angin dan mengarahkannya ke mukanya. Wajah yang bikin gue semangat tiap hari itu gak boleh dibiarkan sedih dan luyu terlalu lama.

“Dingin ah, Bang... matiin aja kipasnya. Aye mo cerita nih...”

“Abang dengerin neh, perlu direkam gak? Hehe...”

“Yee... udah ah gak jadi cerita!”

“Cerita donk, Yang. Abang jadi khawatir kalo ngeliatin kamu gini. Apa yang akan Abang jawab ama rumput kalo mereka bertanya...”

“Gini Bang, Abang tau kan ama cerita temen kita Risa?”

“Risa anggota Dai Nada, ya...”

Gue kenal ama Risa karena Tim Nasyid Dai Nada emang terkenal di seantero Kairo. Tim nasyid ini sering menjuarai lomba-lomba nasyid yang diadakan oleh mahasiswa Kairo. Bisa dianggap Dai Nada adalah tim Nasyid nomor satu di Kairo. Bahkan tim yang udah bikin satu album yang diedarin di Mesir dan beberapa negara arab ini sering menghadiri undangan-undangan untuk tampil di acar-acara besar di Mesir. Atau undangan orang-orang tekenal seperti gubernur Aswan baru-baru ini. Tapi gue gak tau apa hubungan antara Risa dengan kelakuan aneh istri gue.

“Abang juga tau gak kalo Risa baru aja berduka cita?”

“Gak, kenapa, Yang?”

“Istri ama anak yang dikandung kan meninggal dunia...”

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun, bener tuh?!”

Gue langsung kaget bukan kepalang. Sungguh menyedihkan mendengar kabar itu. Tentu yang merasakan lebih merasakan kepedihan yang bukan kepalang.

“Aye dapet kabar dari Masyitoh... anak-anak Kairo udah banyak yang tau...”

“Kapan kejadiannya?”

“Baru berapa hari kemaren. Ceritanya tuh, aye gak tau pasti sih, cuma katanya anak yang di rahim kan ninggal, nah pas mo dikeluarin dari ibunya dokternya gak sanggup. Malah dua-duanya meninggal...”

“Innalillahi... salah dokternya tuh, kenapa gak dicek dulu aja?!” Gue gak tau mendadak jadi emosi. Gue sering denger kalo dokter Indo sering salah periksa pasien hingga terjadi kemungkinan-kemungkinan buruk. Gue tentu gak mau hal itu terjadi ama dia.

“Ye sih gak tau detailnya, Bang. Risanya sendiri udah pulang.”

“Bener, dia kudu pulang, sebodo amat ama ujian. Yang pasti dia harus ngeliat untuk terakhir kali. Abang gak bisa ngebayangin kalo Abang yang jadi dia...”

“Aye juga gak bisa ngebayangin kalo Aye yang jadi istrinya. Abang bisa gak ngebayangin kalo seorang istri mo ngelahirin trus suaminya gak ada disampingnya buat ngasih semangat dan doa?”

“Tergantung sih Meh, kalo ternyata suaminya ada urusan yang lebih penting... apa gitu kek...gak tau juga sih...”

“Emang ada ya, Bang yang lebih penting di dunia ini, kecuali ngeliat dan ngasih semangat istri yang berjuang keras buat ngelahirin anaknya yang udah dikandung dengan penuh sakit dan penderitaan selama 9 bulan ato lebih?!”

Suara Fatimeh mendadak meninggi. Dia nangis. Kayaknya perasaannya yang dari tadi ato bahkan dari kemaren dipendem jebol juga.

“Istrinya tuh berjuang idup mati, Bang! Abang tega ya ngeliatin betapa susahnya pas ngelahirin?”

“Ya gak tega lah Yang...”

“Lalu kenapa ada suami yang tetep aja gak mau datang pas istrinya ngelahirin. Teganya, Bang! Hik-hik!”

Gue cuma diem. Ini saatnya gue diem. Fatimeh bener. Gue sekarang gantian meluk dia. Biar dia nanggis di pelukan dia. Gue mau nenangin dulu.

“Abang ngerti sekarang kenapa cayang hari-hari ini beda. Cayang gak mau kejadian yang serupa terjadi kan?” Fatimeh menggangguk-angguk.

“Cayang percaya gak ama takdir Allah? Inget gak ama ayat yang kita apalin, “kalo Allah menginginkan sesuatu maka cukup berkata kun, maka terjadilah..”

“Hidup mati orang itu di tangan Allah. Bahkan sudah tertulis di lauhul mahfudz. Kita gak tau kapan, gak tau gimana. Kita bahkan gak tau kita mati pas gara-gara sakit ato pas baru dapet beasiswa.”

“Kalo malaikat maut itu udah dateng, orang gak bisa maju ato mundurin barang sedetik. Mati gak peduli kita pas lagi kumpul bareng ama keluarga tercinta ato sendirian di padang pasir.”

“Risa bagi Abang sendiri gak bisa disalahin karena dia pasti udah berpikir atas apa yang dia akan lakukan. Nah, pilihan yang diambil pasti udah disiapin mateng-mateng dan selalu ada resikonya. Kalopun dia gak bisa di samping istrinya pas musibah itu datang, itu bukan karena dia mau begitu. Kita harusnya memberi semangat dia buat kembali opimis dan ceria menghadapi dunia. Kita memberi doa semoga Allah memberi kesabaran dan ketabahan padanya.”

“Iya Bang, Aye minta maap karena telah berprasangka buruk ama dia... ntar malem kita doakan dia di solat kita ya, Bang...” Fatimeh berhenti menangis.

“Iya, minta ampun juga ama Allah dan yang paling penting Meh, Abang janji...Abang janji selalu akan bersama Fatimeh di saat suka dan sedih. Abang janji untuk dateng ke persalinan kalo emang waktunya. Yang penting sekarang Timeh harus berlaku normal lagi. Inget Fatiemh baru hamil satu minggu. Masih l-a-m-a!” gue ngasih penekanan di kalimat terakhir.

“Eh, iya ya Bang aye baru seminggu hamil... aduh udah mikir yang macem-macem.”

Akhirnya Fatimeh kembali berubah jadi manusia.. hue-hue...

Dedicated to Risa, my prend. Jangan patah semangat! Gambatte!

See to saying

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA