Baby, Go HOme!

Liburan musim panas ini, gue ada rencana mo pulang. Pertama mo periksa penyakit alergi gue yang rasanya semakin menyiksa. Gue kira alergi kulit aja dikarenakan musim dingin, cuma ternyata setelah masuk musim panas gue masih ngerasa gatal-gatal. Bahkan bias jadi karena makanan juga. Kalo dibaca-baca di internet, gue kudu pergi ke dokter spesialis kulit dan melakukan beberapa percobaan darah. Sapa tau aja gue kena penyakit aneh, misalnya aja panu. Huhu...

Tujuan kedua gue mau pulang adalah mo periksain kesehatan istri gue, Fatimeh. Moga-moga aja bisa ngelahirin sekalian di jalan, eh di rumah. Terus terang gue rada cemas kalo doi kudu ngelahirin di Cairo. Sebenernya gak kenapa-kenapa. Cuma rasanya agak bimbang aja karena menurut kabar yang ada kebanyakan dari ibu-ibu yang ngelahirin di Kairo pada diCaesar. Yup, karena dokter sini gak mau repot-repot. Kalo proses melahirkannya dirasa lama, mereka langsung cepet-cepet menawarkan para suami untuk caesar (tapi yang dicaesar istrinya lho). Sebenernya lagi gak terlalu was-was karena caesar disini selain murah (ada yang cuma 100 LE=Rp150 ribu di RS ArRahmah, Roxy) prosesnya sangat cepat dan aman (jahitannya hampir gak kelihatan). Mungkin para dokternya lebih biasa melakukan caesar daripada persalinan normal. Hus!

Cuma...ini nih yang bikin gue rada keder, ada desas-desus kalo dokter sini agak ceroboh ketika operasi. Kalo di Indonesia ada kasus persidangan dokter yang kelupaan ‘naruh’ gunting di perut pasien, kalo disini lebih parah, simak ya...

Suatu ketika ada operasi usus buntu pada seorang bapak-bapak, setelah selesai operasi dengan baik dan jahitan sudah dilakukan, para suster kebingungan...karena tidak bisa menemukan dokternya...ternyata, dokternya ketinggalan di perut bapak-bapak itu!!

Gue sih gak begitu aja percaya, cuma karena gue sendiri pernah ngalamin dioperasi gigi (pake dipalu-palu segala) dan gue merasa sakit luar biasa, gue takut akan terjadi hal yang serupa ama istri gue.

Tapi ketika gue konsultasi masalah perpulangan itu ke istri dia malah protes.

“Duh Bang, aye tuh ada cita-cita ngelahirin di sini...” katanya sambil manyun.

“Kok gitu?”

“Kan keren, Bang kalo anak kita lahirnya di luar negeri, di negerinya para nabi lagi! Bayangin Bang kalo anak kita ditanya ama gurunya ntar, “sebutkan TTLnya...” Cairo, ...”

“Bangga maksud lho?”

“Gitu deh, keren kan, Bang...”

“Keren sih iya, Meh, Cuma Abang tuh khawatir terjadi kenapa-kenapa? Bukannya elu paling takut kalo diajak ke dokter Mesir?”

“Kan, Nyang ini beda, Bang. Aye gak takut donk!”

Gue yang akhirnya cuma bisa manyun. Masuk akal juga sih. Cuma gue masih ada perasaan kalut aja.

“Meh, inget gak ama ceritanya si Muna? Nyang ngelahirinnya di jalan itu loh... untung dia ama bayinya gak papa gak mama...”

“Itu kan karena dia gak cepet-cepet ke RS, Bang. Kalo aja suaminya bawa dia sambil lari pasti sampe di RS sebelum waktunya.”

“Yee, ngaco! Si Aceng malah udah lari-lari kesono kemari. Tapi pas sampe RS masih belum bisa diterima karena kata susternya belom di bukaan yang kesepuluh..”

“Kalo udah bukaan yg ke-10 mah udah lahir atuh, Bang.”

Di Mesir emang biasanya belum mau menerima pasien yg udah mo melahirkan kalo belom dirasa mau keluar hari itu. Jadi walo udah ada kontraksi, bisa aja istri kita tetep disuruh pulang. Kecuali kalo emang udah kontraksi hebat. Setelah ngelahirin juga si ibu gak bisa tinggal lama untuk istirahat sebentar walo sehari dua hari. Jadi begitu persalinan selesai dan ibu dianggap bisa jalan, langsung aja disuruh pulang. Sekilas terlihat sadis ya, tapi emang begitu adat mereka. Untungnya selama ini gak terdengar berita yang aneh-aneh dan menakutkan.

“Pokoknya Abang ngerasa ngeri dan pengen Fatimeh bersalin di Indo!” kataku sedikit tinggi, tentunya bagi kebaikan dia juga.

“Kok Abang gitu sih, kan Aye pengen ngelahirin di sini!”

“Cayang...cayang mau kalo seandainya terjadi apa-apa pada anak kita?”

“Kan tawakal Bang?”

“Tawakal itu kalo kita udah usaha. Ntar aja deh di anak kita yang kedua baru Fatimeh boleh ngelahirin di sini. Oke?”

Akhirnya Fatimeh mau juga ber-deal ama gue. Yah moga aja ini yang terbaik. Lagian mbahnya juga pengen ngeliat mantunya ngelahirin di Indo sih... dan yang terpenting gue bisa periksa penyakit gue juga. Sambil menyelam minum Coca Cola kan? Boikot!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA