Ga Jadi Menikah Karena Hizbiyah

Gue ampir aja tersedak ketika denger curhat seorang temen. Bukan apa-apa, curhatannya sama dg apa yang pernah gue rasakan. Dulu. When the sun rises and cloud goes.

“Bener tuh, Man? Kok sama ama pengalaman gue dulu? Cuma beda versi.” tanya gue pada temen ketika dia menuntaskan cerita dengan deraian aer mata.

“Benerlah, Bang... tapi ane gak ada maksud nyama-nyamain dengan pengalaman Abang lho!”

“Iyalah, mana loe tau cerita idup gue!” kata gue sambil narik paha ayam bakar. (ceritanya) kita lagi makan di rumah makan Mesir. Menunya ayam bakar alias firoh. Karena Fatimeh lagi ujian hari ini, gue diajak temen buat jalan-jalan. Kebetulan refreshing dikit. Rada BT kalo di rumah mulu.

“Sebenernya kita hampir sama kok, Bro!” gue ngelanjutin ngomongnya. Surbah (sup mesir) gue sendok dikit ke atas nasi Yaman.

Ada banyak hal di dunia ini yang sering gak kita bayangkan terjadi, dan ada banyak hal laen yang kita bayangkan terjadi.”

Dia kayaknya bingung. Cuma melongo aja.

“Maksudnye?”

“Gini, gue cerita pengalaman gue aja ya. Biar nyambung... elu simak baek-baek.”

Gue kalo udah mo cerita narik napas dalem-dalem. Hingga yang di dalem rileks dan sebanding dengan hawa di luar. Ademnya. Temen gue nyomot tursi (asinan mesir)

“Elu pernah gue ceritakan tentang rencana ortu buat njodohin gue dg seorang ce yang blom gue kenal kan?”

dia garuk-garuk kepala. Mikir-nginget.

“Oh, ya Bang, ane inget! Pas entu abang kan curhat ama ane...he. kita saling gantian curhat ya.”

“Yup, curhat tuh baek buat kesehatan jiwa. Biar kita gak ngerasa sendirian aja di dunia ini.”

“Saat itu gue pikir bakal ada Siti Nurbaya Show part two. Eniwei karena gak kenal, gue minta diizinin tuk ta’aruf ama die..”

“Oh ya kata Abang dulu dianya alimah banget ya? Sampe ga mau pacaran gt.”

“Yea, and this is the problem. But no big problem for me, karena gue juga alim. Dan gue juga gak mau pacaran.”

“Mana ada alim ngomong2, Bang?”

“Kekeke...”

Aer yang gelas udah ampir abis, gue nuangin lagi dari teko.

“Yg jelas waktu itu gue taarufnya pake sms ama e-mail aja. Pertama gue bingung karena apakah gue kudu nerima tawaran ortu. Padahal, elu tau kan saat itu gue udah ada hubungan ama Fatimeh...”

“Ho-oh.” Mulutnya tiba-tiba aja udah penuh ama daging. cepet amat ni anak makannya.

“Tapi karena menghormati ortu gue terima juga. Lagian kalo gue mikir-mikir, gue kan udah minta segitu banyaknya hal dari mulai gue lahir ampe sekarang dan selalu dikasih, masak ketika ortu gue minta satu hal gak gue lulusin? Jahat amat kan?”

“Tul, Bang...Salathohnya (sambal Mesir pake tomat dan timun) tambah gak?”

“Ga usah. Gue udah ampir abis. Trus elu tau lanjutan ceritanya gimana?”

“Gimana terusnya, gue jadi penasaran neh, Bang.”

“Gue kirimin aja SMS2, Cuma akhirnya distop karena doi bilang takut fitnah.”

“Lah kenapa, bukannya kalian udah mo nikah?”

“Entulah yg gue gak ngerti. Lagian SMS gue ga mesra2 amat. He. maksud Gue Cuma mau nanya hal-hal dasar. Tentang jadi diri dia aja. Trus gue tanya maunya gimana kalo ga lewat SMS karena lewat telpon pastilah lebih enggaknya. Karena bagi gue, taaruf itu tetep penting. Paling gak taulah sapa calon, walo ga detil-detil amat. Cerita jaman sahabat inget kan, Bro?”

“Yup, dulu para sahabat Nabi kalo nyari istri harus cari info juga. Ke sodara, ortunya, temennya, orangnya langsung. Bahkan ada yang sampe ngintip-ngintip si calon. Tapi bukan pas mandi lah yau!”

“Ya, jangan sampe beli katak dalam tempurung. Para istri Nabi juga adalah orang yang udah dikenal Nabi sebelumnya, kecuali seorang jariyah (budak) dari Mesir. Hadiah dari raja Mesir yang kemudian dinikahi Nabi. Karena pasti hadiah dari seorang raja kepada pemimpin laen adalah yang terbaik. Dan Rasulullah mengetahuinya ketika jariyah itu datang.”

“Aisyah, Bang. Aisyah kan udah dikenal deket ama Nabi. Bahkan sejak kecil udah sering dikenalin ama Abinya Abu Bakar.”

“Malaikat Jibril aja udah bilangin ke Nabi kalo Aisyah bakal jadi istrinya.”

Gue menghela napas. Ayam bakarnya tinggal dikit. Tapi gue karena cerita ini, jadi gak napsu makan.

“Nabi pernah bersabda kan, pas ada seorang sahabat nikahan tapi dia belom ngeliat calon istrinya. “cobalah tuk melihatnya, karena itu lebih melunakkan hatimu padanya.” Nah kalo sekedar ngeliat sih gampang. Poto bisa. Tapi kan gak gitu. Makanya, Rasulullah nambahin, wanita dinikahi karena 4 perkara; cantiknya, kayanya, nasabnya, din agamanya. Gimana kita tau gimana dia kalo belom taaruf?”

“Masalah din misalnya. Din si anak ama si bapak kan bisa beda. Kalo kita kenal bapaknya non muslim bisa jadi anaknya muslimah taat kan? Kalo kita cuma tanya bapaknya, bapaknya bisa bilang macam2 dan itu bisa salah.”

“Nabi aja nikahin anaknya ke Ali bin Abi Tholib, orang yang beliau kenal. Dan Ali bin Abi Tholib pasti udah kenal juga dengan Fatimah Az zahra.”

“Seep... emang agak ribet. Karena sebagian muslimah sekarang nolak mentah-mentah bahkan ama masalah ta’aruf, karena takut itu gak jauh beda ama pacaran.”

Mereka mempersulit apa yang udah dimudahin agama. Seperti perkara riba dan jual beli. Allah berfirman kalo riba itu mirip jual beli. Tapi jual beli itu sendiri bukan riba. Apakah dengan takutnya kita ke riba kita jadi mengharamkan jual beli?

“Tentu tidaklah, Bang. Laen soal itu mah...”

Gue narik napas lagi. Ini suapan terakhir. Perut gue udah full. Temen gue juga kayaknya udah selesai.

“Sebenernya masalah ini juga gak begitu membebaniku juga. Karena gua yakin pilihan ortu ke gue pastilah yg terbaik. Walau gue gak sempet ta’aruf gak masalah. Tapi yang gue sebelin adalah...”

To be continue....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA