Anak Rusia Hapal Qur'an

Baru kali ini dada gue bergemuruh begitu dasyatnya karna cemburu. Gimana gak cemburu, lha wonk anak kecil itu-yang dulu belajar menghapal qura’an dengan gue 1,5 tahun yang lalu-sekarang sudah khatam 30 juz. Sedang gue belom juga kelar-kelar. Untuk menunjukkan kegagalan gue mungkin cukup melihat nilai ujian gue untuk qur’an yang DJ (dhoif jiddan) di tahun ketiga. Hik-hik.

Sabda Rasulullah orang gak boleh cemburu atau iri kecuali kepada dua orang; orang kaya yang menginfakkan hartanya dan orang yang berhasil menguasai (menghapal) kitabNya (al qur’an). Jadi gue sah-sah aja tuk ngerasa cemburu dan iri ngeliat keberhasilan anak itu. Yang bikin gue tambah terbakar adalah karna usia anak itu blom genap 11 tahun dan dia ajnabi (bukan orang arab) yang berarti bahasa arabnya tidaklah cukup memadai untuk memahami seluruh arti qur’an. Dia bisa men, dan gue enggak!

Makanya abis pulang dari mesjid dan ngeliat sima’an (setoran hapalan ke seorang syekh) dengan penuh takjub gue ngadu ke Fatimeh.

“Meh, tau gak....” kata gue setengah berteriak begitu sampe di rumah.

“Abang pintunya ditutup dulu ngapa? Ceritanya entaran...”

“Ya Allah sampe lupa...” Gue tutup pintu pake kaki.

“Abang neh, mo nunjukin hal yang gak baek ama anak kita ya?” istri gue ngelus-ngelus perutnya yang makin membesar. “Jangan liat abimu...abimu nakal tuh..”

“Eh ya, aduh, maap... abang kok jadi gini ya?” Gue naruh Fatiroh isi karamel di meja dan menghampiri Fatimeh dan ikut-ikut mengelus perutnya.

“Maapin Abi ya yang...abi gak sengaja kok.. Cuma iseng.”

“Kenapa sih Bang kok kelihatan heboh gitu?” Istri gue ngambil kursi, gue segera ngambil bantal untuk ngelapisi, biar empuk. Biar si ade bisa nyaman.

“Itu lo, Meh. Abang tadi di masjid ikut sima’an anak Rusia yang dulu pernah bareng ngapal qur’an pas abang tinggal di Saqor Quraisy..”

“Trus knapa, kan biasa aja ada sima’an anak-anak di masjid, Bang..”

“Yang ini gak biasa Meh, karena ni anak udah hafidz padahal umurnya baru 11 tahun, gila gak Meh?”

“Sapa yang gila? Abang?” Fatimeh nunjuk gue-tepat banget.

“Ye, anak itulah yang gila. Maksud Abang, dia kan anak Rusia yang gak begitu lancar arabnya. Trus lagi pas hapalan dulu ama Abang banyakan abang hapalannya. Eh tau-tau kok dia bisa hafidz..”

“Itu karena abang males ngulang lagi. Qur’an mah beda ama yang laen, kalo males ngapalin ato ngulang, ya udah deh bakalan lupa.”

“Iya Meh, kalo teorinya mah Abang ngerti. Cuma emang suka beda antara teori ama praktek.”

“Itu karena kita yang bikin prakteknya gak sesuai teorinya, Bang. BTW ya Bang, aye jadi inget masa lalu ktika aye ngapalin qur’an.”

Fatimeh emang udah hapal qur’an sejak MTS dulu. Sebenernya sejak lulus SD udah hapal, tapi mantepinnya selama di MTS ampe di luar kepala.

“OH ya Meh, lu jarang cerita ke Abang masalah itu...”

Kalo kita jarang cerita ama istri jadi banyak cerita yang bisa diomongin. Tapi kalo kita udah tau sdetil2 si istri begitupula si istri tau kita luar dalem jauh sebelum kita menikah, wah udah gak seru lagi deh. Makanye kalo ada cerita gak perlu diluapin semua. Disimpen dulu aja sampe ada momen yang pas buat diceritain.

“Papa dulu orangnya keras, Bang. Begitu aye gak hapalan sehari aja, tangan aye langsung kena pukul rotan.”

“Pantes tangan cayang lunak banget.. kayak cumi-cumi. Keseringan dipukuli ya?”

“Mukulnya gak sakit kok. Cuma buat gertak aye aja biar ngapalin yang disiplin. Lagian kalo aye bisa hapal sejuz, aye pasti dapet hadiah.”

“Jadi inget juga pas abang ngelamar timeh, ngeliat papa aja gak berani. Ngomong aja takut-takut. Abis papa orangnya serem sih.”

“Serem sih gak, Bang. Bahkan terbukti kan sayang banget ama Abang....suka ngirim-ngirim tambahan duit. Kalo aja papa masih ada ya, Bang...” Fatimeh tiba-tiba menghentikan ceritanya. Dia pasti jadi keinget papanya yang udah meninggal setahun silam karena serangan jantung. Gue jadi gak enakan.

“Maapin Abang ya, Meh. Jadi inget papa lagi.”

“Gak papa kok, Bang. Aye udah gak terlalu sedih seperti dulu. Lagian aye kan udah dapet papa baru.” Kata Fatimeh sambil ngedipin mata ke gue. Gue jadi malu. Hue-hue.

“Yup Abang janji akan jadi papa baru cayang selama-lamanya...”

“Hus...selama idup, Bang..”

“Oh ya selama idup abang, dan abang gak nikah lagi...hehe”

“mau mati muda ya, Bang?..” Fatimeh ngambil ancang-ancang buat nyerang gue..

“Becanda, Meh becanda. Hehe. Pokoknya sekarang yg harus kita pikirkan adalah anak kita ntar harus jadi apa?” gue buka bungkusan fatirohnya-enaknya kalo masih hangat ama susu coklat. Fatimeh mencomot sepotong.

“Kalo aye, Bang apa aja terserah cita-cita anak kita. Tapi yang terpenting si ade harus hafidz qur’an.”

“Ya Meh, abang juga setuju banget. Anak kita haruslah hafidz qur’an. Yah walau gak semua anak kita, paling enggak kalo kita punya anak 3 yang hafidznya 2.”

“Tinggal kita pikirin metodenya aja Bang, kalo dipukulin kayak aye dulu kayaknya udah beda jaman deh. Mestinya harus baek-baek. Kalo bisa ni anak musti dijelasin dulu kenapa dia harus ngapalin qur’an. Kalo dia tau manfaat2nya pasti ntar dia semangat sendiri.”

“Kalo perlu sih disekolahin di pondok tahfidz meh, tapi elu kan hafidzah bisa kan ngajarin anak kita hapalan di rumah? Ntar abang bantuin deh...”

“Gambatte ya, Bang! Semangat. Kudu gitu bang, kalo ortunya semangat pasti ntar anaknya ikutan semangat. Kalo ortunya berusaha baek-buah gak kan jauh dari pohonnya...”

"Seep. Bayangin juga meh, kalo tiap keluarga punya satu anak aja yang hafidz, betapa cemerlangnya islam di masa depan..."

Komentar

Anonim mengatakan…
Ya tuh bener mas..saya liat mereka jadi iri banget..
Btw tinggal di mana mas??
Salam kenal.
el7cosmos mengatakan…
mari membaca Al-Quran!

ada situs yang bisa baca al-quran online trus ada audio playernya...

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA