Broker, Hide and Seek

Setelah nyari-nyari kerjaan kesono kemari. Bawa map, ijazah SMU dan CV lengkap dengan photo SD item putih, gak ada satupun perusahaan yang tertarik menjadikan gue sebagai manajer. Mulai dari Coca cola Company, Surat kabar dengan oplah terbesar di Mesir Al Ahram sampe rumah makan tersohor Akhir Sa’ah. Terus terang gue jadi frustasi, betapa berani dan betapa teganya mereka tidak menerima gue. Belom tau mereka kalo gue ini suami Fatimeh (sebodo amat x?).

Pokoknya gue gak terima, segini-gini gue udah punya pengalaman pekerjaan malang melintang di dunia persilatan. Masak sih gue gak bisa jadi manajer mereka? Okelah kalo manajer dipandang sebagai jabatan terlalu tinggi, direktur is Ok!

Lagian kalo ditanya pengalaman harus udah pernah kerja di perusahaan besar selama minimal setahun, trus ngapain gue harus pindah kerja ke perusahaan lain yang belom tentu nerima. Die yang bodo bikin syarat apa gue yang terlalu naif ya?

Yang pasti karena udah capek jalan-jalan (mau cari duit, malah ngabisin duit) gue pulang dan ngadu ama Fatimeh. Manja banget seh?

“Meh, maapin abang ya?” senduku, nestapaku.

Fatimeh beranjak dari peraduan, memandang jauh ke jendela yang terbuka lebar. Musim panas saatnya menampakan diri. Sebelum terbakar akan panasnya matahari.

“Gak dapet kerjaan lagi ya, Bang? Kok masih berani pulang?”

“Heeh?” desisku

“Becanda kok, Bang. Hehe... ya udah sono mandi dulu. Bau tuh. Aye udah nyiapin makanan di dapur. Sini mapnya biar aye simpenin.”

Tak bisa berkata, gue tubruk Fatimeh. Pelan-pelan.

“Ngapain sih, Bang? Sampe segitunye...udahlah gak dapet kerjaan hari ini gak papa. Sapa tau besok dapet kan. Yang penting abang udah usaha. Rejeki mah Allah yang ngatur.”

Gue masih sesegukan di pelukannya. Anget. Basah. Mungkin karena keringet gue.

“Maapin Abang yang ya?”

“Abang udah usaha keliling Mesir cari lowongan pekerjaan, malah ampe perbatasan Israel kalo aja gak ditembakin tentara perbatasan, Abang ke Suriah deh.”

“Tuh kan udah usaha, ya udah. Lagian beloknya kok jauh amat sampe kesono. Kenapa gak ke Eropa sekalian, Bang?”

Gue ngerasa berdosa banget karena gak bisa bahagiain Fatimeh. Tapi anehnya Fatimeh kok nampaknya selalu bahagia. Gak peduli senang, gak peduli susah hepi mulu. Wajahnya itu senyum aja. Ketabahannya yang bisa nerima gue apa adanya yang bikin gue makin takluk tuk mencintainya.

Gue ngelepasin pelukan dan memandangnya dalam dengan penuh perasaan.

“Kenapa mandangnya gitu sih, Bang, serem ah...”

“Meh,...” gue pegang tangannya.

“Abang lagi birahi neh....yuk....”

“Abang jorok ah, mana belom mandi lagi! Bauk! Sonoan!” Fatimeh beringsut pergi.

“Berarti kalo udah mandi Abang boleh birahi lagi ya?”

“Emang birahi apaan sih...Bang?” si Fatimeh ganti mandangin gue mau-malu.

“Birahi ama makanan! Lapeer...Hehe, cayang ketipu...”

“Ya elah, jahat! Cubit pake kunci inggris loh entar.”

Abis mandi gue langsung rundingan lagi ama istri. Apa yang kira-kira bisa dilakukan untuk ke depannya. Maksudnya apa gak ada cara lain selain nyari pekerjaan gini?

“Oh ya Bang, kenapa Abang gak bikin pekerjaan sendiri? Kata yang bini les Primagama, now saatnya kita bikin lapangan pekerjaan bukan nyari kerjaan. Kalo dulu kita nyari perusahaan, now kita bikin perusahaan.”

Fatimeh tiba-tiba punya otak tokcer. Abis minum Rinso x?

“Wah ide cemerlang tuh, Meh. But gimana ngelaksanainnya, bikin kerjaan aja susah palagi bikin perusahaan. Butuh modal berapa milyar?”

Fatimeh berdehem.

“Itulah gunanya istri cerdas, Bang. Bisa bantuin suami yang otaknya dangkal. Hehe. Jangan mikir gede dulu bang, mustahil. Kita pake cara hide and seek...”

Gue pikir Fatimeh emang lagi birahi, doi ngomongnya ngaco gitu.

“Gini Bang, maksudnya adalah kita lihat oppotunities (kesempatan) untuk menciptakan pekerjaan, tanpa perlu ngeluarin biaya sepeserpun.”

“Konkretnya deh, otak Abang makin ruwet neh...”

“Gimana kalo Abang jadi broker pesawat aja? Sekarang kan saatnya anak-anak pulang liburan. Tuh banyak kesempatan buat bantu dapetin tiket buat yang butuh. Aye denger ni, Bang, kalo untung pertiket bisa $50!”

“Hah! Bener aja loh meh? Ntar loe dapet kabar dari sotoy.com lagi!”

“Gaklah Bang, aye denger dari sumber yang bisa dipercaya boongnya.”

Gue garuk-garuk. Fatimeh udah kelewatan.

“Meh, beneran aja. Masak boong dipercaya?”

“Mesir Bang, Mesir...”

“Trus gimana caranya? Kan broker tiket udah banyak. Gak mungkin donk kita bersaing dengan mereka. Mereka kan udah punya nama, pengaruh, kekuasaan, massa...”

Fatimeh memandang gue sambil geleng-geleng.

“Itulah Bang kita butuh sistem Hide and Seek. Artinya bersembunyi sambil nyari kesempatan. Ketika kesempatan datang, kita serang. Jadi kita pake falsafah orang Cina. Untung dikit gakpapa yang penting banyak dapetnya. Kalo misalnya pertiket harganya LE 4.000, kita jualinnya ke pelanggan 4100 aja, untung 100 doang. Tapi kalo yang ke kita ada 20 orang aja, kita bisa dapet LE 2.000. lumayan kan?”

Gue mulai agak ngerti. Emang otak berpentium 3 rada susah berpikir jernih.

“Wah, bagus sekali tuh Meh, hmm.. and itu bisa bantuin temen2 yang gak punya cukup duit karena kita Cuma ngambil untung dikit dari mereka.”

“Tapi bang, pekerjaan ini punya resiko besar bagi kita...”

“Apaan? Semua kerjaan kan ada resikonya?”

“Kalo hide kita ketahuan, kita-lebih tepatnya abang-bisa digebuki rame-rame ama broker yang laen karena ngerusak harga.”

Gue bergidik. Digebuki teman-teman sendiri. Mana bisa begitu?

“Masak sih Meh, temen-temen sampe begitu?”

“Duit-bang, duit. Kalo udah masalah duit-udah kagak ada sodara temen lagi...”

“Innalilahi...”

Gue ngelus dada...

Komentar

Anonim mengatakan…
cerita kehidupan sehari2 tapi bagus banget

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA