Maryamah Kapau

Menjadi seorang gadis yang tidak lagi muda, membuat Maryamah Kapau gelisah. Gadis paruh baya berumur 30 tahun ini terlihat gundah. Kesendiriannya hingga hari ini membuatnya nestapa. Hampir saja ia gila. Untung saja tidak. Ia masih bisa menghibur diri dengan banyaknya pengunjung di warung makan nasi Kapau milik Engkongnya.

Namun tetep aja, kalo warung lagi sepi, ia kembali memikirkan nasibnya. Berupaya keras ia mencoba menahan rasa kesepiannya itu. Maryamah Kapau pun sering mencoba mengajak ayam goreng sambal atau telur dadarnya berbicara. Namun tentu saja mereka diam membisu.

“Imah, bengong mulu... kesambet jin ayam baru tau rasa!” Engkong Pi’in mengagetkannya, membuat Maryamah Kapau tersentak dan buru-buru menceburkan wajahnya ke mangkok penuh semur jengkol.

“Aduh, engkong! Ngagetin aja... rasanya kayak jengkol, Kong.” Sentak Imah alias Maryamah Kapau sambil buru-buru mengelap wajahnya yang berlumuran darah jengkol. Hehe, sadis amat.

“Ya terang aje, elu kan kecebur gulai jengkol. Elu sih latah banget dikagetin dikit nyebur!”

“Ya elah engkong, salahnya engkong ngagetin aye dari belakang. Coba Engkong ngagetin aye dari depan?”

Engkong Pi’in menghampiri Maryamah Kapau sambil tertawa terbahak-bahak. Mulutnya terbuka lebar menampakkan Giginya yang udah pada berguguran. Umurnya si engkong juga gak lagi muda. Terang aje namanya juga engkong-engkong. Sudah lama ia mengalami pahit getirnya jengkol tua, pasti kagak enak. Maka ia berusaha menolong Maryamah Kapau.

“Mah, elu tau kan. Umur elu tuh udah gak lagi muda. Kalo elu masih aja jagain ini warung. Elu bakal jadi perawan tua. Kagak ade enaknya. Udah sepet.” Enkong Pi’in mengambil kursi dan duduk di samping Maryamah Kapau.
“Elu udah bantuin warung ini sampe sebesar ini. Engkong sangat berutang budi sama elu. Gara-gara ini semua anak dan cucu engkong bisa pada sekolah. Coba kalo elu kagak ada pasti ga ada yang ngabisin semur jengkol itu kalo sisa. Hehe...”

Maryamah Kapau menatap erat-erat kakek tua yang udah mengurusnya selama ini. Setelah orang tuanya meninggal dunia, ia merasa sangat beruntung bisa diurus Engkong Pi’in sampe sebesar ini. Kalo aja kagak ada Engkong Pi’in pasti ia luntang luntung di Jakarta. Di kota besar itu ia tak punya siapa-siapa lagi. Keluarganya berada di Padang dan tak ada yang peduli lagi dengannya.

Sebagai rasa terima kasih atas bantuan engkong Pi’in selama ini, ia mengurusi warung makan Kapau milik Engkong Pi’in. Kebetulan anak-anak engkong Pi’ian kagak ada yang becus ngurus warung itu. Tiap diurus ama anak-anaknya selalu rugi. Tapi laen kalo diurus ama Maryamah Kapau, pelanggan jadi rame dateng. Pertama sebabnya karena Maryamah selaen cantik juga ramah. Jadi para pembeli seneng. Terus sebab yang laen, Maryamah selalu bisa ngurus baek-baek keuangan warung. Kagak ada yang bocor.

“Engkong, boleh tanya, kenapa sih Engkong dulu bikin warung nasi kapau? Bukannya Engkong itu orang Betawi. Harusnya jualan kerak telor.”
“Nah, itu tuh pikirin yang sempit mindstremnya. Sempit pandangannya. Orang Betawi dianggap Cuma bisa jualan kerak telor. Engkong benci banget kalo ada orang yang berpikiran kayak gitu. Makanya engkong nyoba usaha yang lain.”
Maryamah Kapau garuk-garuk kepala, walo di kepalanya Cuma ada 1.230 ribu ketombe.
“Tapi kagak musti jualan nasi Kapau kan, Kong?”

“Kan Kong? Emangnya Engkongmu sepupuan sama King Kong? Kenapa harus Nasi Kapau. Sebenernya kagak harus. Cuma sunnah. Hehe. Soalnya engkong punya cerita yang indah soal warung nasi Kapau.”
Mata Maryamah Kapau berbinar, ia suka keindahan. Maka ia ingin Engkong Pi’in bercerita tentang asal muasal sungai Gangga, hehe.

“Ceritain donk, Kong. Pengen denger nih...” pinta Maryamah Kapau.
Engkong terlihat gak seneng. Mukanya muram.
“Kok malah cemberut Kong,..”
“Elu sih bilang tadi Donk Kong, emang gue ini sepupunya Don King, si promotor rambut Jigrak entu!?”

“Hehe.. engkong ini bisa aja... ayo donk Kong, ceritain..”
“Yaelah elu nyebut gue Donk Kong lagi. Okeh i will try to kisahkan... tapi..”
Maryamah Kapau jadi tambah penasaran.

“Tapi apa lagi, Kong?”
“Tunggu episode Maryamah Kapau selanjutnya....” hehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA