Boulti


Hari ini ada temen yang mau datang. Biasanya kalo ada yang mo berkunjung ato silaturahmi kita buat janji dulu. Pertama biar gue bisa nyiapin sambutan. Kedua gue bakal gak pergi kemana-mana. Soal nyiapin sambutan, gue ama istri pasti nyiapin nasi buat makan. Kalo bisa lauknya yang agak lumayan soalnya buat tamu. Kalopun kantong lagi tipis, tetep diusahain apa aja yang penting tamu pulang dari rumah gue dalam keadaan kenyang.

Kata ortu gue dulu, saat masih bujang, kalo ada temen yang dateng maen ke rumah cukup dikasih senyuman ama minuman. Tapi kalo udah berkeluarga harus berbeda. Istilahnya dalam keluarga ortu pamali kalo gak ngasih makanan. Dulu mami suka cerita kalo tradisi ngenyangin perut tamu udah dari nenek buyut. Pernah bahkan, nenek buyut harus lari ke sawah dan ngambil padi karena beras di rumah abis. Semua itu hanya demi memuaskan tamu. Rahmat Allah kata nenek, akan masuk ke rumah ketika tamu datang.

Biasanya emang gak semua tamu mau dikasih makan. Kadang kita suka maksain. Abis tamu malah suka kasian karena dianggap akan beratin ke kita. Padahal kita malah akan sangat kecewa kalo ada tamu yang gak makan di rumah kita. Alhamdulillah walau di keluarga istri gue gak ada tradisi begituan, dia dukung banget. Juga untuk kesempatan kali ini.

“Meh, alhamdulillah ada temen Abang yang mo datang berkunjung. Fatimeh siapin masakan ya..” Gue ingetin Fatimeh dulu. Biar ntar sempat masak. Kayaknya tamu bakalan dateng agak sorean. Sekarang baru aja solat Dzuhur.

“Siape yang bakal dateng, Bang? Kayaknya emang udah lama kite gak disamper-samperin tamu. Jadi kerasa sepi.” Fatimeh ngelipet mukenanya. Biasanya abis solat jamaah di masjid samping rumah, gue langsung balik buat ngimamin solat ama Fatimeh.

“Itu tuh si Ahmad, dia sih mo ketemu Abang aja. Pinjem talqisan apa gimana gitu. Bimbingan juga kali.” Jawab Gue sambil nyodorin tangan buat dicium ama Fatimeh. Trus abis gitu gantian gue yang nyium keningnya.

“Oh, si Ahmad anak Jakarte. Nyang nelpon semalem ya, Bang? Ntar deh aye masakin yang enak.”

“Si Ahmad bilang selaen mau pinjem talqisan Abang, dia juga mo bicara pribadi sama Abang.”

“Soal Apaan, Bang. Kayaknya serius amat?” sarung gue ama mukena udah ditaruh Fatimeh di lemari. Die mulai bangkit dan beresin sajadah.

“Udah sini biar Abang aja yang ngelipet. Sono gih, elu ambil qur’an. Jadwal Fatimeh kan yang setoran ke Abang? Ahmad kan mo nikah jadi pengen tanya-tanya gitu.”

“Oh gitu. Aye ambil qur’an dulu ya...”

Lalu gue nyimak setoran qur’an dia. Surat Al Maidah. Suara Fatimeh tuh alus banget kayak bunyi knalpot nyang baru beli. Dulu gue pikir die Qori yang pernah menang MTQ se-Indonesia eh ternyata die pemenang diva dangdut sekecamatan (becanda doank!). Nyang asli emang dia pernah ikut-ikutan (bukan ikut beneran) lomba-lomba baca qur’an, walau katanya gak pernah sampe dikirim ke luar angkasa (terang aja!)

Abis ngaji, dia langsung pergi ke dapur, ada ikan mujair yang baru tadi pagi gue tangkep di selokan. Lol. Tapi dia gak berani ngupasin sisiknya, jijik katanya. Ya udah sebagai suami yang bertanggung jawab gue yang bersiin sekaligus motongin. Gak papalah istri belom berani, tapi anehnya kalo ama ayam dia berani motong sendiri. Sebaliknya gue malah takut. Itu kata orang pasangan yang saling melengkapi.

Saat adzan Ashar berkumandang, gue langsung pamit mau ke masjid. Alhamdulillah masakan tinggal kurang dikit lengkapnya.

“Abang pergi dulu ya... ntar sekalian Abang beliin Ashir mangga. Cayang maunya apa. Sama juga?”

“Iya aja deh. Ntar kalo Ahmad keburu dateng sebelum sampe rumah gimana?”

“Ya ntar disuruh tunggu aja di luar. Bilangin kalo Abang Cuma pergi sebentar ke masjid.”

“Oke deh, Bang. Ati-ati di jalan ya..” kayak mau pergi kemana aja. Tapi gitulah kata orang perhatian seorang istri yang sebenarnya.

Tobe continued

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA