ngaji


kemaren aku ngaji. ngaji sendiri sih biasa karena kita disini emang terpacu untuk mengaji. muqoror kita banyak, 6 juz kalo tak mengaji tiap hari mana bisa mengejar? biasanya aku mengaji sendiri, baca qur'an, pahami, hapalkan. kadang sulit, kadang mudah. kadang cepat kadang lambat. tergantung mood, rasa, perasaan, akal. namun dekat ujian, hapalan kutancap. dan kemaren itulah saatnya aku ngaji lagi.
maksudku ngaji dengan syaikh Mesir. dulu pas tingkat satu dan dua, aku juga ngaji. dengan seorang syaikh namanya Ahmad. orangnya suka senyum, ramah tapi galak kalo ngajar. tangan, kaki, paha, telingaku sudah habis dipukuli dia atau dijewer. gak terlalu sakit sih, cuma ya sakit juga. kadang kalo tak ada kayu rotan pun jadi. rupanya mungkin syeikh tau pepatah itu. tak ada kayu, rotanmu jadi tuk memukuli. aku pernah lho sampe hampir menangis. ceritanya kan kita selalu ada ujian setiap beberapa bulan sekali. gak tentu. kalo aku habis satu juz, kita berhenti menghapal, murojaah lalu imtihan. kalo saat menghapal salah sedikit tak apa, tapi kalo udah murojaah dan imtihan, jangan harap bisa selamat. telapak tangan ini siap-siap patah. haha. gak gitu sih. cuma ya, ciap2 aja.
cuma efeknya hapalanku dulu kuat bagai perangko yang dilem pake lem tikus. gak mudah goyah walau diterjang badai dan ombak yang menghantam. bahkan aku gak pernah kepikiran utk ngelupai karena ingatan akan kayu dan rotan. tapi bukan itu aja, syeikh juga ngajarin, kalo orang yang udah hapalan qur'an derajatnya akan diangkat oleh Allah, diberikan rizki min haisu la yahtasib dan dikeluarkan dari segala masalah. dan aku bisa ngerasin ketiganya.
lalu waktu berjalan. aku pindah rumah. jauh dari masjid dimana syaikh itu menjadi imamnya. aku mulai jarang sampai akhirnya benar2 berhenti karena syeikhnya juga pindah ke daerah lain. aku mulai ngaji dan menghapal sendiri. padahal salah satu manfaat dari disima' syeikh adalah selain hapalan jadi lebih kuat dan dobit, tapi juga tambah fasih makhorijul huruf dan tartilnya. kalo salah langsung dikoreksi. salah kata, salah kalimat salah mad, panjang pendek dll. aku ngerasa kebantu banget. lagian syeikh selalu ngasih nasehat, semangat dan taujiah padaku tentang hidup ini. tentang masalh pemuda sampai dicarikan jodoh segala. bener! aku dicarikan jodoh. begini ceritanya, pas baru tingkat satu setelah beberapa bulan kita saling mengaji beliau udah kenal aku, melihat aku bersedih (saat itu emang aku ada masalah jadi keliatan murung) dia bertanya, "fi eh ya Arif? Ais hagah?"
Aku tergagap, saat itu aku lagi lagi jarang disms keluarga dan calon keluargaku. "Ada masalah?" katanya lagi. aku gak mau cerita yang sebenarnya. cuma aku bilang, "Ta'ban ya syeikh..)
"leh? syabab mus ta'ban! hal enta aisyin tagawazz?"
nikah? taon pertama? gila apa? tapi aku iseng aja.
"Ma'a min syeikh ana mus indi habibah" habibah di Mesir maksudnya.
"Mafis muskilah, ada teman orang Rusia nawarin adek perempuannya pada syeikh untuk dicarikan jodoh. enta mau ya Arif?"
Sama orang Rusia? wah mirip mimpi aja nih. pasti cakep, tinggi dan putih. beberapa kali aku lihat orang rusia, wah kalah deh Tamara belean itu! tapi aku kan.
"mus mumkin syeikh. ana sogir, hiya kabir!"
syeikh ketawa sampai melihatkan giginya, dia jarang begitu. itulah yang aku salut. kalo ngajar dia galaknya bukan main, tapi kalo lagi ngobrol begini dia seperti kakak bagiku bahkan ayah.
"Haha, enta kabir. mafis muskilah. nanti juga terbiasa."
Aku melongo, nanti juga terbiasa. terbiasa apanya.
"Ana la qowiy ya syeikh."
bagiku orang rusia tuh tinggi2. kalo ntar dapet yang lebih besar dariku kan repot. walau asli, aku pengen banget dapat istri luar negeri gini. ntar anakku putih dan pasti cakep, trus bisa bahasa rusia! keren kan?
"Ya udah kalo kamu gak mau."
kata syeikh. aku ingin memotong. rasanya bagi kehilangan bola yang diserobot musuh dan digolkan ke gawang kita. tapi emang gak mungkin sekarang. ortuku juga pasti gak setuju. aku terdiam. syeik kembali memukulku untuk melanjutkan pelajaran.
bersambung-
larilah sebelum kebalap!

Komentar

Anonim mengatakan…
Yahhh..pdhal antum coba dulu ta'aruf sama akhwat Rusia itu :) Sapa tau jodoh. Jd kayak Fahri di Ayat2 Cinta deh..yg nikah sm Aisha..blasteran Palestine-Jerman :)

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA