MLM (married Love Money)

Sewaktu ade’ kelas gue yang baru nikah pas mau be¬rang¬¬kat ke Kairo memutus¬kan untuk bekerja dan berbis¬nis, gue jadi mikir. Seperti yang dulu pernah dibilang, gue tuh telmi, jadi loading¬nya rada lama. Nah setelah mikir lama itu, jadi dapat kongklusi alias hasil pemikiran gue.
Orang berpikir kan supaya dapat hasil, solusi dan peme¬cahan atas sebuah persoalan. Kalo kita mikir cuma untuk iseng, lebih baik jangan deh, ntar malah kepikiran macem-macem. Mikir sendiri terbagi menjadi dua, pertama; berpikir macem-macem. Semua hal dipikirin. Yang kedua, berpikir satu macem; ya cuma satu macem aja dia mikir.
Kadang kalo kita banyak berpikir macem-macem, suka¬nya juga bertindak macem-macem. Sebaliknya kalo kita fokus untuk mikirin satu macem aja, konsentrasi kita akan terpusat dan bekerja di satu titik itu. Selanjutnya apa yang kita kerjakan pas¬ti cuma tuk mewu¬jud¬¬kan apa yang udah kita pikirin itu.
Pastinya, kalo kita cuma ngerjain satu hal, pekerjaan itu bisa cepet kita selesain. Tapi kalo disambi/diselingi dengan hal-hal yang laen, tentu waktunya akan molor karena pikiran, tenaga dan daya yang kita punya akan ter¬bagi.
Misalnya, loe lagi baca muqoror, trus ada telpon yang berdering. Tentu musti loe angkat. Sapa tau itu temen loe yang lagi butuh sesuatu. Nah, saat loe memutuskan untuk bergerak ke arah telepon, menjawab salam temen loe, melayani percakapan dia, muqorormu akan terbengkalai. Apalagi kalo temen loe minta ban¬tuan loe untuk datang ke rumahnya untuk membe¬res¬kan suatu masalah.
Contoh lain kalo kamu lagi masak. Ada bawang merah yang mesti kamu iris, ada kentang yang belum dikupas, ada nasi yang hampir matang di periuk, sementara sambalmu sudah hampir gosong, apa yang kamu lakukan? Bingung? Itu pasti! Tapi apa yang selanjutnya setelah bingung? Ngerjain mana yang lebih dahulu? Angkat sambal, turunin nasi, mengiris bawang atau mengupas kentang? Ribet kan? Kalo aja kamu nyelesain satu pekerjaan terlebih dahulu, tentu gak bakal terjadi hal begitu.
Loe bisa aja ngelak bahwa Loe bisa nyelesain semua itu dengan baik. Bisa masak sambal, nasi, kupas kentang dan bawang sekaligus. Loe bisa aja bilang kalo loe udah terbiasa ngerjain semua itu hingga hasilnya gak bakalan ngecewain. Semua bisa tepat waktu dan sesuai dengan planning yang loe punya. Yang jadi pertanyaan gue sekarang adalah apa bener begitu?
Masuk ke masalah adek kelas gue tadi, terus terang gue takut sama dia sekaligus prihatin. Oke tentang bagaimana dia mau mandiri, berdiri sendiri untuk menghidupi keluarga barunya, gue acungi jempol. Bahwa dia udah gak mau lagi beratin ortu itu juga keren. Tapi bagaimana dengan kuliahnya?
Benerkah dia tetep bisa konsen ke kuliah? Benerkah dia tetep mau meluangkan waktunya untuk membaca muqoror, datang ka kampus, menghapal Al Qur’an? Gue tentu aja gak menafikkan bahwa sebagai konse¬kue¬nsi pekerjaannya, waktunya akan ter¬bagi. Gak bisa lagi serajin dulu, gak bisa tiap saat datang ke kampus dll. Cuma yang lebih gue tekankan adalah bener gak sih perhatian dan fokus pikirannya yang paling atas masih di bidang pendidikan?
Yang amat gue takutkan adalah konsen¬trasi dia di kuliah pecah dan ter¬belah. Selanjutnya seperti di awal pembicaraan kita, kalo kita berpikir tidak fokus, maka hasilnya akan tidak fokus juga. Bulu kuduk gue merinding mengingat dia masih di tingkat pertama yang orang Kairo bilang, sangat riskan dan berbahaya bagi kehi¬du¬pan dia selanjutnya. Sudah menjadi rahasia umum, kalo rosib di tingkat I dampak¬nya lebih dahsyat ketimbang rosib di ting¬kat selanjutnya. Meski ya sama-sama rosib.
Terus terang kalo gue mau buka kartu, dengan status gue yang lebih banyak meng¬anggur saja di rumah, gue udah kelim¬pungan untuk belajar. Apalagi setelah gue mencoba belajar dikit-dikit tentang organi¬sasi, tambah kacau pikiran ini. Baru kita mau fight dengan muqoror, tiba-tiba aja ada kerjaan di sekretariat. Mau gak mau, muqoror kita tinggal, karena untuk bawa ‘aja’ ke tempat kerja, kita bisa diketawain dan diejek, “sok pinter loe!”
Gue tentunya pengen dapat keduanya. Pengen lulus di kuliah, tapi organisasi pun sukses. Istilahnya, luar dalem kita dapet¬lah. Kan Allah pernah berfirman, yang inti¬nya kejer akhirat jangan lupakan dunia. Jadi kejer kedua-duanya. Tapi malah jang¬an jadi kejer-kejeran, ntar loe pasti cape. Cape gimana? Ya karena kudu ngejer kedua-duanya. Sapa tau yang satu larinya ke sana yang satu lagi ke sini.
Love is Money?
Hampir bener, cuma gak bener banget. Bisa dikatain hampir bener sebab emang gitu, liat aja. Kalo kita mau pacaran pasti pake pake uang. Buat smsan, nelpon (SSphone, MS phone), nraktir makan, dll. Mau serius ngelamar juga gitu, pake uang & mahar, perhiasan serta pernak-perniknya. Mau punya anak? Liat berapa yang kita butuhkan? Keluar uang buat persalinan, beli popok, susu, belum pangan sandang dan papan yang lain. Banyak deh!
Kalo kita mau ngitungnya dari mulai pacaran pertama kali (inget kadang pacaran tuh bisa sampai bertahun-tahun, walau kadang gak jadi juga nikah), sampai akhirnya kita nikah dan beranak pinak, mungkin bisa sampai berjuta dolar.
Dibilang love itu gak bener-bener uang juga bener. Karena aslinya mencintai itu cuma masalah perasaan. Bisa aja kan kalo loe pendam trus gak utarakan? Kalo aja loe bisa pendem sampe bener-bener bisa nahan sampe loe sanggup untuk menikahi¬nya, berarti loe udah memangkas beaya pacaran. Coba aja loe itung, kalo biaya pacaran sebulannya 50 LE (ini minimal loh) dikali setahun berapa? 600 LE!
Trus kalo loe bisa nyari calon yang gak melulu mikirnya duit dari dia sendiri sampe ortunya, loe bisa mangkas beaya kedua yaitu mahar yang mahal. Dan kalo loe dapat calon yang kaya raya, loe bisa motong beaya terakhir yaitu untuk menghidupinya selama loe masih kuliah. Bisa aja kan ortu dia yang kaya itu bantu loe. Apalagi kalo calon loe anak semata wayang mereka. Hehe... Ekonomian amat!
Malu kalo masih minta ortu? Ya elah yang begitu gak usah dipikirin! Ini kalo bener-bener loe menikah untuk melindungi diri dari fitnah lho. Liat motif pertama loe adalah cuma menikah bukan bekerja (ini yang sering orang lupa). Kalo emang konse¬kuensi dengan menikah loe harus bekerja, maka dipikirin jalan keluarnya yang ciamik aja. Siap-siap ya dg langkahnya....
Nikah tanpa bekerja?
Ah mana mungkin? Yup, mana mungkin? Menikah itu pertanda karena kita siap untuk bekerja dan memutuskan hubungan ngemis terhormat dengan ortu. Menikah itu pertanda kita udah dewasa dan siap hidup mandiri sendiri. Tul kan?
Tapi gimana kalo gue bilang, “mungkin lagi!” Nah, percaya gak? Eit jangan dipikirin kemustahilannya dulu. Kalo kita udah punya asumsi di kepala bahwa itu hal yang tdk mungkin terjadi, maka begitulah jadinya. Sebaliknya kalo kita berpikir tentang kemungkinan2, maka akan muncul jalan keluar. Gak percaya? Inget dulu pas loe belajar naek sepeda roda dua. Kalo loe mikirnya mustahil bisa jalan seimbang di atas roda dua biji doank, maka loe gak akan pernah bisa naek sepeda. Tapi kalo loe mikir tentang ‘mungkin’ bahkan ‘pasti bisa seimbang!’ loe pasti akan bisa naek sepeda.
Gini, coba misalnya bener kita nikah di Kairo. Loe pasti akan tidur berdua dengan pasa¬ng¬an loe. Yah, namanya juga suami istri kan? Tapi gimana kalo loe menikah tapi tetep tinggal terpisah? Trus gimana kalo... Oh, itu gampang, sewa aja motel atau griya2 yang ada di Kairo. Gila! Bener, tapi ini bisa mangkas biaya papan. Dengan begini juga pertemuan loe bakal jarang-jarang, jadi sekali ketemu tuh rindu dan kangen banget gitu looh!
Soal makan? Siapa sih pasangan loe? Eh, jangan nyari yang gak dapet minhah donk! Cari yang dapat minhah (kalo bisa dari Baitul Zakat) masalah pangan selesai. Lagian kalo yang dapet minhah pasti lumayan pinter (gak meng¬generalisasikan loh) dan itu berarti berguna buat per¬kembangan otak anak-cucu loe kelak. Mau kan dapat anak pinter? Hihi kayaknya gampang banget ya? Tapi kita emang bikin yang gampang-gampang aja, yang susah kan loe sendiri ntar yang bakal ngejalanin. Hehe, lagi jahat nih.
Lalu beli baju pake uang sapa? Yah, pake uang masing-masing donk! Kan kita masih minta sama ortu. Malu? Sekali lagi gak usah dipikirin deh. Lagian masak ortu kita gak peduli. Emang uang yang mereka cari buat sapa kalo bukan kita? Emang sih ada sodara-sodara yang laen. Tapi ada bagian untuk kita kan? Itulah sebabnya sebagai pemecahnya, loe mesti sehemat mungkin. Pake aja baju2 lama, kalopun bosen, tunggu aja warisan temen atau senior yang mau pulang. Agresif bo!
Kalo hamil dan punya anak?
Aduh, masalah emang gak pernah selesai-selesai ya? Baru aja diceritain loe nikah, eh sekarang istri loe udah hamil. Inilah kata orang, hidup itu untuk menyelesaikan masalah. Tapi firman Allah, “tidaklah Kuciptakan Jin dan manusia melainkan untuk beribadah.” Bisa jadi menyelesaikan masalah dengan baik dan sesuai Syariat adalah salah satu langkah beribadah.
Kita mulai dari kalo hamil dulu ya. Kalo hamil ya diurus. Lah tapi gimana kalo rumah aja kita gak punya. Wah itu lain soal, gue pikir leo cuma pengen nikah aja, gak yang lain. Jadi ijab qobul doank, sah, trus ya udah. Ngaco ya! Kalo lagi hamil makin disayang dan dicinta donk, karena itu akan turun ke anak kita. Kalo ngidam, dicariin dan dibeliin. Kalo istri mintanya macem-macem, dimarahin. Hihi. Ngaco lagi! Gak boleh marahin istri ya kalo gak kepaksa banget. Kalo emang kepepet marahin istri, bilang begini, “Please deh Istriku, gue marah nih.” Sambil tersenyum dan mencium. Ah, apaan tuh?
Kalo dia mulai mengandung, pasti perutnya membesar (iyalah!) baru carilah rumah, beli rumah yang besar bertingkat dan mewah. Eh duitnya dari mana? Gak taulah, kan loe yang mau beli, kok tanya gue?
Siapin juga ruang khusus buat anak loe ntar latihan renang dan maen sepak bola sama teman-temannya. Inget untuk menaruh anak perempuan kamu terpisah dengan anak laki-laki. Juga tempat maenannya. Hingga gak perlu mereka rebutan main boneka-benekaan. Kalo mereka udah besar dikit, jangan lupa untuk diawasi dan dinasehati. Kalo bisa loe bikin anak-anak nganggap loe sahabat yang baik sekaligus bapak yang bertanggung jawab. Hehe... Keren kan?
Terakhir, gue mau bilang, kalo anak loe lahir beneran, jangan lupa untuk meng¬gendongnya, memberinya nama yang baik dan me¬ng¬adakan acara aqiqo¬h¬an. Potong kambing, bikin sate and gule. Gue & temen2 diundang loh!
Trus loe jangan lupa bahwa loe tuh cuma mimpi. Jadi loe mesti bangun cepet trus solat subuh, tadarusan sebentar, sarapan dan siap2 ke kuliah. Cari tahdidan, bentar lagi ujian!!

larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA