KULIAH BEGIN


Tau gak, kemaren gue kaget banget ketika ada temen yang bilangin kalo salah satu madah kuliah gue ada bahsnya. Tau bash kan? Kalo tambah huruf a di tengah-tengah sih basah, tapi bukan itu yang dimaksud. Bahs itu seperti PR (pekerjaan Rumah) kalo pas kita di SD-SMU dulu lho! Atau kalo istilah di kuliahan Indo­nesianya paper. Tapi bukan yang buat masak lho! Itu mah cabe. Kalo bahasa NTBnya Lombok, yang mungkin sangking cintanya sama sayuran ini (entah sayur ntah buah?) malah dengan bangga dijadiin ibukotanya!
Kembali ke masalah bahs, tentunya selaku maha­siswa yang lumayan baek (cuma lumayan lho) gue kudu nyelesain tuh tugas ini dengan baik. Lagian gue pikir ini sebuah tan­tang­an gitcu looh! Gue kan suka banget sama tan­­tang­an. Gue juga suka nan­tang orang, walau sering kalahnya sih. Tapi gue tetep gak takut untuk meng­hadapi sebuah tantangan. Karena dengan tantangan itu bikin kita lebih baik dari sebelum ditantang. Baik hasilnya kalah apalagi kalo menang.
Misalnya, kalo kita ditantang berkelahi yang ada jangka waktunya. Pertama tentu kita ada persiapan. Bisa ikut training terlebih dahulu di per­gu­ru­an silat, kungfu, karate atau belajar sendiri di puncak bukit atau gunung. Kalo yang di pilem itu beneran dan bukan cuma trik kamera doank, mestinya cara yang terakhir ini bisa sukses. Kan banyak tuh jagoan yang baru belajar silat trus turun gunung tiba-tiba langsung aja jadi sakti mandraguna. Mandra emang berguna, liat aja di pilemnya Si Doel Anak Sekolahan. Kalo gak ada doi, bakal garing tuh pilem. Gue jamin deh!
Terus lagi, setelah ditantang tentunya kita bisa bener-bener ada persiapan yang matang. Malah sampe busuk juga boleh. Asal jangan sampe gosong, pahit tau! Lagian gosong itu item, gue gak suka ama yang namanya item kecuali item itu ada kepanjangannya lagi, yaitu manis. Nah yang begitu, gue baru suka:)
Kalo elo mau tanya kenapa gue gak suka hitam, gue jawab karena item tuh simbol kesedihan. Liat aja pas ada acara pemakaman, pada pake baju warna apa coba? Kuning? Salah, yang elo liat itu bukan yang sedang berduka cita, itu tukang gali kuburannya lagi pake kaos golkar. Elo ngaco aja! Nah, parahnya lagi pas warna item dipake sebagai simbol kejahatan. Makanya warna itu yang dipakai garong ama maling pas lagi beraksi. Mereka gak pernah pake warna laen. Putih, atau warna yang lebih norak kayak merah, orange atau kuning itu tuh.... (yang pikirannya kakus pasti ngerti!)
Tau, apa sejarahnya maling pake baju item? Kita kudu ngerti sejarah bangsa kita Men! Maling juga kan termasuk dari bangsa kita, maka mesti paling tidak kita ngerti gimana sejarah mereka kok bisa muncul di bumi kita tercinta yang lagi tercekik dengan mahalnya BBM itu. Supaya mereka merasa gak dianaktirikan gitcu. Anak mama boleh­lah. Sejarahnya gini, ya karena masy­arakat udah bikin klaim kalo yang namanya maling itu pake item-item. Jadi kagak lumrah kalo pake warna laen. Yah karena udah diwajibin gitu, maling gak bisa apa-apa lagi donk!
Ntar kalo dia mau beda dari aturan yang berlaku, bisa-bisa pas maling dia malah diketawain lagi. Misalnya tuh maling karena culun banget dan pengen tampil beda sama yang laennya bahkan dengan semangat membara teriak, “beda itu biasa bung!” beraksi dengan baju warna loreng merah campur Ijo. Eh pas masuk rumah, bukannya para penghuni takut, doi malah disangka mau kondangan trus termasuk penyanyi dangdutan. Kan gak lucu. Hayo ketawa!
Muter-muter deh. Kayak bis 132 itu lho! Wonk cuma mau ke Tahrir tapi belak-beloknya ke mana-mana. Supirnya kurang kerjaan sih! Tapi yang kurang kerjaan lagi penumpangnya, udah tau sopirnya kurang kerjaan masih aja diikutin, mau bayar segeneh lagi! Tapi kita masih bahas bahs (jadi susah ngomongnya) lho! Jadi gitu, karena dingetinnya mepet banget sama waktu pengumpulannya, gue tentu aja harus pontang-panting kesono-kemari buat cari rujukan. Bahkan sampe bela-belain beli kitab-kita turost yang gak mungkin gue baca semua. Muqoror aja bacanya kepaksa banget, apalagi yang beginian ini. Tapi gue gak patah semangat, dengan meman­faatkan tenaga seorang temen yang ahli dalam seluk beluk pasar Husein, gue jalan. Hasilnya, ya seratus pound lenyap dengan suksesnya dari kantong kesayangan.
Walau cape bin duit kekuras (padahal mau gue beliin pulsa buat bulan depan), gue tetep bangga, karena gue udah nyelesain kerjaan tahap pertama. Yaitu nyari rujukan yang diminta. Selanjutnya ya tinggal mengepaskan rujukan dengan yang diminta duktur. Cari yang dimaksud, lalu tinggal tulis deh. Tentunya setelah pusing buka-buka turost yang kadang ada sarang laba-laba dan dinosaurusnya. Hehe. Abis kitabnya udah lama banget... Nget!
Gue baru sadar, kalo gak dipaksa buat bahs macam gini, gue gak bakal tau yang namanya pasar buku Husein itu gimana, Maktabah Turost Islami itu yang mana, buku turost yang namanya ini dan itu gimana, bikin tulisannya bahasa arab yang bener itu gimana, dll. Termasuk gimana manpaatin tenaga temen tanpa dia ngerasa dimanpaatin (nakal nih) juga ngerasain makan usus ama jeroan kambing untuk dijadiin makanan siang karena abis cape ngubek-ubek pasar, dll deh.
Semua letih, keluh kesah ini pasti ada manfaatnya kelak. Banyak lo yang gak tau ternyata ada pasar buku di belakang Azhar (gue aja baru tau kemaren), banyak juga yang gak tau kalo kuliah tuh udah dimulai. Bener! Kuliah kita di Universitas Al Azhar Kairo itu udah mulai! Udah masuk, udah mulai ada pelajaran, duktur udah perkenalan, muqoror udah ada yang turun, jadwal udah ditempel rapi, minhah udah... (kalo yang ini elo pasti tau dan tepat waktu...huhhhh). Kuliah walhasil udah seperti biasanya. Yah, biasanya.. Dengan kita gak ada di sana!
Lah kitanya di mana? Ya ampun... Ternyata kita di sini, di gedung-gedung Solah Kamil, Wisma Nusantara, Darul Munasabat, Sekretariat ke­ke­­luargaan, afiliatif, almameter, klub, seji­bun lagi deh kalo disebutkan. Loh kita nga­pa­in aja di sini? Acara Tahrib Roma­dhon, lomba-lomba beratus-ratus pound hadiahnya, bedah buku ’ntah punya sapa’, seminar terbuka dan tertutup, debat (kusir, sopir, kenek, pilot), diskusi hangat, rapat pengurus, pertemuan, anjangsana, syukur­an, dll. Pokoknya tiada hari tanpa kumpul!
Masih lebih mending karena di pojok sana ada yang bikin pertemuan-pertemuan rahasia; pertemuan dua mata (yang satu lagi dipicingin), pertemuan indehoi, pertemuan uhui-uhui, pertemuan ‘ada gitu deh’, pertemuan ’shoping yuk!’ yang tentu aja gak resmi, gak ada iklan dan pengumumannya, gak ada rapat pengurus­nya (karena pengurus­nya cuma dua, jadi lebih baik langsung kerja di lapangan aja), juga gak ada SKnya (yang ada cuma surat antar mereka berdua), dll.
Pokoknya kita tuh masih gak jelas deh. Padahal kuliah udah jelas. Kalo yang satu udah jelas sementara yang laen gak jelas, hasilnya gimana coba? Hasilnya bisa jadi kesedihan taon kemaren bagi yang rosib dan nilainya jelek, bakal terulang lagi taon ini. Masak ngulang lagi sih? Cape tau, lagian ngabisin waktu. Katanya mau cepet nikah! Hari ini mustinya kan harus lebih baik daripada kemaren. Seperti kata pepatah itu lo, istri kedua harus lebih cakep daripada istri pertama, begitu selanjutnya:)
Udah ah cape, gak ada ide lagi nih!
Yuk, teruskan obrolannya. Gini, duh sampe mana tadi. Abisnya dipotong-potong ama jalan-jalan sih, jadi rada blom conect. Ah ya, tadi gue baru dari acara tarhib Romadhon yang dibuat oleh LKSM Ruhama yang kerjasama dengan alma­meter-almameter macam ISKAT, MAKKI dan Al Khoirot. Yang belom disebutin jangan marah ya, lupa sih. Lupa itu wajar lho, orang malah gak wajar kalo gak lupa. Nah di acara itu ada banyak hal yang menarik, salah satunya adalah dengan diulang-ulangnya lagu Snada yang berjudul Marhaban ya Romadhon kalo gak salah. Prideksi melulu nih, sori habis tadi gak bawa catatan sih pas ngeliput. Lagian tadi juga gak niat ngeliput kok. Cuma pengen lihat acara milik Ruhama, sapa tau ada acara biro jodohnya, hehe. Gue kan udah pengen...
“Marhaban ya sahro Romadhon, marhaban ya syahril qur’an.” Gitu yang gue apal, itu juga dua larik yang Presiden PPMI hapalin pas beliau lagi kasih pembukaan, berarti gue ama beliau gak kalah dalam soal hapalannya ya:) Bedanya cuma masalah takdir aja. Gue belum ditakdirin jadi presiden PPMI. Kapan-kapan kali... Jadi ceritanya si Ruhama dan teman-temannya ini lagi persiapan menyambut ramadhan. Sekali lagi kita selalu butuh yang namanya persiapan kalau sedang ditantang. Romadhan ini bulan tantangan lho! Kita tuh ditantang untuk membuktikan pada Allah bahwa kita tuh bener-bener ham­ba­Nya apa nggak. Jangan-jangan cuma ngaku doank lagi! Bahwa kita tuh sanggup tuk meningkatkan amal ibadah kita dengan lebih baik minimal untuk bulan ini. Bahwa kita akan siap untuk meninggalkan maksiat dan keburukan-keburukan karena Allah juga sudah janjikan akan menggembok kaki dan tangan para setan dan jin yang jahat.
So, beranikah kamu menjawab tantangan Allah ini. Berani donk! Inget ya sama ganjarannya, “man soma roma­dona imanan wahtisaaban ghufiro lahu ma taqoddama mindambihi.” Cihui banget kan? Apalagi kalau di­tam­bah sama solat malem­nya yang kom­plet dari malam pertama sampe malem terakhir, “man qoma romadona ima­n­an wah tisaaban ghufiro lahu ma taqoddama mindambihi.” Apalagi kalau plus dengan baca qur’an ampe khatam, bahkan kalo bisa berkali-kali khatamnya, “Iqraul qur’ana fainnahu ya’ti yaumal qiyamati syafian li ashabihi.” Ditambah dengan sedekah, berbuat baik, menjaga mulut dan kemaluan, dan diakhiri dengan zakat fitrah, lengkap deh tabungan amal kita. Suci kembali seperti bayi yang baru lahir, insya Allah. Amin.
Pastinya, walau ntar udah puasa kita kudu inget terus bahwa kuliah masih terus jalan. Jadi ya harus tetep masuk. Walau pasti rada cape, tapi ini lebih enak daripada nunggu adzan magrib di rumah tanpa ada kerjaan yang pasti. Tinggal dateng ke kuliah, dengerin duktur, tau-tau udah sore (ashar) deh. Kan itu bentar lagi magrib, tinggal naek bis yang lambat banget, sampe rumah (asal bukan di buuts) pas buka. Hore!!
Belajar adalah hal yang pen­ting untuk menjadi orang penting
Bener kok, kita gak boong. Lagian ngapain boong deket-deket bulan ramadhon gini, nambah dosa aja. Ntar Allah nggak suka, kita dimasukin neraka. Iyy,,,,
Belajar itu, kita ulangi lagi, sangat-sangat penting bagi kamu-kamu yang mau jadi orang penting. Keduanya itu bagai mata koin yang tidak bisa dipisahkan. Karena kalo dipisahkan, koin itu pasti gak bakal laku lagi. Juga penting seperti pinang dibelah dua. Akar ama buahnya. Kalo dua ini gak disam­bung lagi, bakal mati tuh poon. Juga begitu serasi bagai Romeo dan Juliet yang mati bareng di perahu Titanic yang tenggelam diserang ama bom nuklirnya IRAN. Biar deh gak nyambung sekalian. Biar puseeng!!
Belajar adalah sarana terbaik bagi kamu untuk maju. Kalau maju itu diharuskan untuk melangkah ke depan, maka belajar itu bagai kaki yang akan kamu gunakan untuk me­langkah. Atau mirip kursi roda bagi yang lumpuh, atau mirip kruk bagi yang cedera habis patah kakinya karena sepak bola.
Belajar adalah sarana yang tepat bagi kamu untuk pinter. Karena pinter adalah pangkal kaya. Ujungnya kaya duit. Ujungnya duit sorga, kalau digunain buat sebaek-baeknya but sedekah, zakat dan wakaf.
Belajar adalah sarana yang ngepas untuk kamu mengetahui alam dan dunia ini. Karena ilmu pengetahuan yang kita pelajari akan memberikan kita wahana dan pelajaran yang luas tentang apa itu dunia dan segala isinya.
Belajar adalah sarana yang tepat bagi kamu un­tuk menikah. He2. Dg sekolah dan titel ya­­ng tinggi, makin gampang cari pasangan. Tul?

larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA