TDL Naek, Listrik Tetep Aja Mati


Sejak tanggal 1 Juli 2010 lalu, TDL (Tarif Dasar Listrik) naek, aku pun seneng dengan pikiran, “wah kayaknya ga bakalan lagi mati lampu.” Namun sepertinya pikiranku salah karena belum ada seminggu dari tanggal kenaikan itu, listrik di daerahku sudah mati 2 hari. Tambah kesel karena 2 malem itu ada pertandingan bolanya.


Padahal kalau tidak salah, di koran dan Tv, kenaikan TDL dimaksudkan untuk menambah modal PLN memperbaiki, membiayai, dan memperbaharui alat-alatnya sehingga per 1 juli tidak ada lagi byar pet. Terus mana buktinya. Atau aku salah paham. Mungkin yang PLN maksudkan adalah ‘tanggal 1 juli’ bebas byar pet, tapi setelahnya belum tentu. Atau yang bebas mati Cuma Jakarta, sementara daerah laen belom, nunggu giliran dulu. Kalo gitu ya jangan dinaekin dulu. Nunggu giliran juga gitu.


Janjinya untuk tidak mati listrik lagi emang indah. Janjinya emang manis, semanis madu, tapi omdo! Dasar pejabat dan penguasa! Bisanya janji doank!


Eits atau karena memang itu tujuannya, mereka menjadi pejabat dan penguasa kan emang untuk berjanji, bukan untuk melaksanakan janjinya. Sama seperti pemilihan bupati Lampung Timur baru-baru ini. Janjinya semua kandidat kalau terpilih akan benerin jalan, benerin prasarana pendidikan, benerin pasar, menambah fasilitas-fasilitas umum, dll. Lah itu kan sebenernya kewajiban mereka sebagai kepala daerah setempat. Tidak perlu dijanjikan “kalau saya terpilih saya akan...bla-bla...” bahkan kalau mereka tidak melakukan semua itu, buat apa mereka menjadi bupati?


Kembali ke PLN, tadinya aku ada feeling baik buat PLN setelah dipegang oleh seorang pengusaha kaya raya Dahlan Iskan. Dengan pemikiran dia mimpin surat kabar dan media aja sukses walau harus merintis dari bawah, apalagi Cuma ngurus PLN yang udah ada dari jaman bahuela lengkap dengan anggaran dari pemerintah dan SDM yang mumpuni. Tapi setelah hari berlanjut, feeling yang ada berubah jadi buruk. Buktinya byar pet ga juga berhenti, malahan TDL naek.


Kalau pengkorupsian anggaran kayaknya Dahlan Iskan ga deh, kan emang udah kaya dari sononya. Tapi ga tahu kalo bawahannya dia, yang di daerah-daerah terutama. Bayangin aja, misalnya satu rumah kena bulanan 200 ribu (ini diglobalin aja karena ada yang buanyak ampe bayar jutaan sebulan) dikalikan 1000 rumah (ini juga misalnya, rumah kan ada ratusan ribu perdaerah) maka hasilnya PLN sebuah daerah akan menghasilkan uang Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah) beeeeh, banyak banget!


Tapi tetep aja, ngakunya tiap taon PLN rugi, aneh... kemana aja uangnya Bang? Kalo dialesin karena banyak perbaikan pada alat yang udah lama, ya beli aja yang baru dan jangan bikinan Cina, udah tau gampang rusak juga yang di Lampung beli Made In China, rusak deh baru ga ada setaon.


Kalo alesannya karena make bahan bakarnya solar yang notabene mahal, ya cari kek bahan bakar yang laen. Kan ada batu bara, gas. Di Lampung itu, kalo liat kereta api yang panjang sampe 100 gerbong isinya kan batubara semua. Anehnya ga bisa dimanfaatin. Malah dijual ke Jepang buat nerangin rumahnya Doraemon. Sebel deh, itu namanya semut di seberang lautan nampak, gajah di lubang idung ga keliatan.


Please deh, jangan salah urus Pak Dahlan Iskan, di Mesir aja selama 6 taon aku kuliah disana. Ga pernah itu yang namanya mati lampu, kalopun ada sebentar banget (ga sampe sejam) dan jumlahnya dalam setaon bisa diitung ga sampe 5 jari. Padahal disana Cuma pake PLTA di Aswan, sumber Sungai Nil ama PLTG (gas bumi Mesir emang cukup). Lah diindonesia yang sungainya banyak, danau uakeh, gas melimpah, dll...kok mati terus..capeeek deh!


Jangan deh kita melulu yang disuruh, diperintah-perintah untuk hemat litrik... sononya tuh dibenerin kerjanya biar masyarakat Indonesia ini sejahtera, makmur dan bahagia!

Komentar

Anonim mengatakan…
http://yosnex.blogsome.com/2008/06/18/membuat-stiker-7/

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA