Don't Hurt Me, Ammu

Mungkin banyak yang menyesalkan keadaan Kairo belakangan ini. Dimulai dari ketidakamanan lingkungan menyebarkan ketidaknyamanan dan ketidaktentraman penghuninya. Banyak kemudian yang bertanya-tanya apakah yang menyebabkannya semua itu.

Ketika kita denger ada temen yang ditodong malem-malem, dicopet Hpnya di bis, ditusuk di jalan tanpa ada alasan yang jelas, sampe Presiden PPMI yang dipukuli massa yang kalap, tentunya kita merasa miris. Sebenernya apa sih yang terjadi? Kenapa orang-orang Kairo jadi ganas gitu ama kita? Why? Leh?

Apakah mereka melakukan semua ini karena sesuatu yang datengnya dari kita sendiri? Salahkah kita, berdosakah kita, ayo donk kasih kita alasannya!

Temen-temen bahkan udah ada yang berspekulasi tentang apa yang kira-kira menjadi alasan mereka menginjak-injak harkat martabat kita.

Walo tidak musti apa yang dipikirin orang adalah bener, namun paling tidak bisa ngasih masukan bagi kita dalam menghadapi masalah ini.

Coba kita liat apa aja yang sebagian dari kita pikirkan sebagai penyebab terjadinya ketidaknyamanan ini:

1. Krisis ekonomi di negara ini semakin parah.

Dari mulai naeknya harga-harga barang kebutuhan sehari-hari, elektronik, tempat tinggal dll. Yang diperparah dengan sulitnya mencari pekerjaan dan minimnya penghasilan. Dan emang masuk akal juga pengangguran makin rame di Mesir terutama Kairo karena ibu kota negara. Dimana urbanisasi dari desa ke kota tak henti-hentinya sementara pekerjaan semakin sulit diraih. Kalo kita peka lingkungan, mungkin bisa liat betapa disekeliling banyak orang di bawah kita.

Þ Semakin banyak pengemis; biasanya pengemis kita tahu orang-perorang dan ga ganti-ganti. Itu-itu aja. Sementara hari-hari ini makin rame aja. Di jalan-jalan, di bis, di tempat-tempat umum.

Þ Semakin banyak ammu-ammu yang nongkrong dipinggir-pinggir jalan (ex. pasar Hay Ashir dan Hay Samin) bawa perkakas kerja. Itu kan cari kerja juga.

Þ Semakin banyak yang jualan ga jelas di pinggir jalan dan di bis. Dari peniti, kibdah, kaos kaki, lemon, celana2, sayuran dan buah-buahan dll. Yang hari ini ada, eh lusa bisa jadi udah ga ada.

Nah dari semua itu ketauan kan ungkapan yang cocok... Kefakiran itu mendekatkan ke kufuran.

Orang tuh kalo udah laper pasti halalin segala cara buat perutnya. Ga peduli ama agama, ama tetangga, ama sodara. Tapi walo ga peduli kayak gitu, ternyata orang Mesir masih fanatik ama bangsanya sendiri. Jadi kalo die butuh ngerampok sesuatu mendingan ngerampok anak bangsa laen-kita!

2. Kita semakin kreatif, mandiri dan kaya.

Bahkan (mungkin bisa dianggap) semakin menyingkirkan mereka. Liat aja kita mempunyai semua yang kita butuhkan untuk diri kita. Kita punya rumah makan sendiri, penyewaan mobil sendiri, akoun telepon sendiri, baju, jaket ampe kolor sendiri, loundry sendiri, penyuplai kebutuhan sehari-hari sendiri: beras, sayuran, tempe-tahu, dll. Kalau ada diantara kita yang butuh semua itu tidak perlu ke orang-orang Mesir. Cukup hanya nelpon teman kita! Istilah kasarnya no mesriyin no cry.

Kita bagai negara dalam negara bukan? Tentu aja dengan begitu jatah rejeki mereka agak kepotong. Emang sih bukan kepotong semuanya, namun agak terhambat itu yang pasti.

3. Banyaknya anak-anak muda yang teracuni dengan narkotika dan game-game perang.

Banyak sekali anak-anak muda sekitar kita yang pake banggo (ganja), sabu-sabu dll, cuma kita ya aja yang belom tau & blom ngeh.

Beberapa x gue nyaksiin transaksi barang haram itu di sekitar Gami dan Musalas. Itu aja yang gue pernah liat secara langsung gak pake kacamata.

Biasanya mereka nongkrong-nongkrong atau pake mobil pake kode-kode trus jual beli, atau langsung datang orang perorang. Temen-temen laen juga mengakui hal yang sama pernah liat gituan.

Bahkan kalo elu bener-bener pengen tau, gampang banget nyari begituan. Tanya aja ke kios-kios kecil di Musalas dan Gami yang biasanya jualan panganan dan rokok di pinggir jalan. Asal jangan ketara kalo elu cuma ngetes-ngetes aja.

Tempat yang laen coba tanya aja ke cafe-cafe (magha) yang ada di sekitar. Kalo tampang elu emang agak penjahat (hehe) pasti elu dikasih. Trus yang jarang kebayang ternyata kalo kita ke pasar Khan Khalili deket mesjid Husein nyari gituan juga gampang banget. Asal kite senyam-senyum pasti ditawarin.. hajar jahannam..he, bukanlah.

Coba nanya sambil liatin tampang elu serius sambil pura-pura agak pilek sambil liat kanan kiri “fi banggo ya am?” sama penjual yang keliatan masih muda atau setengah baya, maka elu pasti shock kalo dia nyante aja nawarin banggo Mesir atau Sudan. Hanya 10 Pound pergram! ckck..

Ini kejadian nyata lho dan gue udah survei dan langsung ke lapangan eh ke pasarnya.

Emang sih bisa kebayang disini gak gampang nyari barang mabok. Bir ama minuman keras kan gak dijual bebas. Bahkan di kafe-kafe juga ga ada, kecuali di hotel-hotel dan kafe yang ada tongkrongan bulenya.

Kalopun ada yang dapetin bir gak mungkin minum gitu aja di pinggir jalan. Preman sini masih punya malu dan sopan santun, kalo mabuk ga mau keliatan. Makanya sabu-sabu dan banggo yang ga keliatan wujudnya dengan malah kesebar dengan mudah.

Setau gue juga dari desas desus yang beredar sebenernya bukan Cuma Mesir aja yang keserang sama barang haram. Negara-negara teluk, Afrika, Arab yang laen juga begini. Cuma emang karena kita ga di sono, jadi ga seberapa tau.

Nah yang kedua: kalo yang udah kerajinan ama game-game perang juga bahaya. Ada salah satu penyelidikan di luar negeri (mesir juga luar negeri sih-cari aja di google) menyebutkan bahwa anak-anak yang sering game perang atau game kekerasan akan menimbulkan dampak pada kehidupannya. Jadi lebih attraktif, ganas, ga mau ngalah, dan keras. Nah itu kan padu banget ama watak Mesir yang emang dari sononya keras.

Coba ente kalo mo liat orang Mesir maen bola apa mau ngalah? Udah ribut mulu bawaannya. Apalagi kalo elu tau ada ada game sadis macam GTA yang isinya jagoannya tuh mukulin orang (kadang pake balok), ngerampas mobil-motor orang, nembakin orang di jalan. Semakin dia jahat semakin gede nilainya.

Gimana ga kacau tuh pikiran orang yang maen tiap hari? Dan liat aja anak anak ama bujang-bujang sini kan tiap hari maen game mulu di warnet... cucok kan alasannya?

But eniwei sekali lagi kita ga ngarusin semua alasan yang dikemukakin di atas bener. Sebab ada juga yang ngajuin alasan-alasan laen kenapa kita ko sering jadi sasaran kejahatan sampe tadi ketemu temen yang mau pindah ke Buuts hanya gara-gara takut ama keamanan yang makin ga pasti.

Ada yang alasannya karena kita banyak yang jadi ngaya karena udah kebanyakan duit, jadi orang Mesir pada iri. Liat aja kita bawa mobil, HP keren, baju necis, belanja seringnya di Mall. Banyak yang dulu pernah bantuin kita pas lagi krisis ekonomi jadi bingung, kok kita jadi beda.

Udah gitu, meskipun banyak dari kita yang mampu tetap aja kita masih berduyun-duyun cari minhah dan musaadah. Padahal tau sendiri kan katanya gaji polisi sini lebih sedikit daripada minhah Azhar?

Kita juga makin menjauh dari orang Mesir. Banyak kan dari kita yang ogah berkenalan dengan orang sini. Kita ga akrab, jadi hubungan kita terasa senggang dan keliatan banget gap-nya. Bahkan ama tetangga depan rumah aja kita ga kenal. Mungkin gak seperti Fahri di novel Ayat-ayat Cinta yang akrab dengan tetangganya, sampe Maria anak tetangga cinta padanya.

Maka jangan heran kalo anda kerampokan, tetangga anda cuek bebei. Kalo anda kecopetan di bis ga ada yang mau bantu nangkep pencopetnya. Kalo anda urusan sama polisi malah kerasa semakin dipersulit. Banyak tetangga kita yang pengen ngusir kita dari rumah dg alasan hamam kita bocorlah. Tuan rumah yang tiap taon naekin harga dll. Padahal anda tau kan kalo orang Mesir udah dekat sama kita-kayak sodara kandung aja.

Ada juga yang alesannya simple dan ini salah satu dari alasan yang menurut gue masuk akal. Keadaan emang lagi berubah. Kalo orang dulu kaya mungkin besok miskin. Juga lingkungan kita aman besok besok bisa aja mencekam. Ini cuma siklus waktu dimana ntar ada masanya akan hilang begitu aja.

Kita pernah ngerasain krisis moneter parah sampe orang dulu harus jual perhiasan untuk makan di sini, masjid-masjid ngumpulin sumbangan untuk masisir, mufti Mesir sampe menangis, bahkan banyak yang terpaksa pulang ke Indo karena ga ada biaya. Sekarang jumlah mahasiswa udah ribuan. Tersebar dimana-mana. Kita ini lagi makmur, maka jangan eling untuk memberi sebagaian dari rejeki yang ada. Jangan eling bahwa kita hidup bukan di tanah kita.

Anda mungkin bisa marah karena ngerasa orang Mesir banyak mengganggu anda. Tapi tentunya anda jarang mikir bahwa anda juga banyak ganggu mereka. Ngambil jatah duduk mereka di bis, maen bola di suq sayaroh, jarang yang lagi beli tomiyah dll. Liat seberapa besar pengaruh anda bagi kehidupan mereka sebelum melihat seberapa besar pengaruh mereka di kehidupan anda.

Yang terpenting adalah kita selalu waspada, siaga, dan siap menghadapi segala sesuatunya. Kalo emang jalanan sepi ya jangan lewat situ. Cari jalan yang aman. Di mana-mana juga gitu. Dikendaraan kek ato di gang. Kita semua udah gede, udah ngerti gimana harus bersikap dan bertindak. Kalopun sebagian orang mau sukarelawan ngeronda ya monggo, thats is great, cuma jangan sampe anarkis. Ga ada yang suka anak dari bangsanya dipukulin orang dari bangsa laen.

Sama seperti kita ga mau teman dan sahabat kita dipukuli, begitu juga mereka. Jadi kita harus bersikap dengan arif dan bijaksana... Bahkan kalo mo dibandingan dg keadaan di Indo tentu keadaan Kairo saat ini jauh lebih aman dari kejahatan. Tul kan?

Yang, I Lop U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA