Serial Anak Tampang Bego3

Malem jum’at abis isya
Anak-anak Taman Langit ngumpul bareng di depan komputer kamar belakang. Ada pilem Korea baru. Jumlahnya ditanggung bikin kenyang mata. Berjilid-jilid, mirip buku Fiqih Islami karangan ulama terkemuka.
“Udah pada ngantuk?” Ados mengusap-usap matanya sambil melihat teman-teman sekelilingnya yang kayaknya masih pada semangat 45. Padahal mata Ados udah berat banget. Bayangin aja udah nonton 24 jam nonstop cuma dipotong sholat dan makan doank. Badannya udah sakit semua, apalagi pinggangnya kayaknya udah mau patah. Emang, sialnya dia dari semalem, gak dapet posisi menonton yang baik dan tepat seperti yang telah digariskan oleh GMYP (Gambaran Menonton Yang Pas). Tertatih-tatih, dia bangkit menuju kamarnya.
“Aku udahan ah… mau bobo dulu. Besok terusin lagi.”
“Bobo? Sok imut loe Dos!”, kata Amin sambil terus natap layar tanpa berkedip. Di dalem layar ada adegan So Wu Jin lagi kejar-kejaran dengan Song Go Ku.
“Bentaran dulu, Dos. Kenapa sih cepet-cepet? Masih sore juga. Lagian pilemnya belom abis, tanggung.” Amin tetep melingker di selimutnya. Enggan beranjak, pilemnya emang lagi pas seru-serunya, buktinya banyak banget pemain yang teriak-teriak. Rame banget, kayak pasar Atabah lagi ada gusuran buat dibangun piramid baru. Jadi rugi setengah mati kalo ditinggal begitu aja. Ntar malah penasaran, tidurnya jadi tidak nyaman. Kalo mati, bakal jadi hantu penasaran deh! Hiyy...
“Ana juga udahan deh. Takutnya ntar gak bisa bangun buat solat malem.” Rojulun Masya Allah juga angkat kaki. Kayaknya tuh anak udah kesemutan. Pasti, karena tadi sore saat anak itu tidur-tiduran, kakinya ditaburi gula putih. Biasa, anak-anak pada iseng. Para semut pasti udah pada sukses ngerubitin kakinya. Jalannya jadi agak-agak miring. Bukan karena kalau pake peci selalu miring, tapi emang otaknya juga rada miring. Untung miringnya ke kanan. Padahal di Mesir lebih banyak yang miringnya ke kiri. Rojulun Masya Allah emang bisa aja bikin beda.
Amin masih di posisinya yang paling depan. Mukanya hampir nempel dengan layar komputer. Matanya yang mins memang paling mampu menghadapi cahaya komputer yang kadang bikin kepala puyeng. Padahal si Amin udah dibilangin jangan deket-deket nontonnya. Selain bikin matanya tambah mins, juga nutupin pandangan anak-anak yang di belakangnya.
“Min, mbok ya rada mundur sitik. Aku ra’ ketok nih.” Parto berusaha menggeser badan Amin sebegitu rupa sehingga badan Amin terpelanting ke belakang. Amin tentu saja marah-marah, tapi dia gak bisa apa-apa sama si Parto. Parto emang yang paling kuat serumah itu. Walau kalau dilihat dari tampangnya, Parto malah tampang feminin, doi juga yang paling jago masak. Tapi jangan salah sangka kalau doi jago kelahi. Dulunya emang doi pernah belajar bela diri dari bapaknya secara langsung. Bapaknya adalah seorang ahli beladiri yang tersohor di tanah Jawa. Konon, masih seperguruan dengan Wiro Sableng yang berguru dengan Sinto Gendeng.
“Busyet lo, To. Kalau minggirin orang jangan sembarang gitu donk! Sakit nih!” Teriak Amin dari jauh. Kalau dari deket, takutlah dia. Mending kabur ke kamar, tidur. Walau gak jadi nonton pilemnya, tapi itu lebih aman dan nyaman daripada harus ngadepin Parto.
“Koe sih sukanya metengi wonk!” jawab Parto.
Anak Tampang Bego yang ternyata belum tidur angkat bicara. Padahal ini anak paling cepet tidurnya. Tapi jangan ditanya kalau soal nonton pilem, dia paling kuat begadang. Mottonya, “begadang jangan begadang kalo gak ada pilemnya...”
“Parto, elo dihamilin sama Amin? Masak iya sih? Amin ama elo kan sama-sama laki?!”, tanya Si Bego agak-agak kurang yakin sama pendengarannya. Meski tidak begitu mengerti bahasa Jawa, Bego pernah menyicip bangku sekolah di Jawa. Doi mondok di sekitar 3 pondok salaf dimana dari ketiganya dia gak pernah lulus. Soalnya nilainya selalu di bawah standar. Untung aja di pondoknya dulu gak ada istilah DO (Drop Out) jadi dia cuma diusir aja dengan tidak hormat dengan alasan, “Pak, anak bapak terlalu pinter untuk disekolahkan di sini.”
Parto marah dan mendelik mendenger ocehan Si Bego yang sok tahu, bahaya! Kalau dia sudah begitu, pasti alisnya akan terangkat ke atas. Bibirnya akan menyongsong maju ke depan. Urat-uratnya akan menjurat keluar semua. Dan itu berarti girat dan garis kecantikannya akan tampak semakin jelas!
“Oh ya, elo kadang-kadang bisa jadi cewek juga ya. Sori gue lupa..”, sambung Bego ngerasa gak bersalah. Tambah parah, pukulan Parto pun mendarat tepat di jidatnya.
Bletak!!
“Ouch, kok elo jitak gue sih! Elo kan cewek sekarang, harusnya cubit aku donk!”
Maka suara bletak-bletak-bletuk semakin banyak terdengar di sana. Juga sesekali ketawa nyaring yang agak garing. Parto pake senjata andalannya, ngelitiki!
Adon yang dari tadi berusaha untuk tidak masuk dalam pertempuran sengit itu merasa gak tahan lagi. Menontonnya jadi tidak konsen lagi. Suara dari komputer itu udah gak terdengar jelas lagi, bercampur dengan suara rintihan Si Bego yang minta ampun berkali-kali. Sementara Parto makin nafsu untuk mengelitiki.
“Sodare-sodare!! Bisa diem kagak sih? Kita ini nonton pilem Korea apa pilemnya Mandra lawan Wiro Sableng!?”
“Kalo mau maen pilem sendiri keluar sono! Jangan di sini!!” Teriak Adon keras.
Akhirnya Parto menghentikan aksi agresinya. Si Bego udah mau nangis aja. Cape banget dia berkelat-kelit menghindar dari serangan Parto nan ganas.
“Iya nih Parto, kalau mau nonton pilem Wiro Sableng di luar sana. Gangguin kita aja ya, Don?” Anak Tampang Bego tersenyum, seneng banget ada yang bantu dia keluar dari serangan ganas Parto. Bikin Parto marah emang kualat. Pinggangnya habis dikelitiki. Keringetnya pada keluar sebiji-biji kurma mentah. Bajunya basah semua. Cape banget.
“Elo juga tuh yang bikin ribut duluan!” Adon memarahi Si Bego. Emang Bego yang bikin ribut duluan. Malah nyalah-nyalahin Parto. Seisi rumah emang udah pada gila semua. Kayak anak kecil aja. Begini ini kalo si Ucok, kepala rumah tangga mereka gak ada di rumah. Ucok sendiri emang lagi liburan ke Indonesia untuk beberapa bulan. Liburan panjang tahun ini gak mau begitu aja dihabisin di Kairo. Liburan di Kairo cuma ngabisin duit plus bikin bete setengah mati. Soalnya gak ada kerjaan apa-apa yang lumayan manfaat. Tiap hari cuma pada nongkrong di rumah aja. Sesekali kelayapan entah kemana. Maka untung banget bagi rumah yang ada komputernya apalagi bisa DSL. Download pilem bisa jadi rencana utamanya. Walau kalau gak gitu masih ada cara lain. Karena orang Kairo tuh pada baek-baek. Tiap ada pilem baru gak pernah lupa sama sodaranya yang lain. Jadi seMesir bisa tau dan bisa nonton kalau ada pilem baru.
“Udah ah, gue mau tidur aja. Nonton bareng kalian malah bikin sakit hati!” teriak Adon lagi. Layaknya dia marah besar. Sebesar jerawatnya yang nangkring dengan indah di jidatnya. Adon langsung pergi begitu aja ke kamarnya yang ada di depan. Adon sekamar sama Amin.
Parto juga angkat kaki, doi tentu aja ogah dijadikan sebab segala petaka itu. Menonton pilem Korea malem itu jadi gagal total gara-gara si Bego.
“Kowe sih penyebab segala kekacauan ini. Kowe musti tanggung jawab!”
“Kok Gue sih yang disalahin? Kan elo yang gak tau diri pake gaya Wiro Sableng!”
“Eh, kowe nantang meneh tho! Wani karo aku?”
“Kue segeneh? Sapa takut? Ayo ke siniin! Biar gue makan sampe abis!”, kata Si Bego tak mau kalah.
Maka suara-suara Bletak-bletuk kembali terdengar seantero penjuru rumah.
Sementara di pojok sana, di samping tubuh Ados yang tertidur pulas, Rojulun Masya Allah ruku dan dan sujud dengan khusu’ dan nikmat. Akhir cerita yang-aduh gimana ya?
larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA