Tukang Becak aja Berkurban

Orang-orang berkerumunan di depan masjid, nungguin pembagian daging kurban. Sebenernya pembagian jam 2 siang nanti. Tapi dari subuh orang-orang udah pada berdatangan. Semua takut tidak kebagian padahal kupon sudah ditangan.
“Oh, maaf pak...maaf..saya tidak sengaja..seseorang telah mendorong saya...” seorang bapak tengah baya meminta maaf dengan seseorang tengah baya pula di depannya. Antrian panjang, menggila, dorongan dari belakang membuat orang kehilangan keseimbangan dan menghantam apa saja di depannya.

“Ndakpapa kok mas, saya juga terpaksa mendorong orang di depan saya.”
“Semuanya numpuk disini. Jadi salah injak salah sikut sedikit ndakpapa..” kata bapak depan tadi..
“Lebih tepatnya resiko ya pak, orang kecil kayak kita ni ya musti ngantri untuk dapetin hal apapun; beras murah, bensin, zakat fitrah sampe qurban... “ kata si bapak belakang sambil berusaha megangin bahu bapak depannya..
“Gapapa kan pak?”

“Oh silakan mas, kebetulan bahu saya kuat. Maklum saya kan kuli bangunan..”
“Wah kalo saya, kaki ini yang kuat. Perkenalkan saya tukang becak.”
Setelah keduanya bersalaman dan berkenalan di tengah-tengah hiruk pikuk ribuan manusia yang memadati halaman masjid itu, keduanya berbicara masalah yang seru.
“Pak kuli, sebenarnya kalo dipikir-pikir saya bosen juga loh jadi si penerima kurban..”
“Maksud mas?”

Pak petani menggeser kakinya untuk pijakan baru dan berkata.
“Yah, sekali-kali saya pengen yang mengurbankan...ngasih ke orang-orang...”
“Ladalah mas, sampean kan Cuma tukang becak. Ya ndak ada kewajibannya tho?”
“Memang sih mas, saya ga kewajiban berkurban, Cuma kalo saya pikir senang sekali rasanya jadi tangan di atas. Lha wong jadi tangan di bawah aja seneng banget.”
“Rasanya pasti indah banget kalo pas kita ngasih, trus diterimakasiin trus didoakan...walah...lha kita ini Cuma bisanya doain orang lain trus...kan rugi dikita..”

Pak kuli garuk-garuk dahinya pake kupon. Ngerasa aneh banget ama pemikiran pak tukang becak.
“Bukannya kalo kita ngasihm berarti kita yang rugi. Enakan begini, tanpa modal kita udah dapetin daging kurban gratis.”
“Lha sampean ni gimana. Kurban kan dapet balasan berkali lipat dari apa yang diberikan. Misalnya ngasih kambing katanya ntar digantiin sapi. Gitu...”
“Yang jelas tu ya, mas becak. Ketika kita ngeluarin duit berarti kita ngerugi. Kalo dapetin duit baru untung.”

“Itu kalo itung-itungannya matika pak, lha saya ini ga ngerti matika. Yang saya tau Cuma iman kalo kita ngasih ke orang lillahi taala akan digantikan berkali lipat.”

Keduanya udah deketin bibir gerbang masjid. Beberapa satpam dan polisi nampak berjaga-jaga jagain jatah kurbannya.
“Trus gimana kita mo ngasih ke orang kalo penghasilan kita aja kurang, buat makan sehari-hari aja untung.”
“Sebenernya gampang lo pak, misalnya ya kita kan punya pendapatan harian. Ga kayak PNS. Sehari 15 ribu aja. Nah kita tabungin yang Rp.2000. kalo dikaliian 365 hari alias setaun udah Rp. 730.000, wah udah cukup tuh untuk beli kambing satu...belum kalo kita mo nambahin seribu dua ribu lagi perharinya...”

“Hmmm...bener juga ya pak. Tapi kan kita kepentok ama keperluan mendadak tiap harinya. Ga bisa dipredeksi...”
“Wah kalo itu sama pak, kita juga ga bisa predeksi sapa tau uang kita cukup trus. Katanya kalo kita optimis pasti selalu ada jalan...dan inget lo pak kalo setaon ini berhasil...taon depan kita lebaran hajinya di rumah aja...nyembelih sendiri trus dikasiin ama orang lain...betapa bangganya....”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA