The Last Breath

[i]Bila degup jantungku telah berhenti
dan Nafasku tehenti

Apa yang kukan lakukan untuk pertanggungjawabkan segala perbuatanku
pada Allah yang telah menciptakanku

Dan bagaimana nasib orang-orang yang menjadi tanggungjawabku sepeninggalku?[/i]

Berulangkali gue tolehkan kepala ini ke pengisi 2 belah hati: istri gue Fatimeh dan anak gue Ghaza...dan gue ga tau kenapa air mata ini terus mengalir...

hingga jauh ke lengan Fatimeh dan ia segera melihat gue...
"Kenapa Bang, kok Abang nangis sih?" tangan Fatimeh cepat menghapus air mata gue dengan telapak tangannya...
Mencoba tegar gue tersenyum....dan juga cepet-cepet ngelap air mata yang udah ngalir sampe jenggot gue yang baru berapa biji...

"Gapapa kok meh, tapi mendadak mata Abang perih, nangis deh..." kata gue mencoba menenangkan Fatimeh...soalnye biasa kalo gue nangis dia langsung ikutan nangis..jadi nangis bareng deh.. ;D
"Kayaknya ada apa gitu yang masuk ke mata abang...mungkin dinosaurus...hehe"

"Jangan becandalah bang, keliatan banget kalo abang tuh nangisnya beneran...lagian abang kan ga bisa boong...ketauan banget tiap boongnya..." sergah Fatimeh untuk mengetahui apa sebab gue menangis...

Gue tau emang ga bisa boong sama dia...gue payah banget kalo boong...apalagi sama orang yang gue cintai...lagian terkutuklah gue kalo gue boong sama istri, kecuali ya dibeberapa hal yang agama bolehin...

"Gini meh, abang tadi abis browsing di internet trus dapetin lagunya Ahmad Bukhatir...judulnya Last Breath..lagu ama syairnya tuh sedih banget meh...makanya abang nangis.."
"Emang lagunya tentang apa sih bang,,,"
"Ya itu..last breath..napas terakhir...kematian..."
"Ah, Abang jangan bilang-bilnag mati-mati gitulah...aye ga mau dengernye,,," mendadak mata Fatimeh sembab...emang 2 hal yang anti banget didenger ama dia juga mungkin seluruh wanita di dunia: poligami dan mati...

MAti kan pemutus segala hal: kebaikan, kebahagiaan, kebersamaan, kehangatan, keindahan cinta dan dunia....
masalahnya adalah kita selalu benci ama mati, tapi mati selalu ngejer-ngejer kita...hingga ya nanti tiba waktunya entah kapan, entah bagaimana cara entah dimana tempatnya..kematian akan akan datang dan ga bisa diperlambat...

"Bukannya mo gimane2 meh, cuma kalo denger lagunya, abang pengen nangis aja...bayangin..."
"Ga usah dibahas lah bang! ga usah diterusin!~ ga sah dibayangin....kenapa kita ga bahas yang indah-indah aja bang, masa depan...."
"Lah salah satu masa depan kita adalah kematian..dan kalo kita soleh, kematian juga yang akan membawa kita kepada keindahan2 yang abadi.."
"Abang biasanya ga ngomong yang begini..hik-hik..aye sedih bang kalo ntar kita ga ketemu lagi, ga bersama lagi...aye ga tau bang...bisa idup ga tanpa abang di sisi aye..." Fatimeh udah nangis...gue sebenernya ga pengen bahas ini..cuma kata Nabi orang yang cerdik adalah yang mempersiapkan dri menuju akhiratnya..dan mungkin ini salah satu caranya...

"Abang juga meh, ga tau bisa menatap matahari lagi atau ga kalo ga ada Fatimeh..bahkan Abang ga tau bisa bangun pagi ga, takut-takut Fatimeh ga ada di sebelah Abang...cuma meh, suatu saat hal itu pasti terjadi...kita harus siap.."
"Tapi aye belom siap bang! aye masih takut.." matanya udah sembab banget
"Makanya meh, mumpung masih sempat kita persiapin dari sekarang..."
"Apanya bang yang disiapin..aye kudu persiapin diri untuk ditinggalkan abang? ga bang, aye ga bisa....aye ga bisa..."
"BUkan itu meh yang intinye...kita harus siapin diri untuk akhirat kita saat ditanya oleh malaikat saat ditimbang amalannya saat bertemu dengan Allah...abang juga ga bisa kalo ga ada Fatimeh...Abang sayaaaaaaaaaaaaaaaaang banget ama Fatimeh...hik-hik..."

Malam itu di kamar kami, suara tangisan menggema...membuat ade Ghaza juga bangun dan juga menangis kencang... :toe:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA