mata sabaqta zaujatak?

Ba'da pulang dari wedding party seorang temen di Wisma Indonesia
(mabruk ya prend! Sori hadiah gue cuma begituan), ada banyak hal
berkelebat di otakku. Ketika mo gue konsultasikan sama istri gue,
Fatime, eh dia udah nodong duluan, "Bang, besok kita balapan lari ya?"

Gue emang sengaja ngajak istri ke acara itu biar bisa nostalgila masa
lalu ketika merrid. Cuma untuk di Kairo tempat duduk cewek pisah
dengan cowok. Beda banget ama waktu nikah kita di Indo. Jadi kita gak
bisa duduk bareng, dia di sono, gue di sini. Juga gak bisa ngelirik
istri2 orang laen ato anak-anak ceweknya. hus!
Tapi yang pasti ternyata
kita nyimak bener2 apa yang disampaikan di saat khutbah nikah oleh
Ustadz Taisir, pemuka agama di Kairo. Uhui!

Ustadz yang satu ini ngocol banget kalo lagi pidato ato ceramah.
Kayaknya cocok banget bareng Pak Timbul bangun kembali Padepokan lawak
Srimulat, hehe.

Nyang keren adalah ngocolnya gak ngawur kayak gue, dia
ada isinya. Ceramahnya selalu bisa diambil maknanya karena emang dia
kasih makna. Pokoke gak cuma basa-basi. Bandingin ama gue yang banyak
ceplas-ceplos tapi nyang dengerin cuma bingung dan melongo doank. Tapi
mending juga sih bisa bikin bengong orang. Hue-hue.

Saat entu ustadz Taisir mengisi khutbah nikah yang hukumnya sunnah;
alias kalo diadain dapet pahala dan kalo gak ada nikahnya tetep sah.
But sesuai kebudayaan, seseorang tetua diantara para tamu ditunjuk
oleh panitia untuk mengisi. Niatnya bisa sekedar pantes-pantesan ato
emang kebutuhan khayalak terutama buat ngasih pengetahuan terakhir
bagi pengantin sebelum tancap gas. Ehem.

Khutbahnya emang lumayan lama, tapi itu gak mengurangi antusiasme
penonton untuk memberikan dukungannya...(emang sepak bola?) untuk mendengarkan dg seksama ampe habis napas tuh ustadz. Soalnya cerita yang dibangun bagus dan menarik untuk disimak and tentunya diamalkan. Palagi kalo beliau mulai
menyinggung-nyinggung para pemuda dan pemudi yang blom juga nikah dg
ungkapan maha dahsyat, "kacian deh loe!"

Nyang paling mengena di hati gue yang paling dalem (ceile) adalah
pertanyaan yang beliau katakan dg nada tekan yang maut, "Mata sabaqta
zaujatak?" sebenarnya dia juga ngutip dari seorang ulama tapi gue lupa
sapa namanya, jadi ya gak disebutin. Nah, saat muncul pertanyaan itu,
gue iseng dalam hati jawab, "mata-mata tadz!" alias kapan2.

Seorang temen di sebelah gue malah langsung histeris, "Nikah aja belom, mana
bisa balapan?" seorang temen yang lain malah langsung ngasih tebakan,
"Lalapan apa yang bisa bikin orang mati?" and gak ada yang bisa njawab
karena pertanyaannya konyol banget. Dia pun jawab sendiri, "lalapan
mobil trus nabrak poon bahlul!"

Lalu gue berpikir, gue emang belom pernah ngajak istri gue balapan
lari seperti Ibunda Aisyah Ra dan Rasulullah Saw. Tapi kalo olga yang
lain udah sering, misalnya aja panco, tarik tambang ato Smackdown.
Untuk smackdown malah sering banget. Kalo lari, hm...belom pernah
soalnya emang susah ngadain acara lari di Kairo.

Dulu ketika rapat KSW tentang apa aja lomba yang bisa diadain selain
sepakbola dan voli di KSW games, gue ngusulin lomba lari dari Gami ke
Hay Sabi'. Temen2 rapat kala itu cuma ketawa ngakak, guling-guling di
lantai sambil nangis malah ada yang muntah darah segala. Trus malah
dibilang, "junun x lho!" dikiranya gak bisa kita ngadain lomba lari di
Kairo. Emang sulit tapi everything is possible, does it? Begitu kata
iklan Nike.

Tapi ngubah persepsi orang banyak emang sulit. Perlu usaha keras dan
tentu aja otak cerdas. Makanya begitu istri gue ngomong, "Bang besok
kita balapan lari ya?" Otak gue muter kenceng. "Oke cayang, besok kita
balapan!"

Trus istri gue malah langsung bingung, "Tapi dimana Bang? Kan lucu
banget kalo kita lari-lari di jalanan?"
"Lha kita berdua kan emang lucu. Apa Fatimeh masih gak yakin kalo
Abang ini mantan badut Dufan?"

"Gila x ya? Aye gak separah itu Bang."
"Hue-hue. Emang gak. Makanya sebagai pemanasan, gimana kalo kita lari
di dalem rumah dulu. Rutenya muterin dapur, solah, WC dan kamar tidur.
Untuk kamar tidur 10 x puteran gak boleh bernapas sambil bawa selimut.
Ntar kalo udah profesional sebagai pelari rumahan, kita pindah ke
jalan raya ato di suq Sayaroh, gimana?"

Mata cantik istri gue bergerak, itu tandanya dia berpikir. Ntar kalo
udah gitu dia bakal muter2 dikit sambil koprol dan teriak kalo udah
dapet ide. Yup dia udah ngambil keputusan. "Oke deh Bang, emang takut?
Palagi lawannya Abang, kecil!"

Yeah, kita emang pasangan paling aneh
di Kairo.
See to saying

Komentar

Faisal Zulkarnaen mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Faisal Zulkarnaen mengatakan…
Ada-ada aja sobat gw satu ini...
Selamat menempuh hidup dalam ujian....
Maksudku ma'a Najah yah Rif...

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA