If You think You Can, you Can't

“Yang, pijetin Abang donk… cape banget nih..”
Kataku pada Fatimeh sambil merebahkan diri di sofa Sholah. Badanku terasa amat lelah setelah berjalan seharian. Keliling-keliling sebagai TNI, Tukang Ngider Idih. Fatimeh tampak melengos melihatku. Dia baru aja nyetrika baju-baju kami yang setumpuk banyaknya. Untungnya di rumah ada mesin cuci hingga tangannya yang halus tak lecet atau terluka karena banyaknya cucian.

“Tuh kan Bang, aye bilang juga apaan. Kalo kerjanya cuma anter-anter doank, bakal capek. Mana dapet duitnya dikit. Kapan kita bisa kayanya, Bang?”
Fatimeh udah mulai demontrasi lagi. Untung die gak bawa spanduk segala. Emang sejak niat gue untuk bekerja diungkapin, dia udah gak setuju banget.

“Mending kerja apaan gitu kek. Kirim barang ke Indo, nyewain mobil ato bikin rumah makan sekalian. Lah eni cuma jadi kurir. Malunya itu Bang..” Walo protes, tangan Fatimeh tetep beraksi mijatin gue. Itu yang bikin gue salut ama dia. Padahal kalo dibayangin capeknya kerja, mungkin lebih berat kerjaan dia.

“Ya elah Meh, usaha tuh harus dimulai dari yang kecil, dari kita sendiri dan dimulai dari sekarang. Gitu kata…”
“Aa’ Gym Bang? Kenapa Abang gak jadi die aja? Inget Bang gak semua bakal seperti yang dibayangkan. Udah kerasa blom pijetan aye?”
“Justru itu Meh, Abang musti siap dari sekarang. Usaha beginian juga gak malu-maluin kok. Abang udah biasa. Hasilnya emang gak besar-besar amat, tapi Abang jadi banyak pengalaman. Agak kerasan dikit, blom gitu kerasa.”

Fatimeh pun terdiam. Dia begitu kalo merasa gue gak bisa ngalah. Diemnya itu emas karena gue anggep dia gak terus ngoyo ngasih alasan laen. Pastinya gue tahu kok alasan-alasan yang Fatimeh kemukakan bener. Kerja gue emang gak bisa terlalu diharapkan. Apalagi mengingat kebutuhan kita berdua makin hari semakin kerasa gede. Mana harga-harga kadang suka berubah mahal. Tapi gue juga yakin, kalo usaha gue ngiderin makanan jadi ke warung-warung makan Indonesia gak sia-sia belaka. Ini adalah jalan menuju kerjaan selanjutnya.

“Abang mau makan sekarang apa entaran? Aye masak martabak telor ama sambel terasi tuh.” Tanya Fatimeh sambil terus mijetin pinggang gue. Rasanya tuh langsung seger sejak pijetan pertama. Capek, lelah dan kesel gue langsung menguap. Emang harusnya gitu. Istri itu pemberi kekuatan dan semangat baru untuk maju. Maka gue relain apa aja gue kerjain demi dia dan sekedar hidup kita sehari-hari. Emang gue belom punya modal gede buat beli mobil ato rumah makan ato kirim barang. Gue cuma punya asa dan semangat untuk kerja. Dengan sedikit keahlian untuk bernegosiasi, gue jualin barang orang lain untuk orang lain. Di situ gue dapet upah.

“Kamu sendiri udah makan blom, Yang?”
“Blom. Aye kan nunggu Abang sayang...” jawabnya sambil tersenyum.
Huf. Kalo udah begini, gue ketimpuk emas batanganpun rela. Hehe.
See to saying

Komentar

Anonim mengatakan…
wah, martabak telor sama sambal terasi gak cocok banget tuh
jangan bilang kalo istrinya cuma bisa masak itu doang hi hi hi
Faisal Zulkarnaen mengatakan…
Hehehe...kalo menurut ane sih cocok aja...sebetulnya kan cuma telor dadar, cuma si Arif aja bilang martabak telor, biar keliatan lebih keren dikit, kalo udah lebih keren kan makannya lebih bernapsu, iya nggak Rif?
Untung Arif nggak bilang "Pizza rasa Telor" huehehe...
Faisal Zulkarnaen mengatakan…
NB:(artinya >>NAMBAH) Rif, sebenernya no ente berapa sih? Pernah aku telepon 3 kali gak pernah diangkat. Tapi aku nelponnya dari telepon umum sih, kali aja emang sengaja soalnya nomor gak dikenal...kali aja ente takut ada orang kurang kerjaan...

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA