Bosan Vs Bete


Ujian udah kelar. Liburan udah datang. Trus mo ngapain coba? Untung aja ada piala dunia, bikin kita yang emang gak pernah punya planning menarik napas lega. “Uh selamet deh jadi ada kerjaan.” Yah walau kerjaannya cuma nonton bola, bisa dibilang kerjaan kan daripada kagak sama sekali?
Emang kalo lagi waktu luang begini, kita (loe-gue)suka bingung mo ngapain aja. “Ngapain aja ya?”“Gak ngapa-ngapain aja yuk!” Palagi kalo waktu luangnya sampe berbulan-bulan. Waduh udah kacau aja deh! Malah kadang kalo udah gitu, kita suka bayangin kuliah jalan lagi. Padahal kalo kuliah emang udah mulai, kita gak pernah ke kampus juga. Ehem, kecuali udah waktunya ngambil minhah.
Masalah gak punya planning yang jelas adalah masalah klasik kita semua. Buruknya, kadang masalah itu terus kita upgrade sampe sekarang. Bahkan kadang sampe naek level berikutnya (kayak maen game aja!) jadinya ya walau kita sudah ngerti kita gak ada planning tetep aja begitu dari tahun ke tahunnya. Kita tentunya gak suka, cuma kadang kita gak juga menolaknya. Pengennya ada kerjaan, tapi tetep juga gak mau memikirkan. Padahal pekerjaan adalah hasil sebuah pemikiran. Orang harus berpikir tentang apa yang akan dilakukannya. Tul gak?
Nah, kemaren kita ngadain jajak pendapat (apaan sih?) tentang gimana persiapan masisir menghadapi ujian panjang ini. Tahu gimana hasilnya? Ada temen yang kita tanyain begini, “Eh kamu besok pas liburan mo ngapain aja?” die gak jawab, malah merenung lama banget sampe kita tinggal. Trus ada lagi yang jawab, “Gak tau tuh, ane di rumah aja deh.” Kita masih tanyain, “Trus ngapain aja di rumah?” die cuma angkat bahu dan geleng-geleng kepala.
Kita nanyai gak satu dua orang aja, tapi juga gak berjuta-juta orang (emang masisir sampe jutaan?) tapi jajak pendapat ini bisa dianggep (anggep aja) valid, kualified. Bahwa kenyataan banyak dari temen-temen yang gak punya kerjaan pas ada waktu luang. Ada juga sih yang bantah, “Ane ada kerjaan kok. Banyak malah...” kita tanya karena penasaran, “apa aja tuh, tolong dong sebutin satu aja.” dia jawab, “banyak deh! Ente mo tau aja?” yee... banyak kerjaan tapi gak bisa nyebutin. Ada beneran gak tuh?
So pertanyaan selanjutnya adalah, kalo emang bener kita gak punya kerjaan, apa gak bosen plus BT? Inget kan pepatah Jawa bilang, “Wong ra ono job kuwi boseni tenan.” Pepatah Inggris berkata, “Don’t waste your time!” Ingetin juga pepatah Arab, “Al Waqtu kassoifi.” Waktu itu seperti bulan panas. Rasanya panas banget kalau kita anggurin begitu aja. Bayangin deh kalo lagi bulan panas begini: panas terik, rambut kering, bibir pecah-pecah, kulit hitam, bau ketek, debu. Khusus untuk kulit hitam, ada temen bilang, “mutihinnya aja lama (pas musim dingin) eh langsung item dalam sehari di musim panas.”
Lagian kalo musim panas kita kan gak leluasa ke mana–mana. Panasnya matahari, kadang bikin kita suka gak tahan. Padahal kegiatan kita tuh di luar. Palagi buat yang suka beraktivitas. Aktivis julukannya, organisasi tempat magangnya, sekretariat tempat kumpul dan tidurnya, jatah konsumsi makanannya. Kalo dalam rumah bisa dibilang gak ada. Kalopun ada, gak terlalu bermanfaat amat. Paling-paling nderes filem Korea 8 Gega.
Pasti hasil dari semua itu adalah adalah kebosenan yang menerjang dan Bete yang mencekam. Otak akan banyak berkerut bukan karena mikir tapi pusing. Tangan akan banyak bergerak bukan karena kreatif tapi gratil (iseng). Mulut akan banyak terbuka bukan berbicara tapi menguap. Badan akan banyak bergerak bukan karena aktif tapi rese’ dan bete.
Apa sih sebenarnya bosan dan bete itu? Bosan adalah lawan dari kata betah. Jadi kalo ada yang nanya, “kenapa sih aku cepat bosan?” jawab aja, “karena kamu gak betah.” trus kalo dia masih nanya, “trus kenapa aku gak betah?” jawab aja lagi, “itu karena kamu cepat bosan.” Kok gitu? Yah, karena keduanya saling berlawanan kan? Lawan itu kan musuh. Kalo lagi menghadapi musuh pasti kita berhadapan. Kalo kamu musuhku misalnya, maka aku adalah musuhmu. Simple kan? Ayo tarung!
Kalo bete? Dilihat dari katanya aja, perasaan kita udah berkecambuk hebat. Tau gak, kalo manusia itu memilih kata-kata gak sembarangan? Semua kata yang terpilih sudah melalui tahap penyeleksian yang ketat. Ada beberapa tahapan: pertama, enak tidak diucapkan. Kedua, artinya sesuai gak sama yang dimaksudkan oleh hati, jiwa dan perasaan pembicara. Ketiga, enak tidak didengarkan. Nah bete sudah melewati tahap pertama dan kedua tapi belum ke tahap terakhir. Seharusnya, dia tidak diterima sebagai sebuah kata. Namun karena berbagai hal yang mendukungnya sebagai bahasa pergaulan, dia terpakai!
Jadi intinya arti dari bete adalah b-e-t-e. Paham ya? Sudahlah kita lupakan masalah kecil ini. He. So, apa yang akan kita hadapi sekarang? Bosan dan bete biasa terjadi pada orang yang gak ada kerjaan. Atau orang yang rutin kerjaan itu doang. Seperti pekerjaan kantor, setiap hari dia mengerjakan hal yang serupa akhirnya bosan juga karena tidak ada perubahan.
Bete lebih rendah tingkatannya dari bosan. Kalo bosan kita sudah gak mau lagi ngerjain pekerjaan itu. Sedang bete cuma lagi hilang mood bekerja untuk beberapa saat saja. Maka kita suka bilang, “duh lagi bete nih. Tinggalin dulu kerjaannya. Keluar dulu yuk, entar kerja lagi.”
Nah, bosen ama bete gak cuma dalam masalah pekerjaan, masalah jodoh juga bisa terjadi. Pernah ada kisah gini, sepasang kekasih duduk di tepi kasurnya masing-masing. Keduanya memegang telepon, si cewek lagi curhat panjang tiada tara tentang apa saja yang berkaitan tentang dirinya pada sang kekasih. Entah si kekasih bosan atau bete mendengar cerita yang sama setiap harinya dari si cewek dia akhirnya berkata,”udah, mending kita gak usah ceritain masing-masing sisi pribadi yang kita miliki. Nanti kalau semua rahasia, sifat, kebiasaan dan segala apa yang kita miliki terbaca, apalagi yang mau kita bicarakan kelak? Gak mungkin kita bicara hal-hal yang dulu pernah kita bicarain. Gak akan menarik lagi. Bahkan mungkin ngerasa udah bosen atau sudah basi. Kedua, kita akan seperti hapal luar kepala siapa diri pasangan kita. Di satu sisi itu bisa menjadi suatu kelebihan karena kita sudah tau bagaimana cara menyikapinya, tapi di sisi yang lain, itu adalah sebuah kelemahan karena kita akan menganggapnya tidak bisa merubah sikapnya. Ih dulu kayak gini, kok sekarang masih kayak gini. Apalagi hal itu adalaha hal yang negatif yang kita miliki. Ketiga, tidak ada lagi surprise dan kejutan yang biasanya akan membuat kita merasa lebih menyenangkan. Karena sesuatu yang asing pasti akan menarik kita untuk bertanya lebih jauh. Sementara kalau sudah tahu terlebih dahulu, tidak akan ada lagi tanya jawab yang hangat. Juga tidak ada lagi penceritaan jati diri yang kadang sangat menarik untuk diterima dan menjadi obrolan bagi para pasutri.” Si cowok merasa lega karena apa yang dia ingin ungkapkan terkatakan. Cuma si cewek melongo, masih belum paham apa yang terjadi.
Dunia ini juga kadang terasa membosankan bagi kita. Tentunya bagi kita yang gak mengerti apa arti kehidupan di dunia ini. Tiap hari kita menghadapi hal yang sama. Rutinitas dari satu kerjaan ke kerjaan yang laen; tidur, mandi, makan, kuliah, ibadah. Kadang kita bilang sama diri kita sendiri, “ih, kok gini terus sih? Bosen! BT!” Ada beberapa dari kita yang mencoba menghilangkan rasa itu dengan melakukan perubahan-perubahan dalam dirinya. Ada yang vakum begitu aja kagak berubah. Beda-beda.
Cuma yang perlu dicatat; rutinitas maupun kreativitas dalam hidup ada catatannya masing-masing di sisi Allah. Asal keduanya lurus sesuai dengan yang diperintahkan dan jauh dari apa yang dilarang tak ada masalah. Usulan kita, gabunglah rutinitas dalam kreativitas dalam pola hidupmu, maka hilanglah bosan dan betemu! Achoer


larilah sebelum kebalap!

Komentar

Anonim mengatakan…

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA