KAMBING’S STORY


Idul Adha telah tiba. Tentunya ada makan-makan bersama sambil kumpul-kumpul bersuka ria, karena ini memang hari raya kita semua! Hore!
Kebayang kalo di kampung dulu. Pas hari raya gini pasti kebagian nonton pemotongan kurban. Yeah, walau Cuma nonton doank, hati ini seneng banget. Kadang kita malah suka pada sorak-sorai abis ngeliat kurbannya bener-bener udah mati. Emang sih ada rasa sedih ngeliat kambing atau sapinya harus mati. Cuma itu ketutup sama perasaan kita bakal dapet bagian! Asyik! Kan bisa makan daging!
Bagi orang kampung macam kita ini, makan daging kan jarang-jarang. Jadi kalo lidah udah ngerasain daging secuil aja, rasanya tuh udah bahagia banget. So pastinya lagi udah puas banget kayak baru ndaki gunung Everest atau baru nyebrangin lautan Pasifik. Ada temen dulu SD yang suka nanya, “Ih kok kejam sih, masak kambingnya digolok gitu. Kan sakit...” Dulu sih kita cuma suka bilang, “sebelum dipotong kan kambingnya udah dibilangin, mbek, kalo dipotong ntar masuk sulga. Kambingnya mau kok...” He2.
Emang sih rasa gak tega pasti muncul begitu aja. Apalagi bagi kamu yang suka nganggep kambing atawa sapi itu sodara. Sedih banget jadinya kan? Ada lagi yang jijik atau takut pas ngeliat darahnya ngucur.
Yang kasihan lagi tuh yang alergi ama tu daging. Walau aneh, ada banyak lho temen kita yang alergi banget ama daging. Kebanyakan sih ama daging kambing. Ada yang bahkan baru nyium baunya udah lari menjauh. Ada yang malah mencibir, “idih, daging bau gitu dimakan. Gak usah yee...” Mungkin kalo sampe ngomong gini adalah orang-orang yang ngerti banget dan gak tegaan makan sesuatu yang bau badannya mirip ama bau badannya sendiri. Kayak iklan itu lho! Masak jeruk makan jeruk, yang ini, masak kambing makan kambing. Atau pepatah ‘sesama kambing jangan saling memakan’. Hehe...
Sementara bagi kita yang doyan, baik di saat laper maupun kenyang. Pasti aja langsung teriak, ”ganyang!!” Seperti teriakan mahasiswa kita dulu pas Indonesia ama Malaysia rebutan Pulau Sipandan dan Ligitan, “Ganyang Malaysia, selamatkan Siti Nurhaliza!!”, yang dibales ama mahasiswa sana, “Ganyang Indonesia, selamatkan Inul Daratista!!” Ngaco banget kan?!
Tapi so gak keren banget kalo kita gak bisa menghargai temen-temen kita yang alergi ama daging-daging itu. Biarkan saja mereka. Kita harus toleransi. Kalo perlu teposeliro (inget pelajaran PMP/PPKN dulu)Bahkan kudunya kita patut bersyukur. Karena dengan alerginya mereka, berarti persediaan daging kita akan lebih banyak serta tahan lama. Dan pengunduran diri mereka dalam hal ini tentu sangat-sangat menguntungkan kita. Betul gak?
Juga bagi kita yang doyan pasti akan nyanyi lagu dangdut “cintaku padamu tak kan berubah walau di telan waktu!!” Sebetulnya kan, daging itu sangat berguna bagi kita. Seperti halnya air yang katanya 3/4 dari tubuh kita. Makanya itu kita sangat membutuhkan air. Nah, bukankah tubuh kita juga terdiri dari daging? Walau entah seberapa % perbandingannya, yang jelas itu membuktikan kita juga butuh daging!
Tapi inget metode ini cuma cocok pada masalah air dan daging, tidak pada hal lainnya. Juga bukan pada rambut. Jangan sampai disamakan pula, mentang-mentang tubuh kita juga punya rambut, kita juga harus makan rambut! Salah, itu namanya qiyas ma’a fariq! Alias, Jaka Sembung bawa golok, mau motong kambing dimana Mas? Ntar bagi dagingnya ya, Mas... (huu!)
Kita tuh dari dulu sebenernya pengen ngerasain gimana sih rasanya motong kurban? Kalo liat di pelem-pelem samurai macam Azumi, kayaknya enak banget tuh motong kepala orang. Tinggal hiat... Cress...darahnya ngalir deh. Atau mirip Ksatria baja hitam dan Power Rangers ketika memotong badan musuh dan monsternya. Keliatannya keren banget gitu loh! Yah, walau beda keluarnya bukan darah tapi percikan-percikan api.
Tapi boro-boro bisa motong, lha megang aja langsung dilirikin ama bapak-bapak kita, “eh awas loh, kambingnya ntar nyeruduk!” Mau pegang bulunya, dibilang, “Idih jauhan dikit ntar kena flu burung lagi!”, meski kagak nyambung ama kenyataannya, kita musti harus menyingkir juga. Lagian dulu masih anak-anak.
Mungkin bapak-bapak tuh takut. Soalnya pernah ada kejadian di kampung kita. Waktunya ya pas mau idul adha gini. Ada yang mau korban tuh, trus dia nyuruh anaknya yang kecil untuk bawain kambingnya ke depan masjid. Entah si anak itu cerdas apa nggak, dia naikin aja tuh kambing yang tanduknya lebih mirip banteng. Terang aja si mbek yang kagak persiapan dan gak pernah diajarin untuk dinaekin gusar. Emang tuh kambing belom pernah diajarin ama cowboy biar bisa dinaekin atau dirodeo. Langsung aja deh tuh anak di lempar ke depan. Untung aja dia cuma jatuh dengan kepala benjol. Coba aja kalo pantatnya yang benjol, jadi gak lucu kan?
Trus pas kita gede juga tetep aja gak ada kesempatan buat motong. Sama aja pas di pondok atau pas di rumah. Sampe-sampe akhirnya karena gak ada pengalaman memotong hewan, ketika disuruh sembelih ayam, kita jadi takut. Bahkan sampe grogi ketika udah megang. Bayangin aja ngeliat mata ayam yang disamping gitu, duh serem banget! Apalagi kalo tu ayam ngedipin mata sama kita...
Tapi anehnya walau kita takut motong, kok kita tetep suka sama dagingnya yah? Harusnya kan kita konsisten, kalo gak motong berarti gak makan hasil potongannya kan? Tapi kok kita enggak ya, kita tetep aja sikat tuh ayam kalo udah jadi masakan. Digoreng kek, direndang kek, dipetis kek. Wajar gak sih? Ih takutnya kita gak wajar lagi. He2.
So sebenarya kenapa sih Allah swt. menyuruh kita melakukan pemotongan pada hewan ternak? Pernah denger kisahnya nabi Ibrohim pada anaknya nabi Ismaiil kan? Pasti udah pernah. Kan itu ceritanya nabi Ibrohim dapat mimpi disuruh oleh Allah buat menyembelih anak kandungnya sendiri yaitu nabi Ismail as. Kebayang gak kalo kita disuruh berbuat hal yang sama? Lalu apa yang akan kita lakukan? Apa tindakan kita?
Kalo bagi Nabi Ibrohim dan anaknya, Ismail, itu adalah perintah Tuhan yang harus dilaksanakan apapun konsekuensi dan akibatnya. Secara manusiawi tentu Ibrohim gak akan tega menyembelih anaknya sendiri yang itu berarti membunuhnya. Sementara bagi Ismail yang masih belia tentu gak akan rela mati muda. Sama seperti kita kalo misalnya disuruh mati sekarang, pasti gak mau. Alesannya, “belum kawin nih!”
Lalu kenapa Ibrohim tetap mau dan anaknya pun setuju? Apa dasar mereka melakukan hal yang menurut anggapan orang adalah tidak rasional bahkan dianggap tindakan gila! Tidak lain tidak bukan karena mereka tau kedudukannya sebagai hamba Allah. Kedudukan mereka selaku manusia memang tidak mengizinkan mereka melakukan hal itu. Tetapi kedudukan mereka sebagi hamba Allah mengharuskannya.
Dan mereka cinta padaNya sedemikian kuatnya melebihi kecintaanya pada diri sendiri dan keluarga. Allah berfirman, “dan sebagian manusia ada yang mengambil Allah sekutu yang lain. Mereka mencintai sekutu2 itu seperti mereka mencintai Allah. Tetapi orang-orang yang beriman lebih berat dan lebih besar kecintaannya hanya pada Allah semata.” Al Baqoroh.
Kecintaan pada Allah itu mengalahi segala cinta lainnya. Kalo saja misalnya ada perintah yang ringan misalkan “godhul bashor” kita tidak mau dan tidak bisa lakukan, entah apa lagi yang bisa kita lakukan? Atau ”la yashor qoumun min qoumin asya ayyakuna khoiruminhum. Wala nisaum min nisa’in aysa ayyakunna khoirumminhunna.” saja kita sudah enggan, apalagi yang ingin kita lakukan buat Tuhan?
Kita ini manusia memang selalu punya banyak perhitungan selaku manusia, itu wajar dan itu fitroh. Tapi jangan sampai lupa bahwa kita juga adalah makhluk yang diciptakan untuk menghamba padaNya. Kita pasti sangat berat mengeluarkan harta untuk sekedar membeli seekor kambing buat dikorbankan. Tapi selaku hamba, kita harus ikhlas dan rela mengeluarkan apa yang kita punya dan miliki di jalanNya.
Karena bukankah semua yang kita punyai dan miliki ini datangnya dari Allah? Bukankah kita dulu dilahirkan dalam keadaan telanjang bulat? Lalu siapa yang memberikan kita orang tua yang memakaikan baju untuk kita? Siapa yang memberikan orang tua kita pekerjaan hingga upahnya dapat digunakan untuk menafkahi kita? Siapa yang membuat orang tuamu kuat dalam bekerja dan kuat membiayaimu sampai saat ini? Allah!
Siapa yang menggerakkan tangan dan kakimu? Siapa yag menggerakkan lidahmu hingga kamu dapat berbicara dan menggunakan bahasa yang berbeda-beda? Siapa yang membukakan matamu hingga dapat melihat dunia yang indah beserta segala isinya? Siapa yang menajamkan pendengaranmu hingga kamu dapat mendengar? Siapa yang memberimu otak yang sehat hingga kamu dapat berpikir dan tidak gila? Siapa yang menegakkan tubuhmu hingga kamu dapat terlihat gagah? Allah!
Apakah kamu tidak mau bersyukur atas semua nikmat dan karunia itu? Apakah kamu tidak mau berterima kasih? Ataukah kamu malah mengkufuri dan mendurhakainya? Apakah kamu mau berkata bahwa kamulah sebab segala nikmat yang ada tanpa bantuanNya? Apakah kamu lupa?
Siapa sih kita ini? Manusia? Bener, kita memang manusia! Tapi apakah kita cuma sekedar makhluk yang manusia itu? Apakah kita itu cuma seonggok tulang dan daging yang bernama manusia? Apa kita cuma makhluk yag dikarunia otak hingga berbeda dengan makhluk lainnya?
Apa jadinya kalo kamu lahir di kolong jembatan bukan di buaian? Apa jadinya kalo kamu lahir dari pelacur bukan dari wanita terhormat? Apa jadinya kalo bapakmu penjahat dan bukan orang baek-baek? Apa jadinya kalo ternyata kamu lahir miskin, atau punya kelainan? Apa jadinya kalo kamu ditakdirkan jadi pengemis yang harus mengorek-orek sampah untuk makan?
Apa kamu tidak bersyukur atas apa yang kamu dapatkan selama ini? Apa kamu masih aja anggap Tuhanmu tidak ada dan entah dimana dan kemana? Apa kamu yakin bahwa kamu tidak akan selalu dipantauNya dan akan ditanyai nantinya?
Lalu apa balasanmu untuk Tuhanmu? Apa kamu anggap seekor kambing atau sapi cukup untuk menggantikan semua nikmat yang telah kamu terima selama ini? Apakah kurbanmu yang setahun sekali itu kamu anggap sudah cukup berat untuk kamu persembahkan pada Tuhanmu? Apakah darah yang kamu kucurkan dari hewan ternakmu itu sudah cukup untuk membalas dan mengganti segala karunia? Tidak! Sungguh-sungguh tidak!
Allahu Akbar, Allahu akbar! Laa ilaa ha illa Allah, Allahu Akbar! Allahu Akbar, Walillahilham. Allahu Akbar, Allahu akbar! Laa ilaa ha illa Allah, Allahu Akbar! Allahu Akbar, Walillahilham. Alhamdulillah.
larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA