Serial Anak Tampang Bego2

Malem minggu di kamar mandi.
Bung cibang cibung.
Byar byur.
Kecipak-kecipuk.
Dari luar, orang teriak.
"Oi ngapain aja lo? Lama amat, amat aja gak lama!"
Byar byur...Kecibang cibung...Breett…
"Oi, diem dingin ngapa? Lu ngising apa lagi mandi?"
"Cepetan!! Gue juga mau mandi tau! Gue ada janji ama klien."
"Alien kali." Celetuk Ados.
"Boleh cuci muka aja gak, akhi?" Rojulun Masya Allah nambahin. Doi nih mau cepet-cepet wudhu biar gak terlambat solat jamaah di masjid samping rumahnya.
"Semua orang udah nungguin depan pintu lho Mas, mbok ya sadar!"diem. Parto malah nesu. Kalo Parto sudah marah bisa gawat. Kucing ajabisa mendadak sopan kalo doi marah. Untung akhirnya omongan anak-anak nyambung juga ama yang di dalem kamar mandi, "Gue masih sadar kok! Buktinya gue masih bias asyik mandi!"
Anak-anak depan pintu kamar mandi tentu aja jadi tambah rame.
"Dongok lo! Kita tuh lagi pada nungguin kamu selese, kok malah nglunjak sih." Teriak Adon! Gak sabaran. Adon nih walau orangnya santun nan ramah tamah, kalo lagi tidur bisa ngiler juga. Gak nyambungkan?"
Mau rujak donk!"Anak tampang bego tiba-tiba menyeruak masuk tanpa permisi ditengah-tengah antrian yang padat. Apalagi ditambah tampangnya gakkayaknya gak punya salah sama sekali. Tentu aja yang lain pada sewot. Sewooot gitu looh!!
"Eh Bego! Apa gak liat kita lagi pada ngantri?"
"Otak loe di mane?"Tampang bego tetap melongo, tapi air liurnya malah tambah menetes deras.
"Jadi bukan cuma ada rujak doank! Otak-otak tenggiri juga ada?"
Tanpa ngomando lagi anak-anak mengikat tampang bego ke dinding pake plester. Gayanya kayak yesus disalib aja. Cuma anak-anak masih rada kasian untuk nelanjangin dia biar tambah mirip yesus. Tapi mendiamkantampang bego berkeliaran dan bersuara sama aja bikin kiamat kecil.Anak bego diikat kuat pake plester dan lakban item. Tangannya ditarik ke kanan ke kiri. Kakinya dibetot ke samping.
"Gue diapain nih?" Tampang bego merenges.
"Mau rujak kan?" tanya Ados.
"Mau... mau..."
"Makanya tunggu di sini! Biar kita yang ngambilin."
"Makan Gue gimana kalo diiket begini?"
"Ntar kita yang suapin, berisik amat loe ah!"Tampang bego seneng bukan maen. Tumben teman-temannya baek malem ini. Dia gak perlu ngantri buat dapetin rujak dari kamar mandi, disuapinlagi! Ah malem itu kayaknya bakal jadi malam terindah dalam hidupnya. Gak bisa terlupakan deh! Makacih ya temen-temen....
"Udah biarin aja tuh anak. Yang penting dia bisa diem dulu tuk sementara. Urusan kita semua sekarang tertuju sama Amin."
"Si Amin nih kayaknya, perlu dikerjain. Masak kita dicuekin gini!"
"Yup, dia tuh kalo mandi lama banget. Emang yang laen gak butuh kamarmandi apa?"
"Betul akhi, ana jadi gak bisa wudhu. Terlambat sholat deh.."
"Sip, berarti kita sepakat ngerjain dia kali ini."
"Tapi gimana caranya?"Kasak kusuk pun dimulai. Tentunya nggak pake ngegosip donk. Karena mereka lagi mikir bener-bener cara yang tepat untuk bikin Amin kapok mandi lama-lama. Biar gak terulang lagi di laen waktu. Karena hobi Amin yang ini gak bisa ditolerir lagi. Kegiatan anak-anak yang laen jadi sering terganggu. Dulu sih Amin kalo lagi mandi gak lama kayak gini. Malah dia yang paling cepet di antara yang lain. Paling cuma jebar-jebur, trus udah. Dia juga sampe punya motto, "buat apa mandilama-lama kalo ntar bau lagi!" Amin mandi lama sejak dia diputus samasi Minah, pacarnya yang ada di Indonesia. Mungkin sakit hatinya tidak ingin terlihat di depan teman-temannya. Makanya dia cuma bisa nangisdi kamar mandi sendiri aja. Kalo rame-rame gak seru donk!
"Sebenernya gue gak yakin si Amin nangis di kamar mandi. Mungkin diaada aktivitas laen di dalem..."
"Aktivitas laen, apaan?"
"Negatif maksud ente? Jangan suudzon deh! Dosa lo!"
"Bukannya negatif. Ini kan demi kebaikan kita bersama. Sapa tau kalo kita tau dia ada masalah apa, kita bisa bantuin dia menyelesaikan masalahnya." Jelas Ados.
"Ah, aku ngerti. Mungkin si Amin suka karaokean di hamam."
"Emang ada alat karaokenya di kamar mandi?" Sahut si Bego dari dinding. Walau diiket kuat. Jangan anggap enteng sama pendengaran ni anak. Walau kadang gak nyambung-sering-doi tetep peka ama lingkungan lho. Anak-anak langsung pada menoleh. Sadar si Bego masih bisa bersuaralantang dan ngaco. Mulutnya ditutup juga pake lakban.
"Hmmm...mmmm.. ruklll...jak.... Gue..mannaapp...na..???" Bego menggap-menggap. Impiannya akan disuapin rujak sama teman-temannyalangsung buyar. Semua anak menarik napas panjang. Permasalahan satu udah kelar. Merekamenuju ke ruang tamu. Diskusi di sana, biar Bego gak juga bisa liat.
"Udah gini. Pastinya kita gak pengen mikir yang bukan-bukan sama siAmin kan?"
"Buang anak gitu?"
"Ihhh... jijay!" Rojulun Masya Allah bergidik.
"Bisa juga gitu. Tapi masak Amin suka yang begituan? Dia kan rada ucritan.."
"Usroh maksud sampean?"
"Tul... apa lagi?""Jangan bawa-bawa nama Usroh lah, dia kan pacar gue!" Intrupsi Adon.
"Bodo amat!!!", koor anak-anak serempak! Semuanya mikir kembali. Tentunya mereka gak mau ngecap begitu aja. Apalagi mereka gak punya bukti. Ntar malah terkesan fitnah. Fitnah kanlebih kejam dari penjambretan. Jadi harus dipikirin bener-bener. Apalagi mau nuduh orang, temen sendiri ngelakuin hal yang gak terpuji harus bener-bener bisa dipertanggungjawabkan.
"Ah, gue rasa gak mungkin Amin ngelakuin hal begituan. Imposible. Mungkin emang dia masih ada masalah sama Minah. Jadi kebawa sama jiwa. Dia pengen ngerasin kebasahan. Karena hatinya sekarang ini sedang kekeringan. Kan terluka banget karena diputusin sama pacarnya. Mendingpacarnya bilang karena dia emang udah gak cinta. Tapi ini karena si Minah malah nikah sama orang lain. Bisa dibayangin gak, sakitnya bagaimana?"
"Iya juga. Sakit hati itu pasti akan selalu menghantuinya. Pelampiasannya ya dengan berendem lama-lama di bak mandi."
"Biar kepalanya adem.."
"Trus gimana donk ama nasib kita? Kan kita gak bisa begini terus!"
"Oke kongkritnya gini, kita kerjain dia!"
Semua anak berpaling ke suara terakhir ini... suaranya amat merekahapal dan mereka benci setengah mati.... si Bego!!! Kenapa dia bisa lepas?
"Kok bisa lepas?" tanya Adon heran, yang laen pun penasaran. Jangan-jangan ni anak punya ilmu dalam.
"Bingung ya, ngira gue punya tenaga dalem gitu. Bego loe pade! Gue tuh dilepasin sama si Amin. Dia kasian banget ama Gue... kalian tuh yang jahat. Mau buat makar kan?" Si Bego ngatain mereka bego? Makar? Dapet bahasa dari mana tuh? Tiba-tiba mereka inget sesuatu. Amin! Amin udah keluar dari kamar mandi!
"Mana Amin sekarang?", tanya Ados cepat. Sebab yang lain rada telat mikirnya.
"Ya di kamar. Lagi ganti baju. Mau ngintip?"
"Gila loe!"
"Trus si Amin dengerin apa yang kita omongin barusan gak?" Bego mikir. Lama banget..." Ah ya... Amin kayaknya sih tadi bilang sesuatu..."
"Apaan... cepetan bilangnya..." Kata anak-anak gak sabaran.
"Sabunnya abis... sokongan beli lagi... gitu katanya..."Anak-anak langsung pada lemes."Tuh kan....." Koor mereka tak percaya.
larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA