UKBM KELAS XI SMA MASA KEJAYAAN ISLAM
PERADABAN ISLAM PADA MASA KEJAYAAN
|
A. Identitas
a.
Nama
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
XI
b.
Semester : Ganjil
c. Kompetensi Dasar :
3.10 Menelaah perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan
4.10 Menyajikan kaitan antara perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan
dengan
prinsip-prinsip yang mempengaruhinya
B. Materi Pokok : Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
C. Alokasi Waktu : 9 JP (3 Pertemuan)
D. Tujuan Pembelajaran:
Melalui diskusi, tanya jawab,
penugasan, presentasi dan analisis setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengakui
bahwa nilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa
kejayaan
·
Bersikap
rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
·
Mengamati
gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan.
·
Menyimak
tayangan atau penjelasan tentang perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
Sehingga kalian dapat
menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya mengembangankan sikap
jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitas (4C).
E. Materi Pembelajaran
Lihat dan baca pada Buku Teks Pelajaran (BTP):. PendidikanAgamaIslamdanBudiPekerti/Kementerian
Pendidikandan Kebudayaan.--.EdisiRevisiJakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan,2017.
PETA KONSEP
Masa Kejayaan
Islam
Yang Dinantikan Kembali
|
Periodesasi
Sejarah Islam
|
Kemajuan Islam
pada
Periode Klasik
Masa Kejayaan
Islam
Yang Dinantikan
Kembali
Menelaah
Perkembangan
Islam pada Masa
Kejayaan
Tokoh-tokoh
Kejayaan Islam
BANGKITNYA
KEMBALI
PERADABAN ISLAM
Tokoh
Periodisasi
Kemajuan Islam
pada Periode Klasik
|
Tokoh-tokoh
Kejayaan Islam
|
Menelaah
Perkembangan
Islam pada Masa Kejayaan
|
v KONSEP
BELAJAR
v Pendahuluan
Sebelum
belajar pada materi ini silahkan kalian cermati gambar dan wacana yang terdapat
pada BTP PendidikanAgamaIslamdanBudiPekerti/Kementerian
Pendidikandan Kebudayaan.--.EdisiRevisiJakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan,2017.
بسم الله الرحمن
الرحيم
v
Kegiatan inti
1)
Petunjuk Umum UKB
Baca
dan pahami materi pada buku PendidikanAgamaIslamdanBudiPekerti/Kementerian
Pendidikandan Kebudayaan.--.EdisiRevisiJakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan,2017.
Ø Setelah
memahami isi materidalam bacaan berlatihlah
untuk berfikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKB ini baik
bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
Ø Kerjakan UKB ini dibuku kerja atau langsung
mengisikan pada bagian yang telah disediakan.
Ø Kalian dapat
belajar bertahap dan berlanjut melalui
kegiatan ayo berlatih, apabila
kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan
dalam kegiatan belajar 1, 2, dan 3kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain
yang sudah siap untuk mengikuti tes
formatifagar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
1. Kegiatan Belajar
Ayo … ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh
kesabaran dan konsentrasi!!!
Kegiatan Belajar 1
|
|
a) Bacalah materi Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan(pada buku BTP halaman 67-78 )
b)
Tentu saja kemajuan umat Islam baik pada masa Bani
Umayyah
maupun Bani Abbasiyah terjadi tidak
secara tiba-tiba. Akan tetapi, ada
penyebabnya, yaitu disebabkan oleh
faktor internal dan faktor eksternal.
c)
Tuliskan factor internal dan factor eksternal perkembangan
Islam pada masa itu pada kolom di bawah ini
Factor
internal
|
Factor eksternal
|
CarilahTokoh-Tokoh
pada Masa Kejayaan Islam
|
KegiatanBelajar 3
|
Ø setelah
kalian membaca materi di atas dan memahaminya jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
1. Jelaskan
periodisasi sejarah peradaban Islam yang kamu ketahui!
2. Mengapa umat
Islam mengalami kemajuan yang sangat
gemilang? Jelaskan faktor-faktor
penyebabnya!
3. Sebutkan
kemajuan apa saja yang dicapai pada masa Bani Umayyah!
4. Sebutkan
kemajuan apa saja yang dicapai pada masa Bani Abbasiyah!
5. Sebutkan
tokoh-tokoh yang pernah berjasa dalam dunia pengetahuan yang
hidup pada masa
Bani Abbasiyah!
سي لا مات ميعير
جاكان
v Penutup
Bagaimana Anda sekarang?
Setelah Anda belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1, 2,
dan 3, dan 4,berikut diberikan tabel untuk mengukur diri Anda terhadap materi
yang sudah Anda pelajari. Jawablah dengan
jujur terkait dengan penguasaan materi pada UKBM
PAIBP 3.10/4.10/1.1
ini pada tabel berikut.
Tabel
Refleksi Diri Pemahaman Materi
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah kalian telah memahamiperiodisasi
sejarah peradaban Islam?
|
||
2.
|
Apakah kalian dapat menjelaskan Mengapa umat Islam mengalami kemajuan yang sangat
gemilang
|
||
3.
|
Dapatkah kalian Sebutkan kemajuan apa saja yang
dicapai pada masa Bani Umayyah ?
|
||
4
|
Dapatkah kalian menyebutkan tokoh-tokoh yang pernah berjasa dalam
dunia pengetahuan yang
hidup pada masa Bani Abbasiyah?
|
Jika
menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali
materi tersebut dalam Buku Teks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan
belajar 1, 2, dan 3 yang sekiranya perlu Anda ulang dengan bimbingan Guru atau
teman sejawat. Jangan putus asa untuk
mengulang lagi! Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka
lanjutkan kegiatan berikut !
Setelah menyelesaikan soal di atas
dan mengikuti kegiatan belajar 1, 2, dan 3,
silakan Anda berdiskusi dengan teman sebangku atau teman lain jika
memang masih ada beberapa hal yang perlu dikaji ulang.
Ini
adalah bagian akhir dari UKBM materi tentang taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan dan etos kerja, mintalah tes formatif
kepada Guru Anda sebelum belajar ke UKBM
berikutnya.
Aku Pasti Bisa !!!
|
Komentar