Buruan Belajar Bro

Kemaren pas ke kampus, ane dapet pengalaman-pengalaman yang seru banget. Ceritanya bermula ketika ane ketemu ama orang Pakistan selesai solat duhur berjamaah di masjid Azhar. Karena die solatnya ga nempelin kakinya ke kaki ane dan bikin ga konsen selama solat, ane iseng nanya-nanya,

“Kenape ga nempelin kaki elu ke kaki mulus ane, mas?” ini udah terjemahan lo. Aslinya sih g mulus.
“kan nempelin kaki ke kaki, pundak ke pundak tuh sunnah?” tanya ane lagi. Sambil ngulik-ngulik upil.

Dia pertama mandangin ane dengan matanya yang lentik, tapi karena dia cowok jadi ga ngaruh apa-apa ama ane, trus dia ngomong.
“Kalo emang sunnah coba kasih aku hadisnya. Apa ente udah pernah baca kutubus sittah? Ente dapet dalil harus nempel dari mana? Syekh sapa? Madzabmu apa? Ente dari Indo kan? Pasti Syafi’e!”
Tiba-tiba dia nyerocos gitu aja kayak kereta api. Sakit hatiku terasa. Ceile. Ini orang mo dikasih tau malah maunya tempe. Ibaratnya dikasih hati minta duit. Enak aje. Ane belom dapet minhah neh!

“Bentar... Bentar...” kata ane membela diri. Kan maksud ane udah mafhum. Orang Cuma mo nasehatin juga. Ga perlu macem-macem kan? “kan ane Cuma mau tawasoubil haq, tawa saubis shobri laisa illa?”
“Oke, kalo ente ngerasa haq, coba kasih ane satu hadist aja tentang wajibnya nempelin kaki ke kaki? Trus riwayat siapa, ditakrij sapa ditakli’ syekh sapa? Ane hanya bisa dengar dan ikuti mujtahid. Ente kan bukan mujtahid jadi ga perlu ane ikuti.” katanya berapi-api. Kayak naga neh orang.

Dengan penuh kesabaran penuh dan kesuntukan yang tinggi akhirnya ane mengakhiri perdebatan ini dengan, “capek deh! Kalo elu minta semua orang jadi mujtahid sebelum nasehatin atau ngingetin orang yang salah, gak bakal ada amar makruf nahi mungkar di dunia ini tahu!”
Cuma ini naga-kayaknya-tetep ga mau kalah, masih aja ngotot. “lagipula ente kan Syafi’e sedangkan gue Hanafi, apa yang ane dapetin dari guru ane itu yang benar!”
Kalo saat kejadian itu ane lagi di Indo pasti ane bakar ni naga Pakistan pake ban. Kalo dari tadi die mo bilang ta’asub lebih enakan daripada nodong-nodong nanyain apakah ane pernah baca kutubus sittah. But, hold on! Yang namanya kejadian ga bakal terjadi tanpa hikmah. Kalo Cuma dapetnya marah-marah doank + BT aja. So apakah yang bisa ane dapet dari kejadian ini?

Ane lebih ganteng dari die (ho-oh) dilihat dari warna kulit bukan wajah
Die ma ane sama-sama ngototnya (sama naganya)
Ane ga ngasih hadis atau ayat al qur’an buat memperkuat pendapat
Die bener-ane belom baca kitabus sittah!

Padahal prend, membaca kittabus sittah adalah impian ketigaku saat di mesir seteleh hafidz al Qur’an dan lulus kuliah tepat waktu. But, u know already ane blom hapal qur’an, pernah rosib setaon dan belom pernah baca kitabus sittah! Oh, ya Allah ane udah ingkar janji sendiri. Ngerasa bersalah banget neh. Hik-hik.
So, wake up men! U mesti bangkit ngeliat apa yang u kerjain selama ini belom menggapai semua impian dan cita-citamu. Dan mybe selamanya bakal begitu kalo u ga sadar-sadar dan berubah!

Capek deh! Tapi pengalaman menarik pas kuliah hari itu gak berhenti sampe di situ. Ada lagi pengalaman yang menarik, bahkan bisa dikatakan lebih menarik dari kejadian yang pertama tadi. Nah begini ceritanya....
Setelah debat panjang itu, perut ane kerasa laper. Mungkin karena banyak ngomong jadi andrenalin meninggi menaikkan horman Laperz. Karena duit lagi ga banyak, ane memutuskan untuk pergi ke balakang masjid Azhar makan tho’miyah bil baid yang makyus dengan semangkuk ful panas. Hm..yummy...

Yang ga biasa makan beginian, baru ngeliatnya aja mungkin udah pengen muntah. Emang sih bentuknya kayak makanan ternak. Ane aja pas anak baru di sini, trus disodorin ful langsung... makan dengan lahap. Hehe.
Tapi inget jangan bilang ke orang yang makan ful dengan lahap itu rakus, kali aja dia laperrrr..

Eniwei baru aja ane menginjakkan kaki ke warung yang mirip kandang ternak (lagi?) ada suara dari alam sana yang memanggil. Maksudnya di sebelah sana, “ustadz mari duduk sini.”
“Haik, anatoro sinigasiawa. Arigato.” terjemahin ya? Baik, ane di sini aja, terima kasih.
“Indon atau Thailand?” ya elah udah ngomongnya Jepun masih aja ditanya indon apalagi Thailand. Emang ane tampangnya kere. Emang identik gitu ya? Soalnya ni yang nanya dari Malaysia. Jadi harus jaga gengsi sedikit.

Nah serunya pengalaman kali ini dari yang tadi adalah, kalo yang pertama setelah ditanya baru dia nyerocos. Nah si malaysia ini belom ditanya udah nyerocos duluan. Seru banget. Untung ane termasuk ornag yang easy listening-jadi kalo ada yang mo ngomong, curhat ato apa aja bisa masuk kuping. Jadi ane dengerin apa yang dia omongin.

Pertama dia tanya tentang kuliah, bicara masalah sistem Azhar dan Mesir yang bikin pusing, orang-orangnya yang die bilang ‘bodoh sangat, malas, tak ada semangat untuk maju’, pemerintahan yang ga keren (kayaknya Cuma ane yang keren deh!), sampe masalah-masalah pribadinya.

Ane sampe heran, ni orang baru ketemu pertama kali udah cerita pribadinya. Mungkin dia udah pendem curhatannya lama banget dan dia pikir ane orang yang tepat untuk mendengarkannya. Kata orang tua; kesempatan, rejeki, jodoh gak dateng 2 kali. Walau ane yakin die bukan jodohku, ane yakin ane emang sengaja ditemukan Allah dengannya untuk hal-hal yang menarik dicari hikmahnya.

“awak tau tak, aku di mesir ini sudah 11 taon?” katanya tiba-tiba. Ane Cuma terhenyak. 11 taon?
“Sampai-sampai kalo aku pulang ke Malaysia, saudara dan tetangga bilang kalau aku banyak lakukan kemaksiatan di sini. Apakah lagi yang aku lakukan di sini? Aku tak berzina, aku tak minum khomr, aku tak berjudi, mencuri. Otakkupun tak begitu kotor. Aku tak bisa lulus bukan karena salah aku. Aku termakan sistem! Awak tau kan kalo antar orang kita disini saling bunuh-bunuhan. Nah itu bukan sifat kita. Itu sifat orang Mesir yang merasuk dalam diri kita.”

Ane tambah terhenyak. Ada banyak kebenaran di kata-katanya. Walau tak semuanya benar. Yang pasti layak tuk kita kaji bersama, karena tak ada kejadian di dunia ini yang terjadi sia-sia. Pasti ada hikmahnya untuk kita.

Yang, I Lop U

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA