tauhid VS poligami

Mu’min berkata “katakanlah, Allah itu esa!” Mu’minah berkata “katakanlah, suamiku itu satu!” Mu’min berkata, “tiada yang berhak disembah kecuali Allah” Mu’minah berkata, “tiada yang patut ditaati kecuali suamiku.”
Di dunia ini kata wanita, tiada yang mau lagi dimadu. Kalo diracun? Keliatannya banyak yang mau deh. Dibilang, emangnya kita apaan kok dikumpulkan dalam satu tempat? Emangnya ternak?! Nggak bisa, lagian cinta itu bagi wanita cuma sekali, so laki-laki juga harus gitu donk! Masak cinta dan rumah tangga rame-rame. Kayak ada acara gotong royong aja. Lagian kerjaan dalam rumah tangga nggak terlalu berat amat. Mosok sih?
Yang laen bilang, kita bisa kok meng-handdle keluarga sendiri. Suami bisa diatur, anak bisa dikasih aturan. Ouch! Tapi kalo ada orang laen yang juga bisa ikutan urut campur, gimana coba? Nanti kalo keinginan nggak sama, malah Cuma berantem aja isinya.
Padahal kan kita pengen bikin keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah! Jauh dari kekacauan, keributan, gosip-gosipan, peperangan.
Terus gimana juga sama si suami. Masak dibagi-bagi. Hari ini gua, besok dia, besok lagi die. Kan susah. Itu sih bagi suami mungkin Ok aja, tapi bagi gua? Ntar kalo gua yang kebelet? Ke tetangga? Jadinya gua yang serong tuh! Aduh susah deh!
Mending cerai aja, cari suami laen yang mau istri cukup cuma satu. Mau suami yang hatinya nggak bakalan ke orang laen. Cari suami yang nggak bakalan jatuh cinta lagi. Cari suami yang bakal setia sampe mati. Cari suami yang bisa pegang janji. Bisa nggak ya? Ada gak ya? Yang sebaliknya banyak!
Tak ada lagi wanita yang mau diduakan, dan memang kata pria, mereka bukan hanya mau menduakan wanita tapi bahkan meng-empatkan! Nah, kalo udah gini siapa yang lebih mau? Tapi buktinya ade tuh bos ayam bakar Wonk Solo yang udah mencoba. Dan menurut berita, mereka mampu sukses berumah tangga.
Akhirnya ada wanita yang bilang. Poligami itu khusus bagi pria yang punya uang banyak. Hingga cukup biayai ke-empat istrinya sekaligus. Kalo kere terus mau punya istri 4, itu namanya pria yang tidak tau diri! Karena boro-boro ngurus orang laen atau istri yang cuma satu, ngurus diri sendiri buat makan hari ini aja udah sulit. Emang istri mau dikasih makan cinta. Boong!
Kadang sulit membuktikan bahwa wanita bisa dimadu, karena sangat sulit bagi seorang wanita untuk bisa menahan rasa itu. Rasa hanya dirinya yang bisa membahagiakan suami. Rasa di hati suaminya cuma ada dia seorang. Rasa hanya dia yang mampu memuaskan suami. Rasa tak ada yang lebih sempurna di dunia ini selain dia. Rasa dirinya paling cakep, manis, seimut sedunia. Rasa manis, asem, kecut suaminya...
Trus, penah gak liat dompet cowok yang udah berkeluarga? Pasti ada poto istrinya kan. Kalo poto satu biasa. Tapi kalo di dalem dompet ada 4 poto cewek yang berbeda. Kan luarrr biassaaa!!.. Ntar kalo ada poto-poto anaknya, bisa penuh tuh dompet cuma dengan poto. Malah lebih mirip kayak album keluarga.
Bayangin aja kalo misalnya tiap istri melahirkan anak 5 orang. Berarti ade 20 anak. Wah udah bisa buat 2 klub sepak bola, atau 4 klub basket tu. Atau 10 pasangan bulutangkis. Keren kan? Duh tapi gak bisa dibayangin deh, ngurus anak satu aja belom tentu bisa, apalagi 20 kali lipatnya!
Apalagi bagi calon ibu dan calon bapak yang masih manja, masih tergantung banget ama ortunya masing-masing. Gimana tuh? Bagi mereka, ngurus anak satu aja berat banget. Nguciin popok jijik, mandiin bayi ogah, nguci baju takut tangannya kasar, ngasih makan takut bajunya kotor... Duh kasian!
Akhirnya yah pasangan satu cukup, anak 2 enough. Gak ada yang laennya, gak ada tambah-tambahannya. Takut, segitu aja belom tentu keurus dengan baik. Belom tentu bisa bikin keluarga sakinah, belom tentu bisa bikin anak soleh-solehah, belom tentu bisa jadi pasangan yang serasi. Huff..
Terus ya udah, nyalahin ayat al-Qur’an deh. Gak ada tuh hukumnya poligami! Poligami haram! Poligami melanggar hak asasi manusia, hak asasi wanita! Eh kalo ada hak asasi khusus wanita kenapa gak ada hak asasi untuk pria. Kalo wanita gak mau dipoligami dan itu dikatakan sebagai hak mereka. Kenapa pria tak boleh mengatakan poligami boleh karena itu juga hak mereka?
Kenyataannya hak wanita yang digemborkan malah bertentangan dengan firman Allah “Fankihu ma toba lakum minan nissa masna wa sulasa wa ruba’ (4.3).” dan ayat itu sesuai banget dengan hak pria. Sekarang salah mana, benar siapa? Anda mo menyalahkan al-Qur’an kalamullah silahkan. Itu kalo nyali anda sudah gede. Anda udah kebal api neraka, anda kebal siksaan malaikat dan anda gak mau masuk surga.
Soal keadilan donk! Kan ada ayat selanjutnya “fainhiftum anla ta’dilu fawahidah” syaratnya harus adil dan tidak ada manusia yang mampu adil. Dan manusia gak akan mampu kearah keadilan walaupun berusaha. Masalahnya sekarang, siapa yang bilang adil itu cuma Allah yang bisa. Ketika ada hakim yang memutuskan perkara dengan baik, apa yang ada bilang? “Oh hakim ini hakim yang adil” apa anda bilang hakim ini “telah memutuskan perkara dengan baik sesuai dengan hukum yang berlaku?” Panjang amat ya? Repot.
Allah memang maha adil. Tapi apakah manusia tidak punya sifat adil? Lalu kenapa Allah menyuruh manusia untuk adil dalam memutuskan suatu perkara walaupun itu terhadap orang tua dan kerabat dekat (4.58, 40.78)? Lalu kenapa Allah menyuruh kita untuk adil dalam timbangan perniagaan (6.115) Kalo ternyata kita tak mampu berbuat, kenapa Allah membebani kita dengan perintah itu. Bukankah La yukallifallahu nafsan illa wusaha (2.286)?
Padahal arti sesungguhnya dari adil dalam ayat ini adalah adil dalam masalah cinta dan kasih sayang. Dalam masalah hati, seseorang pasti akan milih salah satu idola diantara ke4 istrinya. Dan ini fitroh. Gak ada yang bisa nolak misalkan ada cowok yang lebih suka ama cewek ini dan dia tak suka sama cewek itu. Walaupun kita paksa untuk mengakuinya. Cinta tetep gak bakalan bisa untuk dipaksakan. Ini fitroh manusia. Kalo bisa dipaksakan malah bahaya. Pernah kebayang gak, cewek satu dicintai seratus pria yang berbeda?
Namun untuk masalah rumah pakaian, makanan, (sandang-pangan-papan) harus adil. Jangan mentang-mentang dia istri termuda dan paling cantik kita lebihkan uang belanjaan buat dia dan nglupain yang laen. Walaupun kita lebih cinta pada satu istri, kita gak bisa menutup mata terhadap yang laen, (ntar malah nabrak) karena yang laen juga istri kita. Dan adil dalam pembagian sandang pangan papan ini mampu dilakukan manusia. Jadi tidak muhal. Dan tidak ada kalamullah yang muhal.
Terus kan udah gak sesuai dengan jaman! Jaman ini bukan jaman Siti Nurbaya lagi yang seenaknya bisa mempermainkan wanita. Memaksakan kehendak seenak udel pria. Emang wanita barang jualan? Kita katakan betul sekali wanita emang bukan barang jualan. Maka jangan dipamerkan di jalan. Jangan diobral di pasar, jangan dipajang-pejeng di mall-mall. Jangan boleh seenak udelnya pria dipegang, diraba dan dicium. Wanita adalah makhluk Allah yang mulia. Yang harus dijaga dengan sekuat tenaga dan daya upaya. Wanita adalah berlian (tuh kan, jualan!) misal aja kok, yang harus dipisahkan dari pasir-pasir yang kotor dan tak bernilai. Maka Islam jaga banget ama wanita. Percaya deh. Kalo percaya cakep deh
Bener juga sekarang bukan jamannya Siti Nurbaya, sekarang tuh jamannya Siti Nurhaliza. Tul kan? Sekarang jamannya Britney Spears yang gak usah digoda tapi terus-terusan menggoda. Jamannya J-lo yang selalu tak berpakaian dimana-mana. Jamannya Nicole Kidman yang bebas berciuman dan beradegan ranjang dengan siapa aja. Ini jamannya kamu kan?
Islam itu hanya mengajarkan yang mau poligami silahkan, tapi ada batasnya 4. selain itu no! Tapi untuk bisa nikah dalam islam itu ada syaratnya lagi. Pake mahar, maka ijab qobul, pake saksi segala macem. Ngelamar istilahnya. Ngelamar cewek juga ada syaratnya. Udah baliq, berakal dan merdeka, alias bisa nentuin pilihannya sendiri. Yang dilamar juga begitu. Orang tua cewek gak bisa maksain. Inget kan Hadist tentang seorang bapak yang dateng ke Rasulullah bahwa dia akan menikahkan anak perempuannya. Terus ditanya Rasulullah SAW, “anakmu udah ridho belom?” Jadi nanya ke anak. Kalo yes atau diam berarti jadi. Kalo geleng atau teriak, “tidakkkk!!” Berarti gak mau. Jadi ndak sembarangan maksa, macam sapi aja.
Kalo ternyata ceweknya doyan (emang apaan?) sama cowok yang udah beristri ya udah biarin. Kok kita sirik. Sirik dosa lho. Ntar kita tinggal doain moga keluarganya bahagia dunya akhirat. Gampang to. Haha, pasti kamu sebel nih. Sebab gimana kalo terjadi ama kita, bukan ama orang laen. Orang laen sih biarin aja (eh gak boleh gitu, muslim itu sodara lho!) tapi kalo misalnya suami kita yang minta poligami setelah dia nikah ama kita lama apa nggak gimana?
Yah gampang juga. Jawabannya adalah kamu taat gak sama suamimu. Kalo gak ya.. Ke laut aje! Hehe. Kalo kamu masih cinta ama suamimu kenapa gak biarin dia seneng. Seseorang akan mencintai apa apa yang dicintai oleh orang yang dicintainya. Gitu kata Imam Syafi’I. Kalo misalkan dia bisa mati (masak bisa) gara2 gak nikah lagi, masak kamu tega nolak permintaan dia untuk nikah lagi. Lagian kan malah asyik ada temen baru. Siapa tau dia pintar nyulam,ntar kamu disulamin. Pintar masak, kamu dimasakin, pintar momong anak, kamu dimomongin (lho?).
Inget ya saat kamu dilamar orang. Berarti Separuh hidup kamu yang dahulu terputus. Karena kamu mulai dengan kehidupan baru. Makanya yang diucapin saat pesta pernikahan “selamat menempuh hidup baru” kan? Loh, terus yang lama kemana? Gak kemana-mana kok. Cuma bakal sedikit bersembunyi. Karena kamu akan sibuk. Sibuk apaan hayo? Ngurus keluargalah.. Mosok?
Terus hubungan ama temen2 kamu yang cewek agak tersendat. Kamu akan jarang lagi ngobrol ama mereka. Kecuali kalo kamu PP (perempuan Preman) atau FG (Funky Girl) yang walau udah punya suami, masih suka keluyuran kemana-mana. Tapi pasti kamu bukan yang seperti itu kan. Lingkunganmu udah beda. Yang ada cuma suamimu doank! Kan kalo kita bersama dunia serasa milik berdua. He-he. (Kita?) Stt.. Jangan bilang sapa-sapa.
Nah saat itu, kamu butuh temen cewek lagi. Padahal sebenarnya ratusan-ribuan temen perempuanmu akan bisa tergantikan dengan satu cowok saja yaitu suamimu. Keren kan? Cowok! (Agak gak masuk akal sih, tapi ini bener lho! Dapet dari sebuah penelitian di kebon binatang, hehe.) Nah, ketika ada wanita muncul lagi di rumahmu, di kehidupanmu, kamu akan beruntung banget. Seperti menemukan sahabat yang dulu pernah ilang.
Jadi ya, nyante aja kalo misalnya suamimu bilang “Dek, Abang nikah lagi ya?” hehe... Karena sekali lagi jangan berpikir negatif dulu sama suami. Idih suamiku doyan perempuan, mata keranjang! Udah punya satu minta yang lainnya. Eh jangan, pamali atuh!
Karena siapa tau suamimu pengen nikah lagi karena kamu ada kekurangan. Misalkan kamu tidak memuaskan (ups!) karena usia udah renta, kamu gak bisa hamil, atau kamu sakit atau gak bisa ngurus rumah dan anak dengan baik sehingga butuh orang lain. Kan daripada cari PRT yang tidak jelas, mending yang udah jelas aja sekalian statusnya. Hihi..
Trus, mungkin suami emang butuh. (motifnya bukan cuma karena nafsu doank lho) Bisa karena ditawarin sama kepala suku, biar sukunya bisa saling damai. Atau sama bos di kantornya biar mudah segala urusan (ntar kamu juga lho yang bakal seneng). Atau ditawarin sama salah seorang wali santri setelah dia memimpin sebuah pondok pesantren. De el el deh...
Eh semua yang dijelasin ini nyambung gak sih sama kamu (emang ketinggian sedikit sih, daripada yang dulu-dulu) tapi percaya deh, suatu saat kamu bakal butuh tulisan ini. Karena siapa tau kamu mengalaminya. Dan kamu butuh bantuan untuk menyelesaikannya. Daripada tanya paranormal atau dukun, mending bulletin ini kamu simpen baik-baik. Hehe. Siapa tau kamu bakal butuh kertas buat bungkus pisang goreng. Hahaha... Duh sakit perut nih!



larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA