Wajahkah yang Kau Tengok?

Kemaren ada temen yang nanya kita, "Bung (panggilan ke cowok) kapan loe rencana nikah? Lihat Bung, temen-temen seangkatan kita yang cewek udah banyak yang kegaet (nikah) ama seniornya?" Langsung aja kita jawab, "kalo soal rencana, kagak ente tanyain juga, kita udah kepikiran dari dulu. Tapi majalahnya, eh masalahnya adalah siapa yang mau ama kita?" Yup, ini masalah klasik cowok dari jaman nenek-nenek masih bisa ikutan perang dulu, siapa yang mau ama kite? Kagak mudah ngilangin ketakutan di hati yang paling dalem ini (ceile). Apalagi kalau udah masuk ke masalah jodoh dan pernikahan. Terus terang aje, selaku lelaki perjaka normal seribu persen, kita pengen nikah cepet. Apalagi setelah diprovokatori ama sinetron pernikahan Dini (bukan pengen ikutan MBA (Married By Accindent-nya lho!), kita kan jadi pengen nyoba pernikahan Dono (cowok ye..). Kalo diliat kan sepertinya asyik banget bisa mesraan, de-el-el deh. Siapa yang gak mau coba?
Tapi masalahnya ya itu tadi, siapa yang doyan (emang apaan?) ama kita? Jangan-jangan pas ngelamar ditolak lagi, kan kita tengsin (malu). Kita sih berani aje langsung tembak ke ortunya, bilang, "suer Be, aye cinte ama anak Babe!!" Tapi pan musti liat tampang kita dulu nih. Kalo tampang macam Taufik Savalas, eh Taufik Hidayat pebulutangkis yang imut itu, kita tentu aja berani. Apalagi kalo mirip dengan Brad Pitt atawa Keanu Reves, udah dari lahir kita berani lamar orang! Lah kalo wajah ini cuma mirip Gunawan (bukan artis itu!) yang tinggalnya di kolong jembatan? Ya ke laut aje! Jangan-jangan malah dibilang ama si Babenye, "Ti (nama anaknya Siti) tuh ade tukang kredit yang mo ngelamar loe!"
Makanya kita mikir ribuan kali kalo ditanya kapan mo nikahnya. Paling cuma bilang, "kapan-kapan deh!" Habis kagak pede abis. Jantung ini rasanya debar-debar. Takut ditolak plus dihinanya itu yang kagak ilang-ilang di kepala. Apalagi pas liat iklan di koran, "dicari cowok keren, kumis melintang, dada bidang, pekerjaan tetap, gaji sebulan bisa idup setaon, mobil ada, dan sederet persyaratan yang lain. Kan bikin kita keder. Kita ini udah kurus, kumis kayak kaktus, duit kagak ada (yang ada cuma jenggot berapa lembar doang), yang parahnya idup lagi!
Yah, jadinya udah deh bujangan aja. Biarin deh dibilangin bujang lapuk atau bujangan tak laku sekalipun itu lebih mending daripada ditolak plus dihina. Biarin juga dibilang joblo tua. Biar, siapa tau ntar kalo udah tua, ada juga yang kasian ama kita trus pengen dinikahi (mimpi kali ye..). Kita akhirnya cuma nganggur aja, nunggu kita yang dilamar. Siapa tau ada anak orang kaya trus cakep dapat wangsit di mimpinya disuruh nikahin kita, ya nggak?
Tau nggak kalo di cowok itu ada pameo, tau pameo kan? Itu lho yang jadi lawan mainnya Juliet di pilem pameo and Juliet. Becanda! Nah gini pameonya, "salah apa, salah siapa, aku dilahirkan tak berdaya. Wajah tak punya, duit tiada, jomblo terus sampe tua." Nyambung nggak sih? Nggak maksa lho! Tapi itu pameo bukan untuk semua cowok lho. Itu cuma untuk cowok yang dapet rejeki wajah yang tak cakap dipandang dan diraba. Yah karena keturunanlah, kecelakaanlah, jerawatlah, panulah, kadas, kurap... oleskan saja, Kalpanak. Becanda!
Kita sih asyik-asyik aja dapat wajah yang tak sempurna macam ini. Tetep kudu disyukuri karena ini pemberian Ilahi. Masih lumayan punya wajah, kalo kagak punya (iyyy.. penampakan..) atau wajahnya bukan wajah manusia tapi hewan? Usah lah yau! Karena wajah ini pulalah kita terhindar dari fitnah. Coba tuh liat orang ganteng mah selalu yang dikecengin. Kita mah aman, jangankan dikecengin disuit-suitin pun kagak pernah (cewek sekarang udah berani nyuit-nyuitin cowok lho!).
Bahkan, misalnya ada cewek yang nggak sengaja nengok kita, pasti deh langsung kita siapin stopwatch. Kuat berapa detik nih cewek, ngeliatin kita. Dan survei membuktikan kagak ada satu menit pandangannya langsung berpaling. Niatnye pasti bukan mau godhul bashor, tapi cuma karena wajah kita ini tidak enak dipandang. Malah mungkin pas dia ketemu ama aer, langsung deh muka ama matanya dicuci sambil merutuk, "duh dapet liat moster nih, rugi gue!" Kita sih sabar aja, tapi sampai kapan kesabaran ini akan ada? (ceile!) Kita juga kan manusia yang masih punya hati nurani. Jangan gitu kenapa, liat donk kami walau cuma 5 menit (duh maksa!).
Kalau alasannya buat godhul bashor, kita pasti benerin seratus persen. Soalnya kita juga kan sama-sama menjaga pandangan juga (huhui). Tapi kalo alasannya laen, ini yang kita nggak terima, masak kalo liat cowok cakep bin keren bisa ampe sejam-an tanpa berkedip sama sekali. Bahkan sampe pura-pura, "aduh kelilipan debu nih" saat di depannya. Padahal sih emang maunya ngedipin mata ama die. Trus sambil nunjuk-nunjuk buat dikasih tau ke temen yang lain, "tuh liat, manis banget ya?" Wah ini yang bikin kita, hati CTTK (Cowok Tampang Tak Keren) panas dan menggelegak, untung nggak lepas.
Maka kali ini kita, para CTTK pengen tanya, wajahkah yang kau tengok? Wajahkah yang menjadi barometermu? Wajahkah yang kau jadikan patokan? Wajahkah yang kau jadikah alasan? Wajahkah yang kau jadikan pilihan? Bukan ke hati-hati kami, jiwa kami, keahlian kami, kejeniusan kami, kesopanan kami, keperkasaan kami, agama kami? Kalau emang gitu, yah udah deh kita angkat koper aja. Tidak berguna lagi mengharapkan kalian menerima kami. Hik-hik..(pura-pura nangis)
Tapi, tapi... Kami tidak akan menyerah begitu saja. Kami akan terus berusaha, kami akan terus berjuang walau sampai titik darah penghabisan. Kami akan selalu mencoba apa yang kami bisa coba untuk menggoyahkan pendirianmu. Merusak pikiranmu, menghancurkan harapanmu dapat cowok keren. Ini tekad kami! Haha.. jangan kuatir nggak bakalan segitu amat kok. Kami nggak bakalan berbuat sekeji itu. Kami akan selalu tetap menerima hal ini dalam sanubari kami. Kami sudah diciptakan seperti ini dengan segala kekurangan dan kelemahan yang ada, kami akan menerimanya dengan lapang dada.
Bagi kami sendiri, istri bagaimanapun yang kami dapatkan nanti tidak menjadi masalah yang berarti. Mau cantik atau tidak, cakep atau tidak, manis atau kecut, gendut atau kurus, tidak akan kami gubris. Yang terpenting bagi kami bukan pada tubuh yang elok, tapi yang terlatih sama puasa. Bukan wajah yang indah, tapi akhlak yang indah. Bukan dengan rambut yang panjang, tapi sujud yang panjang. Bukan suara yang indah, tapi suara yang penuh isak tangis dengan Robbnya. Bukan dengan aktivis ribuan organisasi tapi dengan hafidz ribuan ayat qur'an dan hadist. Gitu, tapi kok kayaknya mau yang perfect banget ya?
Udah deh kami turunkan target kami dari yang diatas. Gimana kalo diantara kalian ada yang udah disebutkan Rasulullah SAW, ada nasab, ada harta, ada kecantikan dan ada agama. Tapi agama nomor satu, yang lainnya juga nggak boleh jauh-jauh dari nomor satu, kudu berurutan (ini mah maksanya udah keterlaluan). Sebenarnya, ketika Rasulullah SAW bersabda seperti di atas ada sebuah siratan di sana. Kalo cowok disarankan untuk cari pasangan dengan kriteria-kriteria tadi, ya itu juga berfungsi pada wanita.
Jadi, kalau kamu emang sukanya ama cowok ganteng, ya nggak papa nggak mama. Terusin aja langkahmu menuju ke sana. Karena ntar kalo diputus dengan hanya alasan yang nggak kuat, kamu sendiri yang akan merasa dirugikan. Karena bisa-bisa kamu nggak cinta sama dia akhirnya. Kalau udah cinta juga kan nggak bisa dipaksa, karena untuk menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah juga kan butuh cinta. Jadi ya wajar aja kalau kudu kamu pertahanin juga kreteria ganteng tadi. Yah, gitu aja deh kayaknya. Emang di setiap kita pasti punya kriteria masing-masing. Dan kita yakin ndak semua orang sama kriterianya, bahkan kalo sama persis malah bahaya. Rebutan deh entar!
Kan bisa malu juga kamu, kalo diboncengin ama suami yang nggak keren apalagi ada tampang tua. Ntar disangka yang bonceng kamu kakek kamu lagi, hehe. Jadi yang intinya, kamu boleh aja cari yang kamu mau. Cakep, keren atau apapun namanya, tapi yang salah adalah bila hal itu melupakan kamu pada suatu hal yang lebih esensial lagi, yaitu agama si cowok. Inget sama cerita nabi Luth sama nabi Nuh kedua-duanya seorang nabi tapi belum bisa membawa istrinya ke jalan yang benar. Bagaimana nanti kalo kamu dapet dengan cowok yang punya tampang doank? Tapi kita yakin kok di Cairo ini banyak cowok manis yang akhlaknya juga ikutan manis. So.. selamat mencari!
Hidup cuma sekali cari suami yang sejati
larilah sebelum kebalap!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN PAI KD I DEMOKRASI DALAM ISLAM SEMESTER GANJIL KELAS XII

SOAL HARI KIAMAT XI IPA